Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memanfaatkan Air Buangan dari Pompa Vacuum Dryer untuk Proses pengolahan

Memanfaatkan Buangan Air dari Vacuum Dryer pump
Di pabrik Pengolahan kelapa sawit (PKS), tentunya terdapat sebuah Pompa yang disebut dengan Pompa Vakum Dryer (Vacuum Dryer Pump).

Penggunaan Pompa Vakum Dryer (Vacuum Dryer Pump) di Pabrik kelapa sawit ini berfungsi untuk mengurangi kadar air (Moisture) yang terdapat pada CPO (Crude Palm Oil) sebelum dikirim ke tangki timbun (Oil Storage Tank).

Pompa Vacuum Dryer (Vacuum dryer pump) ini bekerja dengan bantuan aliran air, yang secara terus menerus mengalir melewati pompa tersebut.

Buangan Air Vacuum dryer ini biasanya terbuang begitu saja, tanpa digunakan atau di recycling kembali ke pengolahan, dan hal ini tentu menjadi suatu masalah dan kerugian jika berlangsung terus menerus.

Memanfaatkan Air Buangan dari Vacuum Dryer Pump untuk Proses pengolahan.

Mengingat jumlah air buangan dari Vacuum dryer pump ini yang cukup banyak, yakni rata-rata
6 M3/jam untuk setiap 1 unit Pompa Vakum tersebut, sehingga perlu dilakukan suatu langkah perbaikan (Continuous Improvement), guna memanfaatkan kembali (recycling) Air buangan tersebut sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan air proses pengolahan kelapa sawit.

Selain itu Air buangan dari Vacuum dryer ini memiliki suhu sekitar 30-40 derajat celcius, sehingga dapat membantu mempermudah proses pemanasan air selanjutnya saat digunakan kembali ke Proses pengolahan.

Dengan memanfaatkan kembali Air buangan Vacuum dryer pump ini tentunya kita dapat menghemat pemakaian air untuk proses pengolahan, dan mengurangi debit air yang terbuang serta ramah lingkungan.

Berikut ini Diagram flow chart Vacuum dryer pump Sebelum perbaikan dan sesudah perbaikan.

A. Flow Chart Vacuum Dryer Pump Sebelum perbaikan

Ide baru dalam perbaikan di Pabrik kelapa sawit
Memanfaatkan Air Buangan Vakum dryer

Keterangan:
Sebelumnya, Air buangan dari Pompa Vakum dryer (Vacuum Dryer Pump), terbuang begitu saja.


B. Flow Chart Vacuum Dryer Pump Setelah perbaikan

Ide baru dalam perbaikan di Pabrik kelapa sawit
Memanfaatkan Air Buangan dari Vacuum dryer pump
Keterangan:
Air Buangan dari Pompa Vacuum dryer dimanfaatkan kembali untuk Dilution (Pengencer) di St.Press, sehingga penggunaan Air menjadi lebih hemat.

Selain itu, Air Buangan ini dapat juga digunakan untuk keperluan-keperluan lainnya dalam proses pengolahan di Pabrik Kelapa sawit.


Demikianlah Artikel mengenai pemanfaatan Air Buangan dari Pompa Vakum dryer (Vacuum Dryer Pump), sederhana namun dapat memberikan berbagai keuntungan.

Posting Komentar untuk "Memanfaatkan Air Buangan dari Pompa Vacuum Dryer untuk Proses pengolahan"