Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Otomatis Lampu lalu lintas (Traffic Light)

Bagaimana membuat Rangkaian Otomatis Lampu Lalu Lintas menggunakan tiga buah Timer? "Membuat Rangkaian Otomatis Lampu Lalu Lintas menggunakan Timer". Saat sedang berkendara di Jalan Raya, khususnya di jalan perkotaan, pada umumnya di setiap persimpangan atau tempat penyeberangan pejalan kaki (Zebra Cross) kita akan menemukan lampu Lalu Lintas (Traffic Light), yang terdiri dari 3 Buah Lampu dengan warna yang berbeda, yakni Lampu Merah, Kuning dan Hijau. Saat Lampu merah menyala, maka para pengendara wajib untuk berhenti, hingga lampu hijau menyala maka pengendara boleh lanjut perjalanannya kembali.
membuat rangkaian lampu lalu lintas otomatis
Rangkaian Lampu lalu lintas otomatis
Lampu Lalu Lintas atau biasa juga disebut orang "Lampu Merah" padahal lampu lalu lintas ada tiga warna), Lampu Lalu Lintas ini Menyala secara Bergantian secara Otomatis, sesuai dengan settingan Waktu yang telah diatur sebelumnya. Bagaimana Cara Membuat Rangkaian Lampu Lalu Lintas agar Menyala Bergantian secara Otomatis?

Mungkin anda pernah bertanya-tanya bagaimana sebenarnya rangkaian untuk membuat lampu lalu lintas yang dapat menyala secara bergantian, mulai dari Lampu berwarna Hijau, kemudian berganti lampu kuning yang menyala, lalu lampu merah menyala, dan kembali lagi ke lampu hijau.

Terdapat beberapa Jenis Rangkaian untuk Membuat Lampu Lalu Lintas, dan jika kita telah memahami bagaimana prinsip kerja Timer relay, tentunya membuat rangkaian lampu yang dapat menyala secara bergantian merupakan hal yang cukup mudah, apalagi jika rangkaian yang akan dibuat hanya untuk satu lampu lalu lintas.

Rangkaian Otomatis Lampu Lalu Lintas (Traffic Light)

cara sederhana membuat rangkaian lampu lalu lintas (Traffic Light)
Rangkaian sederhana Lampu Lalu Lintas dengan Timer Otomatis
Membuat Rangkaian Sederhana Lampu Lalu Lintas Otomatis

Material yang dibutuhkan
  • Box Panel
  • Timer On Delay 220 Volt (3 buah)
  • MCB (1 buah)
  • Kabel wiring
  • Kabel dari Panel ke Lampu
  • Lampu Lalu Lintas (Merah, Kuning, Hijau)

Penjelasan
  • Susun dan pasang Material yang dibutuhkan di dalam sebuah Panel Box, lalu buat rangkaian wiring sesuai dengan diagram yang ada pada Gambar diatas.
  • Lalu Atur settingan waktu pada masing-masing Timer sesuai dengan yang diinginkan. (misalnya 10 Detik).
  • Setelah semuanya dipasang dan timer sudah di setting, lalu nyalakan MCB, maka Timer 1 akan menyala dan mengalirkan Arus listrik ke Lampu merah, sehingga lampu merah akan menyala
  • Setelah waktu tercapai sesuai settingan pada Timer-1, maka timer akan bekerja lalu Arus listrik ke Lampu merah akan terputus, dan selanjutnya arus listrik akan berpindah ke Coil Timer-2 dan Timer-2 akan menyala, disaat bersamaan Arus listrik juga akan mengalir ke Lampu Kuning, sehingga lampu kuning akan menyala.
  • Setelah waktu tercapai sesuai settingan pada Timer-2, maka timer akan bekerja lalu Arus listrik ke Lampu kuning akan terputus, dan selanjutnya arus listrik akan berpindah ke Coil Timer-3 dan Timer-3 akan menyala, disaat bersamaan Arus listrik juga akan mengalir ke Lampu Hijau, sehingga lampu Hijau akan menyala.
  • Setelah waktu tercapai sesuai settingan pada Timer-3, maka timer akan bekerja lalu Arus listrik ke Lampu Hijau akan terputus, dan disaat bersamaan Timer-3 akan memutuskan sumber listrik sehingga semua Timer Padam, lalu kembali ke posisi awal, Timer-1 akan menyala dan arus listrik akan mengalir ke Lampu merah, begitu seterusnya lampu akan menyala secara bergantian.

Prinsip Kerja Timer On Delay:
Timer akan Menyala saat Coil (terminal no.2 dan 7), namun posisi Terminal NO masih terbuka, dan Terminal NC posisi terhubung, kemudian jika waktu sudah tercapai, maka barulah Timer akan Bekerja sehingga terminal NO akan terhubung sebaliknya terminal NC akan terputus.

Posting Komentar untuk "Rangkaian Otomatis Lampu lalu lintas (Traffic Light)"