Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Satuan tekanan PSi

PSi adalah salah satu besaran nilai satuan tekanan, Kita mengenal suatu gaya terhadap suatu bidang yang disebut dengan tekanan (Pressure). Dalam ilmu Fisika, Tekanan memiliki besaran dalam beberapa nilai skala satuan. seperti misalnya Satuan Bar, Pascal, Atmosphere, PSi.

Salah satu satuan tekanan yang banyak digunakan adalah satuan PSi, lalu Apa itu Psi?, berikut penjelasannya. Besaran Satuan tekanan dalam satuan PSi banyak dipakai untuk satuan pengukuran besaran tekanan. PSi biasanya banyak di pakai sebagai satuan tekanan terutama di kawasan Eropa dan Amerika.
apa yang dimaksud dengan satuan tekanan psi

Penggunaan satuan tekanan PSi di beberapa negara:

  • Amerika
Penggunaan satuan PSi sebagai satuan besaran tekanan (Pressure) banyak digunakan di negara Amerika. Satuan ukuran tekanan PSi merupakan satuan unit primer untuk satuan tekanan, hampir semua instrumen tekanan yang ditentukan dengan pound per inchi persegi.
  • Inggris
Di negara Inggris, satuan tekanan PSi banyak digunakan, Meskipun masih menggunakan satuan PSi namun satuan Bar mulai menggantikan posisinya sebagai unit satuan tekanan yang utama.

Beberapa satuan Tekanan (Pressure)

Selain satuan PSi, ada beberapa satuan lainnya yang digunakan untuk menentukan besaran tekanan yang sering dipakai, antara lain:
  • Atmospher
  • Bar
  • Pascal
  • Kg/Cm2
  • PSi
kepanjangan psi satuan tekanan
Satuan PSI
Konversi PSi
PSI dapat dikonversikan kedalam satuan nilai tekanan lainnya, antara lain :
  • 1 PSi jika dikonversikan kedalam satuan pascal adalah sama dengan 6.894,76 pascal.
  • 1 PSi jika dikonversikan kedalam satuan bar sama dengan 0,0690 bar (1bar = 14,5 psi)
  • 1 PSi jika dikonversikan ke dalam satuan Kg/cm2 adalah sama dengan 0,0703 kg/cm2
Tekanan adalah suatu gaya normal yang dibagi dengan luas suatu bidang. Satuan-satuan untuk besaran tekanan memiliki hubungan satu sama lain dan dapat di konversikan. apa sebenarnya yang dimaksud dengan PSi, dan apa kepanjangan dari satuan tekanan PSi?

Apa yang dimaksud dengan satuan tekanan PSi?

Jika selama ini kita sering memakai satuan tekanan PSi namun belum tahu apa sebenarnya kepanjangan PSI tersebut, sekarang coba kita jelaskan kepanjangan dari Psi tersebut, Satuan tekanan yang kita sebut PSi memiliki kepanjangan “Pounds per Square Inch”
PSi “Pounds per Square Inch”

Penjelasan mengenai makna dari "Pounds per Square Inch" adalah:
Jika satuan tekanan Kg/cm² adalah besaran tekanan yang memiliki satuan 1 kilogram di setiap 1 centimeter kuadrat luas suatu bidang. Maka PSi (Pounds per Square Inch) adalah besaran tekanan yang memiliki satuan 1 Pound di setiap inci kuadrat luas suatu bidang.

Atau dengan kata lain suatu bidang dengan luas 1 inci x 1 inch ( 1 inch kuadrat) mendapatkan suatu tekanan atau gaya dengan besaran 1 Pound.

Penjelasan lainnya:
Pounds adalah satuan berat yang memiliki nilai jika dikonversikan ke dalam satuan kilogram adalah:
1 kilogram = 2,2 pound, atau persamaannya adalah: 1 pound sama dengan 0,45 kilogram.
1 pound = 0,45 kilogram
Inch (Inci) adalah satuan ukuran panjang, yang memiliki nilai jika dikonversikan ke dalam beberapa satuan panjang pada umumnya, adalah :
  • 1 inch sama dengan 25,4 milimeter
  • 1 inch sama dengan 2,54 centimeter

Demikianlah artikel mengenai penjelasan satuan tekanan PSi atau Pounds per square inch. Semoga artikel mengenai penjelasan dan kepanjangan dari satuan PSi ini bisa memberikan tambahan ilmu dan informasi yang berguna bagi kita semua.Sehingga kita bisa mengetahui satuan PSi dalam nilai satuan tekanan dan tidak sekedar menyebutkan PSi namun tidak mengetahui apa kepanjangannya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Satuan tekanan PSi"