Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis AC; pengertian, Prinsip kerja dan Kegunaannya

Terdapat berbagai Jenis AC (Air Conditioner) yang biasa digunakan untuk pendingin ruanga, salah satu jenis AC yang paling sering digunakan dirumah adalah AC Split, AC Split merupakan Jenis AC (Air Conditioner) yang paling banyak digunakan untuk pendingin ruangan di rumah-rumah, Kantor, Sekolah dan bangunan lainnya.

Namun sebelum banyaknya penggunaan AC Split, jenis AC yang paling banyak digunakan dirumah-rumah adalah jenis AC Window, dengan bentuk yang lebih Compact namun pemasangannya lebih sulit, karena membutuhkan lubang yang cukup besar, sebesar ukuran AC Window tersebut, selain itu karena bagian kompressor tidak terpisah, sehingga memiliki suara yang cukup berisik. berbeda halnya dengan AC Split yang terbagi menjadi dua bagian, yakni Indoor dan Outdoor, sehingga suara yang dihasilkan dari Compressor yang ditempatkan diluar ruangan (Outdoor) tidak sampai masuk kedalam ruangan.

Namun sebenarnya terdapat berbagai jenis AC (Air Conditioner) yang juga digunakan untuk pendingin ruangan. Apa saja Jenis-jenis AC serta fungsi dan kegunaannya.

Jenis-jenis AC (Pendingin ruangan) serta kegunaannya


AC Central (Ducting)
AC central merupakan salah satu jenis AC yang menggunakan sistem pendinginan yang terpusat pada satu tempat, Bagian kompresor biasanya ditempatkan diluar, dan kemudian udara dingin yang dihasilkan Kompresor AC tersebut akan dihembuskan ke setiap bagian ruangan menggunakan pipa atau ducting, dan udara dingin yang dialirkan dapat diatur sesuaia dengan kebutuhan atau luas masing-masing ruangan.


AC Ceiling Cassette
AC Cassette atau sering disebut AC Ceiling Cassette merupakan salah satu jenis AC (Pendingin ruangan) yang biasa digunakan untuk ruangan yang memiliki ukuran cukup luas. AC Ceiling Cassette memiliki sistem pendingin (Indoor) yang terpasang diatas Plafon (Langit-langit), dan dipasang di tengah-tengah ruangan yang memiliki ukuran cukup luas, karena sistem pendingin AC Cassettte dapat menyebar keseluruh sudut ruangan.


AC Split
Jenis AC selanjutnya adalah AC Split, dan jenis AC ini merupakan jenis AC yang paling banyak digunakan untuk pendingin ruangan dirumah, kamar, ruang tamu, dan sebagainya. AC Split merupakan jenis AC (Pendingin ruangan) yang memiliki sistem pendingin ruangan dengan komponen yang terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian Indoor dan Outodoor.

Komponen Air Kompressor dipasang di bagian luar bangunan (Outdoor), sedangan bagian Blower untuk menghembuskan udara sejuk (pendingin ruangan) ditempatkan dibagian dalam suatu ruangan (Indoor).


AC Window
AC Window merupakan jenis AC yang banyak digunakan untuk dirumah-rumah, sebelum banyaknya penggunaan AC jenis Split. AC Window merupakan jenis AC yang semua bagian komponennya (Kompressor, Blower, Filter udara, Condensor, dan komponen lainnya) ditempatkan pada satu unit yang Compact.

AC Window ini umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dan sederhana, pemasangannya seperti sebuah jendela yang dipasang pada lubang yang ditembuskan pada tembok (dinding) ruangan.


AC Standing
AC Standing Floor, merupakan salah satu jenis AC (pendingin ruangan) yang memiliki ukuran yang cukup besar dibanding jenis AC lainnya, AC jenis ini dapat langsung digunakan tanpa harus ditempatkan di dinding ruangan. Cukup dengan meletakkan AC Standing diruangan, maka AC ini akan menghembuskan udara sejuk keseluruh sudut ruangan. AC Standing memiliki seluruh komponen (Indoor dan Outdoor) yang terpasang dalam satu unit compact.


AC Portable
AC Portable merupakan perangkat (Set) pendingin ruangan yang menggunakan sistem Closed loop, dan penggunaannya sangat mudah dan sederhana, dengan menempatkan perangkat AC ini pada suatu ruangan dan menghembuskan udara sejuk seluruh sudut ruangan.


AC VRV

AC VRV atau VRF merupakan jenis AC yang dibuat dengan desain dan teknologi terbaru dan belakangan ini mulai banyak digunakan untuk pendingin ruangan gedung-gedung, bangunan bertingkat karena memiliki kapasitas pendingin yang besar.
  • VRV (Variable Refrigerant Volume)
  • VRF (Variable Refrigerant Flow)
Lalu apa yang membedakan AC jenis VRV dan VRF (Variable Refrigerant Flow)?

AC jenis VRV sebenarnya sama dengan AC jenis VRF, hanya yang membedakan dari segi penamaannya saja, AC dengan Teknologi VRF didesain oleh Daikin, dan dipatenkan sebagai VRV, yang bertujuan agar merk AC lainnya tidak dapat menggunakan nama tersebut.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis AC; pengertian, Prinsip kerja dan Kegunaannya"