Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tagihan Listrik jadi Boros kalau Listrik Sering Hidup mati?

Mungkin anda pernah mengalami listrik padam sesaat kemudian menyala kembali dan terjadi berulang dalam waktu yang singkat, atau mungkin anda pernah mendengar pernyataan bahwa jika Listrik di rumah kita sering padam dan menyala berkali-kali, maka akan menyebabkan Tagihan listrik menjadi boros. Jika Listrik Hidup Mati terlalu sering dan dalam waktu yang berdekatan, dapat menyebabkan tagihan Listrik menjadi boros, Kenapa bisa demikian? berikut penjelasannya.

Benarkah Tagihan Listrik menjadi Boros Jika Listrik Sering Hidup-mati?

Benarkah Tagihan Listrik menjadi Boros Jika Listrik Sering Hidup-mati?
Berikut ini beberapa Penjelasan terkait Mengapa tagihan listrik menjadi lebih boros jika peralatan listrik di rumah sering Hidup-mati dalam waktu yang relatif singkat.

Arus Starting Motor Listrik 
Perlu diketahui bahwa Daya yang dibutuhkan sebuah Motor Induksi pada saat Start atau saat dinyalakan pertama kali bisa mencapai 4 sampai 6 kali arus normal, sehingga jika Motor Listrik terlalu sering Start-Stop yang diakibatkan karena listrik di rumah Hidup mati terlalu sering, maka hal ini tentunya akan menyebabkan Pemakaian listrik di rumah juga akan Boros atau meningkat. Apa saja Alat listrik dirumah yang menggunakan Motor Listrik?

Beberapa Alat Listrik di rumah yang menggunakan Motor induksi, antara lain:
  • Kipas Angin
  • Mesin Cuci
  • Pompa Air
  • Blender
  • Mixer
  • Air Conditioner
Misalnya Saat Listrik di rumah dalam keadaan menyala, dan kita sedang menyalakan Pompa Air lalu beberapa saat kemudian Listrik dirumah padam, maka Pompa air juga akan padam, kemudian Listrik tiba-tiba menyala kembali padahal colokan Pompa masih dalam keadaan terhubung, maka secara bersamaan Pompa air tersebut juga akan langsung menyala (Start) kembali, padahal Konsumsi daya motor pada saat Starting bisa mencapai 4 s/d 6 kali dari arus normalnya, dan jika hal ini terjadi berulang-ulang kali maka dapat menyebabkan Pemakaian daya listrik anda akan menjadi boros.

Selain itu untuk beberapa peralatan listrik atau alat elektronik yang biasa digunakan dirumah, ada yang memiliki konsumsi daya berbeda saat dinyalakan pertama kali atau setelah beberapa saat dinyalakan, biasanya daya yang terpakai saat Alat listrik atau Elektronik pertama kali dinyalakan akan lebih boros, lalu secara berangsur-angsur daya yang terpakai akan turun atau semakin kecil.

Pemanas Air (Water Heater)
Misalnya Dispenser, saat pertama kali dinyalakan, maka Pemanas air yang ada pada Dispenser akan menyala untuk memanaskan air, pada saat ini Konsumsi Daya Listrik akan tinggi, lalu setelah suhu air panas tercapai maka pemanasnya secara otomatis akan berhenti, dan konsumsi dayanya turun, Pemanas hanya akan menyala dan memanaskan lagi jika suhu air sudah mulai dingin, namun jika listrik padam, maka suhu air dispenser akan lebih cepat turun, dan saat listrik menyala kembali maka pemanas dispenser juga akan menyala.

Pendingin Ruangan (AC)
Penyebab tagihan listrik boros lainnya adalah Pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner), Konsumsi daya Air Conditioner memiliki perbedaan yang cukup besar saat dinyalakan pertama kali dibanding setelah kondisi normal atau suhu tercapai.

Misalnya AC 1 PK, Rata-rata Konsumsi daya AC 1 PK saat pertama kali dinyalakan, maka AC akan bekerja Maksimal dan dayanya bisa mencapai Lebih dari 900 Watt, lalu setelah suhu yang diinginkan tercapai, maka Konsumsi daya AC tersebut pun akan berkurang, dan Konsumsi Daya minimum AC 1 PK rata-rata hanya 200 Watt.

Saat Listrik padam, maka ruangan yang semula sudah didinginkan oleh AC tersebut, suhunya akan lebih cepat naik dan saat Listrik menyala kembali maka AC juga akan menyala kembali dengan beban maksimal, jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu yang relatif singkat, tak hanya menjadikan Listrik Boros, bahkan dapat menyebabkan Peralatan listrik yang anda miliki cepat rusak.

Oleh karena itu, Saat listrik di rumah anda sering Hidup-mati dan terjadi berulang-ulang, maka sebaiknya saat Listrik padam, Seluruh Alat listrik juga dimatikan, dengan melepaskan colokannya dari stopkontak, sampai listrik benar-benar normal.

Posting Komentar untuk "Tagihan Listrik jadi Boros kalau Listrik Sering Hidup mati?"