Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Genset dan kegunaannya

Mengenal berbagai Jenis Genset yang biasa digunakan sebagai Pembangkit Listrik baik untuk Kebutuhan perseorangan, Maupun untuk Kebutuhan Daya suatu Industri dengan Daya genset yang lebih besar, serta kegunaan dari Jenis Genset tersebut.
sebutkan jenis jenis genset
Jenis-jenis Genset
1. Genset Gas (Gas Engine Generator)
2. Genset Diesel (Diesel Engine Generator)
3. Genset Bensin (Gasoline Engine Generator)
4. Genset Portabel (Portable Engine Generator)
5. Genset Standby Power (Standby Engine Generator)
6. Genset Prime Power (Prime Power Generator)
7. Genset Continuous Power
8. Genset Inverter (Inverter Technology Generator)
9. Genset Tenaga Surya (Solar Generator)
10. Genset Tenaga Uap (Turbine Generator)
11. Genset Silent (Silent Generator)

Genset adalah singkatan dari Generator Set, Genset Merupakan suatu Mesin atau Perangkat yang terdiri dari Unit Pembangkit Listrik (Generator) dan Unit Mesin yang berfungsi untuk menggerakkan Generator tersebut untuk menghasilkan energi Listrik.

Terdapat berbagai jenis Genset yang biasa digunakan untuk pembangkit listrik, dilihat dari Jenis Penggerak dan bahan bakar yang digunakan Genset tersebut, antara lain:

Mengenal Jenis-jenis Genset dan Penjelasannya

1. Genset Gas (Gas Engine Generator)
apa saja jenis jenis genset
Genset Gas (Gas Engine Generator) merupakan Pembangkit Listrik yang digerakkan menggunakan Mesin penggerak berbahan bakar Gas. Bahan bakar yang digunakan dapat berupa Gas yang berasal dari Alam, seperti LPG (Liquid Petroleum Gas), CNG (Compressed Natural Gas), Ataupun Gas yang berasal dari aktifitas anaerobik bahan organik (Bio Gas), atau yang biasa disebut dengan Metana (Gas Methane).


2. Genset Diesel (Diesel Engine Generator)
mengenal jenis genset
Diesel Generator (Genset Diesel) merupakan Pembangkit Listrik yang digerakkan menggunakan Mesin penggerak Diesel (Diesel Engine), Mesin ini berbahan bakar Solar. Genset Diesel (Diesel Engine Generator) merupakan Jenis Genset yang paling sering digunakan khususnya untuk Kebutuhan Industri maupun Kebutuhan rumah tangga dengan daya Besar hingga sedang. Genset jenis ini memiliki berbagai keunggulan, dengan bahan bakar yang mudah didapat dan perawatan yang lebih sederhana.


3. Genset Bensin (Gasoline Engine Generator)
jenis jenis genset
Genset Bensin (Gasoline Engine Generator), merupakan Pembangkit Listrik yang digerakkan menggunakan Mesin penggerak berbahan bakar Bensin (Gasoline). Genset Bensin (Gasoline Engine Generator) merupakan Jenis Genset yang paling banyak digunakan khususnya untuk Kebutuhan rumah tangga dengan daya kecil hingga sedang. Genset jenis ini memiliki berbagai keunggulan, dengan bahan bakar yang mudah didapat dan perawatan yang lebih sederhana, serta harganya yang relatif lebih murah dibanding jenis Genset lainnya.


4. Genset Portabel (Portable Engine Generator)
Genset Portable atau Genset Mini, didesain khusus untuk Keperluan Sumber listrik yang bersifat Portabel, atau dapat dipindah pindah sesuai dengan lokasi yang dibutuhkan. Genset Portabel ini umumnya hanya memiliki daya yang relatif kecil, dan biasa digunakan untuk Kebutuhan rumah tangga maupun usaha kecil, seperti bengkel las, reparasi mobil/motor, dan sebagainya.


5. Genset Standby (Standby Power Generator)
Genset Standby (Standby Engin Generator) merupakan jenis Genset yang didesain untuk pemakaian tetap (tidak berpindah-pindah), Berbeda dengan Genset Portabel, Dengan desain ukuran Genset yang relatif Besar, dan Supplai Daya yang besar, sehingga hampir tidak memungkinkan untuk digunakan secara berpindah-pindah (Non Portable).

