Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Alat ukur Instrument Transmitter

Mengenal berbagai macam Alat Intrument Transmitter di dunia industri, yang memiliki berbagai fungsi dan kegunaan dalam teknologi otomatisasi proses industri.
mengenal alat ukur instrumet transmitter di dunia industri
Berbagai Aplikasi untuk hasil pengukuran, kontrol sistem dan Otomatisasi Proses dalam dunia Industri, seperti halnya pengukuran untuk mengetahui suhu atau temperatur, pengukuran untuk mengetahui nilai tekanan/pressure, pengukuran untuk mengetahui tinggi permukaan benda dalam suatu wadah, pengukuran untuk mengetahui jumlah aliran atau debit, dan Aplikasi lainnya.

Setiap kegiatan pengukuran memerlukan suatu alat ukur, masing-masing kegiatan pengukuran yang kita butuhkan membutuhkan suatu alat ukur yang berbeda-beda pula.

Masing-masing alat ukur diciptakan untuk dapat digunakan sesuai dengan fungsi pengukurannya, dan pada awalnya, alat-alat ukur diciptakan memang tidak memiliki kelebihan atau fungsi lainnya selain hanya untuk melakukan pengukuran saja.

Padahal, kebutuhan dalam bidang pengukuran, biasanya diiringi juga dengan kebutuhan-kebutuhan akan berbagai fitur-fitur lainnya. Oleh karena itulah, setiap alat ukur terus mengalami perkembangan dan kemajuan-kemajuan seiring dengan tuntutan kebutuhan yang juga semakin berkembang.

Seiring dengan perkembangan zaman, Alat-alat ukur konvensional yang awalnya belum memiliki fitur-fitur tambahan kecuali hanya sebatas untuk alat ukur digantikan dengan berbagai macam Alat ukur modern yang memiliki berbagai kegunaan dan fungsi yang lebih canggih.

Beberapa Jenis Pengukuran didunia industri, antara lain:
  • Suhu (Temperature)
  • Tekanan (Pressure)
  • Tinggi rendah permukaan (Level)
  • Aliran,Debit (Flow)
  • Pencatat Data pengukuran (Recorder)

Mengenal Alat Instrument Transmitter dan kegunaannya

Berikut berbagai macam alat ukur dan perkembangannya sehingga alat ukur tersebut dapat memiliki fungsi yang lebih luas selain dari sebagai alat ukur biasanya.

A. Instrument pengukuran Suhu (Temperature)
instrument pengukuran suhu temperature transmitter
Kita mengenal alat ukur suhu yang biasa kita gunakan selama ini yang disebut Thermometer. Jika Thermometer pada awalnya hanya kita gunakan untuk mengetahui suhu atau temperatur suatu benda, kini mulai berkembang dan memiliki fungsi dan kegunaan yang lebih dari sekedar sebagai alat ukur.

Beberapa contoh alat ukur suhu yang sudah mengalami kemajuan dalam hal teknologi dan kegunaannya, antara lain:
  1. Temperature Transmitter
  2. Thermocouple
  3. RTD (Resistance Temperature Detector)

B. Instrument pengukuran Tekanan (Pressure)
berbagai alat ukur instrument transmitter lengkap dengan gambarnya
Alat ukur untuk mengetahui tekanan suatu benda cair/gas biasa dapat menggunakan alat yang disebut Pressure Gauge. Namun alat Pressure Gauge manual hanya bisa untuk mengukur besar suatu tekanan. Seiring dengan kebutuhan dan tuntutan akan teknologi, mulai diciptakan berbagai alat ukur tekanan yang lebih canggih, diantaranya:
  1. Pressure Transmitter
  2. Deltabar/Cerabar

C. Instrument pengukuran tinggi permukaan (Level)
apa saja alat ukur instrument transmitter
Alat ukur tinggi rendah permukaan benda dalam suatu wadah, biasanya menggunakan alat ukur yang disebut level meter manual. Alat yang lebih canggih diciptakan untuk memenuhi perkembangan teknologi di dunia industri, berikut beberapa contoh alat ukur level yang sudah memiliki teknologi maju :
  1. Level Transmitter
  2. Differential level Transmitter (DPT)
  3. Ultrasonic Sensor
  4. Level limit Switch (Liquiphant)

D. Instrument pengukuran Aliran (Flow)
mengenal alat ukur instrument flowmeter transmitter
Kita mengenal alat ukur aliran yang biasa digunakan yaitu Flowmeter kincir. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, alat flowmeter kincir manual mulai tergantikan dengan berbagai jenis Flow meter digital yang memiliki berbagai keunggulan dan fitur yang lebih lengkap dibanding dengan Flowmeter manual konvensional.

Berikut beberapa contoh alat ukur aliran / flow yang sudah lebih modern, antara lain :
  1. Flowmeter Transmitter
  2. Flowmeter magnetic
  3. Flowmeter massa
  4. Flowmeter Vortex
  5. Ultrasonic flowmeter

E. Instrument pencatat (Recorder)
berbagai jenis instrument transmitter
Seiring dengan kebutuhan dunia industri akan data pengukuran dari suatu alat ukur, dapat menggunakan alat Recorder. Dibawah ini beberapa contoh alat recorder yang lebih canggih dan dilengkapi berbagai keunggulan :
  1. Grafic Recorder Paper
  2. Memograph
Berbagai Alat Instrument automatis sensor & Alat ukur
Semoga Artikel Berbagai Alat Instrument automatis sensor & Alat ukur ini dapat memberikan manfaat buat kita semua, di Artikel selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan lebih detail satu persatu dari alat-alat tersebut diatas.

Posting Komentar untuk "Berbagai Alat ukur Instrument Transmitter"