Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Spesifikasi MCCB, Fungsi dan penjelasannya

MCCB (Moulded Case Circuit Breaker), merupakan Salah Satu komponen utama pada sebuah Panel Listrik 3 phase yang berfungsi sebagai Switch Penghubung dan Pemutus, Proteksi Arus Lebih dan Proteksi Short Circuit.

MCCB tersedia dengan berbagai Jenis, Model, Ukuran dan Tingkat Proteksi yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi di lapangan, Oleh karena itu untuk dapat menentukan MCCB yang sesuai dengan kebutuhan, maka kita perlu Mengetahui dan faham akan makna dan fungsi dari masing-masing kode simbol spesifikasi atau keterangan yang ada pada sebuah MCCB, lalu Apa saja Spesifikasi MCCB yang penting untuk diketahui?

Keterangan Mengenai Spesifikasi Lengkap sebuah MCCB, baik itu Tipe, Ukuran, Proteksi, dan hal terkait lainnya, dapat kita lihat tertera lengkap pada MCCB tersebut, Namun kendalanya adalah kebanyakan kita masih belum faham apa saja makna dari kode, istilah atau keterangan yang digunakan, Apa saja Fungsi, dan penjelasannya.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan coba berbagi mengenai Penjelasan Lengkap, Makna serta Fungsi dari Data Spesifikasi lengkap yang biasanya ada pada sebuah MCCB.

Penjelasan Makna dan Fungsi dari Spesifikasi yang tertera pada sebuah MCCB

Mengenal Spesifikasi MCCB, Arti dan Fungsinya
Mengenal Spesifikasi MCCB
Secara Umum, Terdapat beberapa keterangan Spesifikasi yang dapat kita lihat pada sebuah MCCB, antara lain:

1. POLE
Pole menyatakan berapa banyak Kutub saklar pada MCCB, beberapa pilihan Pole pada MCCB, yakni:
arti kode simbol yang tertera pada label spesifikasi MCCB
Beberapa Tipe MCCB
  • MCCB 1 POLE (Untuk penghubung dan pemutus 1 phase)
  • MCCB 2 POLE (Untuk penghubung dan pemutus 2 phase)
  • MCCB 3 POLE (Untuk penghubung dan pemutus 3 phase)
  • MCCB 4 POLE (Untuk penghubung dan pemutus 3 phase dan 1 Netral)
MCCB yang paling banyak digunakan adalah MCCB 3 POLE

2. Ue
Simbol Ue pada MCCB adalah Spesifikasi untuk Rated Service Voltage atau Rated Operational Voltage, yakni Nilai Tegangan kerja yang bisa dilayani atau digunakan pada MCCB tersebut.

MCCB yang biasa kita gunakan tergolong dalam Low Voltage (LV) Circuit Breaker, sehingga kisaran tegangan kerjanya (Ue) adalah antara 220 V sampai 1000 V (1 kV).

3. Ui
Simbol Ui pada MCCB adalah Spesifikasi untuk Rated Insulated Voltage (Nilai Tegangan Isolasi) yang menyatakan Batas maksimal Tegangan yang masih bisa di isolasi oleh MCCB tersebut, jika tegangan yang digunakan lebih besar dari Ui maka Bahan Isolasi pada MCCB tersebut akan rusak/bocor.
Ui > Ue
Ui (Nilai Tegangan Isolasi) pada sebuah MCCB harus lebih tinggi dari Ue (Nilai Tegangan kerja), contohnya: jika Ue 400 Volt, maka Ui 600 Volt.

4. Uimp
Simbol Uimp yang ada pada sebuah MCCB adalah spesifikasi untuk menyatakan Rated Impulse withstand Voltage atau Besarnya Tegangan yang terukur saat dilakukan pengujian pada sebuah MCCB,  tanpa mengakibatkan kerusakan.

Contohnya: Pada sebuah MCCB tertera spesifikasi Uimp 6 kV, yang artinya MCCB ini sudah diuji ketahanannya dengan menggunakan tegangan 6kV (6000 Volt).

5. Ii
Simbol Ii yang terdapat pada sebuah MCCB adalah Spesifikasi untuk menyatakan Nilai Arus tripping seketika (Instantaneous Tripping), MCCB akan bekerja Memutuskan Rangkaian dengan seketika (waktu yang cepat), saat terjadi hubung singkat (Korsleting) dengan besaran Arus hubung singkat > Ii.