Selain itu, genset jenis standby ini memang didesain sebagai Back up (Cadangan) daya, jika Sumber listrik Utama (Prime Power) mengalami Gangguan, maka akan digantikan dengan Genset Standby ini. Genset ini didesain tidak untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama.


6. Prime Power Generator
Genset Daya Utama (Prime Power Generator) merupakan jenis genset (Pembangkit listrik) yang diperuntukkan penggunaan tanpa batasan waktu, dapat dioperasikan dalam jangka waktu yang lama, dapat dioperasikan selama 24 Jam dan terus menerus, Genset ini biasa digunakan sebagai sumber listrik utama. Genset ini dapat menanggung beban yang naik turun namun total daya yang bisa dibebani pada genset ini maksimal hanya 80% dari kemampuan genset.


7. Genset Daya Kontinu (Continuous Power Generator)
Genset Daya Kontinu (Continuous Power Generator) merupakan jenis genset yang dapat dioperasikan terus menerus (Non stop) dengan beban daya yang stabil (Konstan) dengan beban sekitar 90% - 95% dari kapasitas daya Genset.


8. Genset Inverter (Inverter Technology Generator)
Genset Inverter merupakan Inovasi dari teknologi Genset terbaru, Jenis genset ini memiliki kualitas yang lebih baik dengan berbagai keunggulan dari penggunaan dan pengoperasiannya. dengan bentuknya yang simpel dan Portabel sehingga melengkapi keunggulan dari Genset ini.

Sesuai namanya, Jenis Genset Inverter ini menggunakan teknologi Inverter untuk menghasilkan Listrik dengan kualitas lebih baik dan lebih stabil dibanding jenis genset lainnya. Genset Inverter menggunakan prinsip kerja dengan menghasilkan listrik AC kemudian mengubahnya menjadi listrik DC, dan kemudian mengubahnya menjadi Output listrik AC yang Stabil. Genset inverter terdiri dari tiga komponen penting, yakni Mesin pembakaran dalam berbahan bakar Bensi atau Solar, Generator (Penghasil listrik) dan Inverter.  

Genset inverter merupakan sebuah teknologi terbaru pada mesin Genset, yang mana jenis Genset tersebut dapat menghasilkan kualitas listrik paling baik untuk kenyaman serta kemudahan para pemiliknya, seperti di kantor ataupun di rumah, dan sebagainya. Genset inverter jelas adalah Genset yang menggunakan energi listrik dalam bentuk portable, yang mana memang hal itu sudah disiapkan untuk masa depan.


9. Genset Tenaga Surya (Solar Generator)
Genset Tenaga Surya (Solar Generator) merupakan jenis Pembangkit listrik yang menggunakan tenaga surya untuk menghasilkan listrik, Jenis Genset ini merupakan jenis genset yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan energi alam (Surya) sebagai energi utama dan mengubahnya menjadi energi, tanpa bahan bakar seperti jenis genset lainnya.


10. Genset Tenaga Uap (Turbine Generator)
Genset Tenaga Uap (Turbine Generator) merupakan Jenis Genset (Generator set) yang memanfaatkan tenaga Uap sebagai penggerak Generator untuk menghasilkan energi listrik. Genset tenaga Uap ini terdiri dari Generator dan Turbin yang berputar dengan memanfaatkan tenaga dorong Uap (Steam).

Tenaga Dorong dari Uap yang digunakan untuk memutar Poros Turbin dihasilkan dari proses pemanasan air menjadi uap yang terjadi di Ketel Uap (Boiler), dengan menggunakan bahan bakar antara lain, Batu bara, Solar, Gas alam, Biomassa (Fibre, Shell, Kayu, dsb).


11. Genset Silent (Silent Generator)
mengenal jenis jenis genset
Genset Silent (Silent Generator) merupakan Jenis Genset yang banyak digunakan untuk Industri ataupun Usaha rumahan dengan skala daya menengah hingga besar. Keunggulan dari Genset ini adalah tidak berisik saat dioperasikan, sehinggi lebih ramah lingkungan dan nyaman untuk digunakan, meski digunakan di daerah yang berdekatan dengan penduduk atau keramaian. Genset ini memiliki desain yang tertutup khususnya dibagian mesin yang menghasilkan kebisingan, sehingga suara bising dari Mesin genset dapat diredam seminimal mungkin. Sehingga jenis genset silent tidak berisik jika dibandingkan dengan Genset tipe Open.

Posting Komentar untuk "Jenis Genset dan kegunaannya"