Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambar Rangkaian Tombol On-Off di dua tempat atau lebih

Wiring diagram Tombol On Off mengoperasikan Motor dari dua tempat atau lebih, berikut penjelasannya. Membuat rangkaian Kabel untuk Tombol On/Off motor yang dapat dioperasikan dari dua tempat atau lebih, berikut Gambar rangkaian atau wiring diagramnya.

Gambar Rangkaian Pemasangan Tombol On-Off untuk Pengoperasian Motor dari dua tempat atau lebih

rangkaian dan cara memasang tombol on off motor yang dapat dioperasikan dari dua tempat atau lebih
Diagram Pengoperasian Motor dari dua tempat atau lebih
Pada setiap Panel Kendali Motor, atau Panel Starting Motor, dilengkapi dengan Tombol atau Push Button On dan Off yang berfungsi sebagai komponen alat untuk menyalakan atau mengoperasikan sebuah Motor listrik. dan umumnya Motor listrik dioperasikan dari satu temapt dengan menggunakan Tombol Push button On dan Off yang terpasang di Panel Kontrol Motor atau Panel MCC.

Namun, Mengingat Aplikasi dan keperluan yang berbeda-beda sesuai dengan kegunaannya khususnya di suatu industri, maka tak jarang suatu Elektro motor diharapkan dapat dioperasikan dari dua tempat atau lebih. sehingga pemasangan Push Button On/Off yang biasanya hanya dipasang di Panel kendali motor atau MCC (Motor Control Center), menjadi diperlukan tambahan pemasangan Tombol On/Off motor ditempat lainya, dengan tujuan untuk mempermudah Operator melakukan Kontrol dan memudahkan Pengoperasiannya. agar motor listrik dapat dioperasikan dari dua tempat atau lebih.

Mengapa Motor listrik perlu dioperasikan dari dua tempat atau lebih? Terdapat berbagai tujuan sehingga diperlukan pemasangan Tombol On-Off atau Tombol Starting untuk mengoperasikan Motor dari dua tempat atau lebih. Antara lain, untuk memudahkan Operator, Efisiensi tenaga kerja, untuk memudahkan Maintenance dan untuk memudahkan Kontrol terutama saat terjadi gangguan pada Mesin yang digerakkan oleh Motor tersebut.

Misalnya; Suatu mesin Conveyor di suatu Pabrik atau Industri, memiliki tombol On-off yang terpasang di Panel MCC, namun diperlukan juga pemasangan Tombol On - off dan atau Tombol Emergency Switch yang dipasang didekat mesin (Motor). ataupun ditempat lain selain di panel MCC.

Pemasangan Tombol On off di dua tempat atau lebih, bertujuan untuk memudahkan pengoperasian dan pengawasan, Sehingga jika terjadi kendala seperti misalnya Converyor yang mengalami gangguan seperti kelebihan beban (Overload), Mesin Sangkut atau Macet dan lain sebagainya.

Jika Tombol On Off hanya ada di Panel MCC tentunya akan lebih sulit untuk segera menghentikan pengoperasian Motor atau mesin Conveyor tersebut. Oleh karena itu diperlukan Tombol On-off atau Tombol Emergency yang terpasang didekat mesin (Motor), jika suatu waktu mesin mengalami kendala maka Operator dapat dengan mudah untuk menghentikan pengoperasian mesin tersebut.

Selain itu, hal ini bertujuan untuk saat melakukan maintenance pada motor atau mesin tersebut, maka dapat dengan mudah dilakukan pengujian pada mesin, Sambil memantau kondisi mesin atau Motor tersebut saat dioperasikan, karena terdapat Tombol On - off yang terpasang didekat mesin. Sehingga Mekanik tidak perlu jauh-jauh ke Panel MCC hanya untuk Menghidupkan atau mematikan Motor atau mesin yang sedang dilakukan maintenance atau Perawatan.


Demikianlah artikel mengenai Gambar rangkaian dan pemasangan Tombol untuk Pengoperasian Motor listrik dari dua tempat atau lebih, semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Gambar Rangkaian Tombol On-Off di dua tempat atau lebih"