6. In
In (Arus Nominal) atau nilai Arus kerja MCCB, adalah batasan maksimal Arus yang bisa dialirkan melalui MCCB, jika arus melebihi batasan In maka dalam beberapa saat MCCB akan bekerja memutus rangkaian (Trip), contohnya MCCB 100A, maka jika Arus yang dilalui MCCB lebih besar dari 100 A, maka dalam beberapa saat MCCB akan memutus rangkaian (Trip).

7. CAT. A
Pada MCCB juga terdapat Simbol Cat. A yang artinya adalah MCCB tersebut masuk kedalam Category-A.

MCCB Cat. A menyatakan bahwa MCCB tersebut merupakan Sebuah Circuit Breaker yang tidak dilengkapi dengan Pengaturan Waktu tunda untuk Memutus rangkaian saat terjadi Short Circuit (Hubung Singkat).

MCCB Cat. B menyatakan bahwa MCCB tersebut merupakan Sebuah Circuit Breaker yang sudah dilengkapi dengan Selektifitas Pengaturan Waktu tunda untuk Memutus rangkaian saat terjadi Short Circuit (Hubung Singkat).

8. Icu 
Simbol atau kode Icu pada spesifikasi MCCB adalah menyatakan Rated Short-Circuit Breaking Capacities (kA) atau Batasan nilai Arus maksimum yang dapat diproteksi oleh MCCB tersebut saat terjadi Hubung Singkat, Jika nilai Arus hubung Singkat yang terjadi melebihi dari Icu, maka MCCB tidak dapat lagi memproteksinya dan bahkan dapat mengakibatkan kerusakan pada MCCB.

9. Ics
Kode Ics pada sebuah MCCB adalah menyatakan Rated Service Breaking Capacity atau Batasan Nilai maksimum Arus yang dapat dilalui pada MCCB tersebut, jika Arus yang mengalir pada MCCB tersebut melebih nilai Ics, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada MCCB tersebut. (Secara umum Nilai Icu sama dengan Ics).

10. Ir
Ir merupakan settingan untuk menentukan nilai In, yang menyatakan batasan nilai arus maksimal MCCB untuk memutuskan rangkaian (Trip) dan Settingan Ir ini terdapat pada MCCB tertentu yang nilai In nya belum Fixed dan masih bisa disesuaikan, Ir adalah nilai proteksi Arus lebih dengan prinsip kerja Thermal (panas dan bimetal), oleh karena itulah fungsi Ir ini dikenal sebagai proteksi yang membutuhkan waktu cukup panjang (Long Time Protection).
Ir = In
11. Im
Settingan Im adalah Settingan Nilai Arus untuk Proteksi hubung singkat dengan prinsip kerja Magnetic (Protection Against Short-Circuits Magnetic), pada MCCB khusus dan terdapat selektor untuk pengaturan Nilai Maksimum Im, yakni:
Im = In x Setting Point
12. IEC
Kode atau Keterangan IEC pada sebuah MCCB adalah menyatakan Standarisasi atau Lisensi yang dimiliki oleh MCCB tersebut, IEC (International Electrotechnical Commission) atau Komisi Elektro Teknik Internasional, merupakan Organisasi yang mengeluarkan Standar Internasional terkait Peralatan Elektro dan sejenisnya.

13. EN
Seperti halnya IEC, selain itu terdapat juga Kode Standarisasi yang biasa terdapat pada sebuah MCCB, yakni EN (European Norms), EN Merupakan Standar teknis yang dikelola oleh CEN ( European Committee for Standardization ), CENELEC ( European Committee for Electrotechnical Standardization ) and ETSI ( European Telecommunications Standards Institute ), jika simbol ini terdapat pada sebuah MCCB, ini menandakan bahwa MCCB tersebut sudah ter-standarisasi oleh EN.

14. NEMA
Selain, itu terdapat juga Standarisasi lainnya, yakni NEMA yang juga biasanya terdapat pada MCCB, NEMA (National Electrical Manufacturers Association) merupakan asosiasi perdagangan produsen peralatan listrik terbesar di Amerika Serikat, dan jika simbol NEMA terdapat pada sebuah MCCB, ini menandakan bahwa MCCB tersebut sudah ter-standarisasi oleh NEMA.

Posting Komentar untuk "Mengenal Spesifikasi MCCB, Fungsi dan penjelasannya"