Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wiring panel ATS dan AMF PLN Genset start otomatis

Sumber tenaga Listrik yang paling banyak digunakan, baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk keperluan Industri adalah listrik dari PLN dan listrik dari Genset. Penggunaan Listrik dari dua jenis sumber listrik yang berbeda ini biasanya tidak digunakan bersamaan melainkan salah satu Sumber listrik menjadi sumber utama, dan sumber listrik lainnya menjadi sumber listrik cadangan atau pengganti saat sumber listrik utama padam atau terjadi gangguan.
Wiring Panel ATS AMF Genset Start Otomatis
Wiring Panel ATS - AMF
Saat Listrik utama padam, maka harus dilakukan pemindahan ke Sumber listrik cadangan, jika saat terputusnya listrik ini tidak terlalu menjadi kendala, maka bisa saja dilakukan dengan sistem manual untuk pemindahan dari sumber listrik utama ke sumber listrik cadangan.

Misalnya, jika sumber listrik utama yang digunakan adalah listrik dari PLN, lalu pada saat listrik PLN padam, maka dapat dilakukan pemindahan secara manual, dengan memutus terlebih dahulu Switch utama PLN, kemudian menyalakan Genset lalu menghubungkan listrik dari genset menuju beban dengan menyalakan Switch utama Genset.

Begitu juga sebaliknya, jika sumber listrik utama yang digunakan adalah listrik dari Genset, lalu pada saat terjadi gangguan pada Genset yang menyebabkan aliran listrik terputus (padam), maka dilakukan pemindahan secara manual, dengan memutus terlebih dahulu Switch utama Genset, kemudian menghubungkan listrik dari PLN ke beban dengan menyalakan Switch utama PLN.

Namun, Untuk beberapa keperluan khususnya di dunia Industri, mengharapkan suatu sistem pemindahan dari satu sumber listrik ke sumber listrik lainnya, harus dapat dilakukan secara otomatis dan dengan waktu yang relatif singkat, sehingga dapat dicegah kerugian yang timbul akibat listrik padam, untuk itu dibutuhkan suatu sistem atau rangkaian Panel yang berfungsi untuk melalukan pemindahan sumber listrik dari satu sumber ke sumber listrik lainnya secara cepat dan bekerja otomatis.

Wiring Panel ATS-AMF Genset starting otomatis, dan penjelasannya

membuat panel otomatis Genset PLN
Wiring Diagram Panel ATS-AMF
Panel ATS-AMF
Panel yang berfungsi untuk memindahkan secara otomatis dua sumber listrik disebut dengan Panel Automatic Transfer Switch (ATS). namun selain panel ATS dibutuhkan juga Panel untuk menyalakan dan mematikan Genset secara Otomatis yang disebut dengan Panel Automatic Main Failure (AMF).

Panel ATS (Automatic Transfer Switch)
Panel ATS adalah singkatan dari Automatic Transfer Switch, dan merupakan suatu Rangkaian Listrik yang berfungsi untuk Memindahkan Aliran Listrik ke Beban dari Satu Sumber Listrik ke Sumber Listrik lainnya. Misalnya dari Listrik PLN dipindahkan ke Listrik Genset. dan Panel ATS ini dapat bekerja Secara Otomatis.

Sebagai Contoh, jika di rumah anda terdapat 2 Sumber Listrik yakni Listrik dari PLN dan Listrik dari Genset. Pada Keadaan Normal, Listrik yang biasa anda gunakan adalah Listrik dari PLN, namun saat listrik PLN Padam, maka anda akan menyalakan Genset dan Memindahkan Jalur Listrik yang sebelumnya dari PLN dipindah ke Jalur Listrik yang berasal dari Genset. dengan kata Lain Sumber Listrik Utama di rumah anda adalah Listrik yang berasal dari PLN sedangkan Listrik dari Genset hanya sebagai Cadangan saat listrik PLN Padam.

Alat sederhana untuk memindahkan Listrik PLN ke Genset ini adalah Cam Switch atau Ohm Saklar, yang bekerja dengan cara Manual. Pengembangan dari prinsip kerja Cam Switch inilah maka dibuat suatu rangkaian Panel ATS untuk mempermudah kita, yang dapat bekerja sendiri (Otomatis).

Panel AMF (Automatic Main failure)
Panel AMF adalah Singkatan dari Automatic Main Failure, dan merupakan suatu rangkaian listrik yang berfungsi untuk Kontrol Otomatis, saat Aliran Listrik utama dari PLN Padam, Maka Panel ini akan mengirimkan Sinyal ke rangkaian Starting Genset, dan kemudian Genset akan Starting secara Otomatis, sebaliknya saat Listrik PLN sudah menyala Kembali maka Panel ini akan mengirimkan sinyal untuk Memadamkan Genset.

Sehingga, Selain Panel ATS, maka dibutukan juga panel AMF agar Sistem Pemindahan Listrik PLN ke Genset atau sebaliknya dapat benar-benar bekerja sendiri (Otomatis).
Wiring Diagram Panel ATS dan AMF Genset Start-Stop Otomatis

membuat rangkaian panel pindah PLN ke genset otomatis
Wiring Diagram Panel ATS & AMF Genset Start/Stop Otomatis
Penjelasan:
  • Pada Gambar Rangkaian Panel ATS diatas, Listrik PLN merupakan Sumber Listrik Utama (Main), sedangkan Listrik dari Genset Hanya sebagai Cadangan (Back up Power) saat Listrik dari PLN Padam.
  • K1 adalah Magnetic Contactor untuk Menghubungkan Jalur Utama Listrik dari PLN ke Beban.
  • K2 adalah Magnetic Contactor untuk Menghubungkan Jalur Utama Listrik dari Genset ke Beban.
  • T1 adalah Timer yang berfungsi untuk Pengaturan Waktu yang dibutuhkan untuk Starting Genset, waktu dihitung saat Genset sudah mulai beroperasi dan mengeluarkan Tegangan. kemudian Timer akan Bekerja memutuskan Aliran listrik ke dinamo start, hal ini bertujuan agar dinamo start padam setelah genset beroperasi normal.
  • T2 adalah Timer yang berfungsi untuk Pengaturan Waktu Jeda setelah Genset beroperasi Normal, sebelum K2 terhubung dan Listrik dari Genset dialirkan ke Beban.
  • Saat Listrik PLN dalam kondisi Normal menyala, Maka Magnetic Contactor K1 akan bekerja dan mengalirkannya ke Beban, sedangkan Genset dalam keadaan tidak beroperasi, dan Magnetic Contactor K2 kondisi tidak terhubung.
  • Kemudian pada saat Listrik dari PLN Padam, maka K1 juga akan terputus, disaat bersamaan Aliran listrik dari Batere (Akki) akan mengalir ke Dinamo start dan ke Fuel solenoid untuk membukan aliran bahan bakar.
  • Setelah Genset beroperasi dan menghasilkan tegangan, kemudian Timer T1 akan mulai bekerja, hingga waktu yang diinginkan tercapai, kemudian aliran listrik dari batere ke Dinamo start akan terputus.
  • Lalu Timer T2 akan mulai bekerja, hingga waktu tercapai, kemudian Magentic Contactor K2 akan bekerja dan Listrik dari Genset akan mengalir ke Beban.
  • Selanjutnya, jika PLN sudah menyala kembali, maka secara otomatis, Magnetic Contactor K2 akan terputus, dan Magnetic Contactor K1 akan terhubung.

Posting Komentar untuk "Wiring panel ATS dan AMF PLN Genset start otomatis"