Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Beda ELCB dan RCBO, berikut penjelasannya

Mengenal perbedaan ELCB dan RCBO, berikut penjelasannya, Bagi anda yang bekerja dibidang kelistrikan, ataupun bagi anda yang saat ini sedang belajar dibidang kelirtrikan, tentunya mengenal alat kelistrikan yang disebut dengan ELCB dan RCBO, Masing-masing alat ini memiliki fungsi sebagai alat proteksi terhadapa keselamatan saat terjadi kebocoran listrik pada suatu instalasi atau jaringan listrik. Namun tahukah anda Apa yang membedakan ELCB dan RCBO tersebut?

Apa Beda ELCB dan RCBO, berikut penjelasannya

penjelasan mengenai ELCB dan RCBO serta perbedaannya
Beda ELCB dan RCBO
ELCB
ELCB adalah singkatan dari "Earth Leakage Circuit Breaker", atau Alat Pemutus rangkaian listrik saat terjadi kebocoran listrik ke bumi/tanah pada suatu rangkaian listrik. ELCB merupakan salah satu Alat Proteksi yang berfungsi untuk mencegah terjadinya berbagai resiko keselamatan manusia saat tersentuh (tersengat) aliran listrik, atau juga berfungsi untuk mencegah kerusakan pada peralatan listrik atau bahkan kebakaran, yang diakibatkan adanya kebocoran listrik ke bumi.

RCBO
RCBO adalah singkatan dari "Residual current Circuit Breaker with Over current Protection", atau Alat Pemutus rangkaian listrik saat terjadi Arus residu (Kebocoran arus listrik) dan dilengkapi dengan Proteksi arus lebih. RCBO merupakan gabungan dua alat proteksi yakni MCB (Pemutus rangkaian saat terjadi Arus lebih) dan ELCB (Pemutus rangkaian saat terjadi kebocoran listrik ke bumi/tanah).

Seperti halnya ELCB, RCBO merupakan suatu Alat Proteksi yang berfungsi untuk mencegah terjadinya berbagai resiko keselamatan manusia saat tersentuh (tersengat) aliran listrik, atau juga berfungsi untuk mencegah kerusakan pada peralatan listrik atau bahkan kebakaran, yang diakibatkan adanya kebocoran listrik ke bumi.

Selain itu RCBO juga dapat berfungsi sebagai pembatas daya (Pemutus rangkaian Arus berlebih) saat terjadi Korsleting (Hubung singkat) atau saat pemakaian alat listrik melebihi dari batasan arus yang dimiliki RCBO tersebut.

Sehingga jika dibandingkan dengan ELCB, RCBO memiliki fungsi yang lebih baik dan lengkap dibanding ELCB. Namun sesuai dengan fungsinya, RCBO juga memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding ELCB.
Perbedaan ELCB dan RCBO
Perbedaan ELCB dan RCBO
Apa beda ELCB dan RCBO
ELCB dan RCBO memiliki perbedaan dari kelengkapan fungsinya masing-masing, RCBO memiliki fungsi yang lebih lengkap dibandingkan ELCB.

ELCB hanya memiliki fungsi sebagai alat pemutus rangkaian listrik saat terjadi Kebocoran Arus ke Bumi/tanah, sedangkan RCBO selain memiliki fungsi sebagai alat pemutus rangkaian listrik saat terjadi Kebocoran Arus ke Bumi/tanah, RCBO juga berfungsi sebagai Alat pembatas daya berlebih dan proteksi saat terjadi kelebihan arus akibat Short circuit.

Posting Komentar untuk "Apa Beda ELCB dan RCBO, berikut penjelasannya"