Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen dan diagram kelistrikan Diesel Engine Generator

Salah satu jenis pembangkit listrik yang paling banyak digunakan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), atau yang biasa disebut dengan istilah GENSET. Genset sebenarnya berasal dari Kata Generator Set, yakni Gabungan antara Generator dan mesin penggeraknya, dan mesin penggerak yang umum digunakan pada Genset adalah Mesin Diesel (Diesel Engine).
Sistem kelistrikan dan safety device mesin diesel Genset
Diagram Kelistrikan Mesin Diesel Genset
Mesin Diesel merupakan jenis mesin yang bekerja dengan mengubah proses pembakaran didalam ruang kompresi menjadi tenaga. Prinsip kerja Mesin Diesel yakni dengan memanfaatkan peningkatan suhu Gas (Oksigen) yang dikompresi dalam ruang hampa dan menghasilkan panas, yang kemudian gas panas tersebut dicampur dengan bahan bakar yang menyebabkan terjadinya proses pembakaran (Combustion) dan menghasilkan tenaga dorong (Stroke).

Mesin Diesel pada sebuah Generator dilengkapi dengan Sistem kelistrikan yang memiliki berbagai fungsi, tak hanya untuk Sistem Starter untuk menyalakan Mesin, selain itu juga berfungsi sebagai Safety Device (Perangkat proteksi) agar Mesin dapat beroperasi secara normal dan terlindung dari berbagai resiko kerusakan yang disebabkan karena adanya kondisi tidak normal, seperti Overheat, Low Oil Pressure, Over Speed dan sebagainya.

Sistem Kelistrikan Mesin Diesel Generator dan komponennya

Sistem Kelistrikan Mesin Diesel Generator dan komponennya
Diagram Kelistrikan Mesin Diesel pada Genset
Sistem Kelistrikan dan Safety Device Mesin Diesel Generator
Mesin Diesel pada generator dilengkapi dengan Sistem kelistrikan dan Safety device. Sistem kelistrikan pada mesin diesel berfungsi sebagai sistem Starter untuk menyalakan mesin, dan Sistem Charging Batere (Aki) untuk menjaga agar kondisi batere (Aki) selalu memiliki nilai tegangan normal.

Mesin Diesel pada Generator juga dilengkapi dengan beberapa Safety Device (Peralatan proteksi), yang memiliki berbagai fungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin akibat adanya kondisi yang tidak normal. Seluruh Instrument Sensor untuk Safety Device di koneksikan ke Fuel Shut Off Valve (Kran bahan bakar utama), jika terjadi gangguan maka sensor akan bekerja memutuskan aliran listrik ke Solenoid Fuel Shut Off Valve, dan Mesin Genset pun akan Berhenti beroperasi, untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih fatal pada Mesin.

Komponen sistem kelistrikan mesin diesel generator

A. Electric Starting System
Diagram Sistem kelistrikan, sistem starter, Safety device dan Komponen pada Mesin Diesel Genset
  • Kunci kontak (Ignition Switch)
  • Sekring (Fuse)
  • Relay Starter (Starter Relay)
  • Batere (Accu)
  • Dinamo Start (Starter Motor)
  • Dinamo Cas (Charging Alternator)

B. Electric Safety Devices System
Diagram Sistem kelistrikan, sistem starter, Safety device dan Komponen pada Mesin Diesel Genset
  • Emergency Stop
  • Over Speed Trip
  • Water Level Switch
  • Low Oil Pressure Switch
  • High Temperature Switch

Posting Komentar untuk "Komponen dan diagram kelistrikan Diesel Engine Generator"