Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Penyebab Ketidakseimbangan Arus Motor 3 Phase (Unbalance Current)

Secara teori, Saat Motor Listrik 3 Phase dioperasikan, maka akan menimbulkan arus listrik pada Masing-masing Phase R,S dan T dengan Nilai Arus yang seimbang atau Sama besar.
Ir = Is = It
Meski sebenarnya Hampir tidak mungkin untuk mendapatkan Keseimbangan Arus listrik pada saat Motor Listrik AC 3 phase dioperasikan. hal ini disebabkan karena tidak terpenuhinya beberapa Faktor untuk mencapai keseimbangan Arus motor tersebut.

Karena itulah, selalu kita jumpai terjadi ketidakseimbangan Arus listrik (Unbalance Current) pada sebuah Motor Listrik 3 Phase saat dioperasikan. Lalu Mengapa hal ini bisa terjadi, Apa saja sebenarnya yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan Arus listrik (Unbalance Current) pada Motor Listrik 3 Phase?

Penyebab Arus Motor 3 Phase Tidak Seimbang (Unbalance Current)

apa yang menyebabkan arus motor tidak seimbang?
Unbalance Current Motor AC 3ph
Untuk mendapatkan Arus listrik yang seimbang tentunya sangat sulit, Akan tetap terjadi ketidakseimbangan Arus listrik pada Motor AC 3 Phase, Namun yang perlu diperhatikan adalah agar ketidakseimbangan Arus listrik yang terjadi masih dalam batasan Toleransi.

Berapa Toleransi Ketidakseimbangan Arus pada Motor AC 3 Phase?

Toleransi terhadap Unbalance Current (Ketidakseimbangan Arus) pada Motor Listrik AC 3 Phase adalah sebesar 5% dari Arus rata-rata.

Jika Arus rata-rata sebuah Motor Listrik adalah 60 Ampere, maka Toleransi ketidakseimbangan Arus pada motor tersebut adalah +/- 5% atau sebesar +/- 3 Ampere.

Namun jika Sebuah motor Listrik dioperasikan dan hasil pengukuran Arus motor sbb:
  • Phase R : 60 Ampere
  • Phase S : 68 Ampere
  • Phase T : 54 Ampere
Arus rata-rata: (60 + 68 + 54) / 3 = 60.6 Ampere
Nilai arus yang terjauh dari arus rata-rata adalah : 68 Ampere
ketidakseimbangan arus terbesar adalah: ((68 - 60.6) / 60.6) x 100% = 12.2 %

Karena Toleransi Ketidakseimbangan arus yang diperbolehkan adalah hanya sebesar 5%, maka Arus Motor tersebut diatas mengalami ketidakseimbangan arus melebihi batas Toleransi, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

Apa saja yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan Arus (Unbalance Current) pada motor listrik AC 3phase?

1. Unbalance Voltage
Unbalance Voltage (ketidakseimbangan tegangan) merupakan salah satu Faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan Arus (Unbalance Current) pada Motor AC 3 phase. Seberapa besar Pengaruh ketidakseimbangan tegangan (Unbalance Voltage) terhadap ketidakseimbangan arus (Unbalance Current) pada Motor AC 3ph?
V = I x R
Seperti kita ketahui, Tegangan berbanding terbalik dengan Arus Listrik, semakin rendah tegangan maka semakin besar arus, sebaliknya semakin tinggi tegangan maka semakin kecil arus listrik yang mengalir, (Dengan catatan Resistansi tetap).

2. Perbedaan Nilai Resistan Lilitan
Didalam sebuah Motor listrik 3 Phase terdapat Lilitan (gulungan) kawat yang terdiri dari 3 gulungan utama, dan akan diberi tegangan dari dua phase yang berbeda (R-S, S-T, R-T). Jika pada kawat gulungan tersebut terdapat Perbedaan Panjang, Perbedaan Diameter, atau Perbedaan Jumlah Lilitan, Maka tentunya akan menyebabkan terjadinya perbedaan nilai resistansi, yang akan mengakibatkan terjadinya perbedaan nilai arus dari masing-masing Phase, saat motor tersebut dioperasikan.
R = (ρ x l) / A
  • R = Resistansi (Ohm)
  • ρ = Tahanan Jenis (Ohm mm² / m)
  • l = Panjang penghantar (m)
  • A = Luas Penampang Penghantar (mm²)
Resistansi dipengaruhi oleh Resistivitas (Tahanan jenis) bahan penghantar, Panjang penghantar dan Luas Penampang penghantar.
  • Semakin Kecil Resistivitas (tahanan jenis), maka akan semakin kecil Tahanannya
  • Semakin Besar Resistivitas (tahanan jenis), maka akan semakin Besar Tahanannya
  • Semakin Panjang penghantar maka akan semakin besar Tahanannya
  • Semakin Pendek penghantar maka akan semakin Kecil Tahanannya
  • Semakin besar Penampang maka akan semakin kecil Tahanannya
  • Semakin kecil Penampang maka akan semakin besar Tahanannya
V = I x R
Seperti kita ketahui Arus listrik berbanding terbalik dengan Resitansi (R), semakin besar tahanan penghantar maka Arus listrik yang mengalir akan semakin kecil, sebaliknya semakin kecil Tahanan penghantar maka semakin besar Arus listik yang mengalir (Dengan catatan Nilai tegangan tetap).

3. Perbedaan Jarak (Gap) antara Rotor dan Stator
Posisi Rotor maupun Stator yang sudah mengalami kerusakan, yang diakibatkan oleh berbagai Faktor seperti Shaft Unbalance, Housing Bearing Aus, Bearing Aus, Rotor unbalance ataupun Stator tidak Simetris, maka akan mengakibatkan terjadinya Perbedaan Jarak (Gap) antara Rotor dan Stator. dan hal ini akan menyebabkan terjadi ketidakseimbangan arus saat motor dioperasikan.


Oleh karena itu, Untuk menjaga agar tidak terjadi ketidakseimbangan Arus (Unbalance Current) pada Motor AC 3 Phase, maka perlu diperhatikan keseimbangan nilai Tegangan, Kondisi Rotor dan Stator, serta Kualitas Gulungan baik dari sisi Kerapian, Ukuran kawat, Jumlah lilitan dan hal lainnya yang dapat mempengaruhi resistansi dari kawat gulungan motor.

Posting Komentar untuk "3 Penyebab Ketidakseimbangan Arus Motor 3 Phase (Unbalance Current)"