Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efisiensi waktu persiapan kerja mekanikal

Cara Meminimalkan waktu pekerjaan mekanik, khususnya di Pabrik Kelapa Sawit
Setiap pekerjaan mekanikal, tentunya membutuhkan berbagai peralatan yang digunakan untuk melakukan berbagai jenis perbaikan, perawatan, maupun pabrikasi, tak hanya di Pabrik Sawit, secara umum mekanikal di berbagai industri lainnya.

Karena banyaknya persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh seorang mekanikal sebelum memulai melakukan Pekerjaan, maka hal inilah yang menyebabkan bertambahnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Secara rata-rata, setiap mekanik membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk melakukan persiapan alat-alat kerja, sebelum masuk ke bagian melakukan pekerjaan inti.

Persiapan sebelum melakukan pekerjaan mekanikal, seperti: melakukan pengelasan, pemotongan, dan lain sebagainya menjadikan waktu pekerjaan menjadi lebih lama, dan persiapan pekerjaan ini sebenarnya dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan, sehingga tidak terlalu banyak waktu terbuang percuma untuk melakukan setiap pekerjaan mekanikal.

Bagaimana caranya meminimalkan waktu Persiapan kerja mekanikal?

cara meminimalkan waktu pekerjaan mekanik
Penempatan Trafo Las, dan Tabung LPG dan Oksigen
Pada kesempatan kali ini, kita akan coba melakukan Improvement dalam hal meminimalkan waktu yang terbuang untuk melakukan persiapan pekerjaan mekanikal, khususnya di Pabrik Kelapa sawit, Namun Sebelum kita masuk kedalam pembahasan yang lebih detail mengenai cara meminimalkan waktu pekerjaan mekanikal tersebut, terlebih dahulu kita akan coba menggambarkan bagaimana alur pekerjaan mekanikal dari mulai persiapan hingga selesai.


Alur Kegiatan Pekerjaan mekanikal
  1. Masuk Kerja
  2. Briefing (Pembagian Kerja oleh Atasan Mekanikal kepada masing-masing Anggota Mekanikal)
  3. Pemasangan LogOut/TagOut (LOTO) untuk Safety pada mesin-mesin yang akan diperbaiki atau diperiksa
  4. Persiapan kerja, meliputi Analisa kerusakan, Persiapan alat kerja yang dibutuhkan, dll
  5. Memulai Pekerjaan
  6. Periksa hasil pekerjaan, Finishing
  7. Mengembalikan Alat-alat kerja pada tempatnya.
Dari Alur kerja diatas, secara umum bagian "Persiapan kerja" termasuk salah satu hal yang membutuhkan waktu dan termasuk waktu yang kurang produktif, Jika kita dapat meminimalkan atau bahkan menghilangkan proses persiapan peralatan ini, maka waktu pekerjaan mekanikal akan lebih efisien / produktif.

Mengingat pada umumnya, bagian mekanikal memiliki tempat khusus (Workshop), dimana tempat ini dijadikan sebagai pusat penyimpanan alat-alat kerja, seperti Blender, Trafo las, Kunci-kunci, Dongkrak, katrol dan lain sebagainya, maka tentu hal inilah yang menyebabkan waktu untuk persiapan pekerjaan menjadi lebih lama.

Jika lokasi pekerjaan cukup jauh dari lokasi workshop, sedangkan pekerjaan di lokasi tersebut termasuk pekerjaan rutin, maka hal ini menjadi memakan waktu yang lama dan tidak produktif.


Cara meminimalkan waktu Persiapan kerja mekanik
Di Pabrik Kelapa sawit, Tim Maintenance Mekanikal tentunya akan sering melakukan pekerjaan di berbagai stasiun, seperti stasiun Press, kernel, Klarifikasi, dan berbagai stasiun lainnya yang ada di Pabrik tersebut.

Oleh Karena itu, untuk meminimalkan Waktu Persiapan kerja mekanikal, sebaiknya di setiap stasiun disediakan tempat khusus untuk alat-alat kerja mekanikal yang rutin digunakan, seperti:
  • Trafo Las (Lengkap dengan stang las dan Kabel dengan panjang yang cukup)
  • Blender (Tabung LPG dan Oksigen)
  • Katrol (Chain block)
  • Kotak kunci (Tool Box)
  • Dan sebagainya.
Dengan cara ini, maka persiapan pekerjaan akan lebih mudah, cepat dan praktis, dan selain itu personil mekanik akan lebih mudah dan hemat tenaga dalam bekerja.

Secara rata-rata, jika alat-alat kerja yang dibutuhkan sudah ditempatkan di masing-masing stasiun, sesuai dengan kebutuhan kerja masing-masing, maka waktu yang dibutuhkan seorang mekanik untuk melakukan persiapan pekerjaan, paling lama hanya 10 menit, atau bahkan bisa langsung memulai pekerjaan (tanpa harus mencari-cari dan menyediakan alat kerja terlebih dahulu).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyediakan berbagai peralatan kerja di masing-masing statsiun, antara lain:
Safety First
Tabung LPG dan Oksigen
Tempatkan Tabung LPG dan Oksigen, di lokasi yang aman dari bahaya terjatuh dan jauh dari api serta panas matahari.
Buat tempat khusus agar tabung tidak langsung menyentuh lantai, dan diberi atap pelindung.
Buat pengikat tabung agar aman dan tidak terjatuh.

Trafo Las
Letakkan Trafo las di lokasi yang kering, dan aman,
buat tempat khusus untuk trafo las, agar tidak menyentuh lantai , dan diberi atap, dan pastikan kabel-kabel terisolasi dengan baik dan rapi.

Alat-alat kerja lainnya
Buat kotak khusus (Tool Box) di setiap stasiun untuk tempat penyimpanan alat-alat kerja (Dongkrak, Katrol, Kunci-kunci, dll), dan pastikan alat-alat kerja yang disimpan sesuai dengan kebutuhan kerja tiap mesin di stasiun masing-masing.

Posting Komentar untuk "Efisiensi waktu persiapan kerja mekanikal"