Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Fenomena Alam; Definisi dan penjelasannya

Apa yang dimaksud dengan Fenomena Alam, dan Apa saja Contoh dari Fenomena Alam, berikut penjelasannya. Terdapat berbagai contoh Fenomena Alam yang dapat kita jumpai, seperti misalnya Musim, Cuaca, Gerhana, Petir, dan sebagainya, Apa beda Fenomena Alam dengan Bencana Alam?, Meski Bencana Alam termasuk sebagai Fenomena Alam, Namun tidak semua Fenomena Alam termasuk sebagai Bencana Alam.

Apa yang dimaksud dengan Fenomena Alam, dan apa saja Contohnya

pengertian fenomena alam dan contohnya
Pengertian dan Contoh Fenomena Alam
Fenomena Alam
Definisi Fenomena Alam
Fenoma Alam atau biasa disebut juga dengan Peristiwa Alam, Merupakan Peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika, dan bukan merupakan kejadian yang diciptakan oleh manusia, meskipun Fenomena alam dapat memberi dampak pada manusia (misalnya bakteri, penuaan, bencana alam, dan sebagainya).

Beberapa contoh dari fenomena alam secara umum, termasuk; letusan gunung berapi, cuaca, iklim dan pembusukan. Sebagian besar fenomena alam tidak berbahaya, seperti misalnya; hujan. Sedangkan Fenomena alam lainnya, seperti letusan gunung berapi, tsunami dan tornado, dianggap berbahaya dan dapat menimbulkan kerusakan atau bahkan dapat membahayakan keselamatan manusia, dan jenis Fenomena Alam yang berbahaya termasuk sebagai Bencana Alam.

Fenomena adalah hal yang luar biasa dalam kehidupan di dunia dan dapat terjadi dengan tidak terduga dan tampak mustahil dalam pandangan manusia.

Fenomena Alam dan Bencana Alam memiliki perbedaan, jika diihat dari Dampak yang ditimbulkannya. Tidak semua Fenomena Alam merupakan Bencana Alam. Namun sebaliknya, Segala Jenis Bencana Alam termasuk sebagai Fenomena Alam.

Seperti Misalnya Hujan, merupakan salah satu contoh dari Fenomena Alam dan bukan termasuk Bencana alam, jika hujan yang terjadi masih dalam intensitas normal. Namun jika Hujan berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan terus menerus dengan instensitas yang melebihi batasan normal, dapat menyebabkan bencana Alam yakni Banjir, tanah longsor, dan sebagainya.

Sedangkan Seluruh Bencana alam, seperti Banjir, Gempa bumi, Gunung meletus, Tsunami, Kekeringan, Tanah longsor, dan bencana alam lainnya termasuk sebagai Fenomena Alam.


Contoh Fenomena Alam

A. Fenomena Alam yang bukan termasuk sebagai Bencana Alam
Berikut beberapa contoh Fenomena Alam yang bukan termasuk bencana alam, antara lain:
Penuaan, Pembusukan, Bakteri, Cuaca, Musim, Panas, Dingin, Siang, Malam, Kemarau, Hujan, Angin, Pelangi, Aurora, Gerhana Bulan, Gerhana Matahari, Salju, Pasang Naik, Pasang Surut, Petir, dan sebagainya.

B. Fenomena Alam yang termasuk sebagai Bencana Alam
Berikut beberapa contoh bencana alam, Jika Fenomena Alam yang terjadi mengakibatkan kerugian pada Makhluk hidup, maka disebut dengan Bencana Alam, seperti misalnya Kemarau berkepanjangan yang mengakibatkan Kekeringan, Hujan Deras terus menerus dan mengakibatkan Banjir, Sambaran Petir yang mengakibatkan kerusakan, Angin Topan, Tornado, Gempa Bumi, Gunung Meletus, Tsunami, dan bencana Alam lainnya.

Seluruh Bencana Alam termasuk kedalam Fenomena Alam, sedangkan Fenomena Alam belum tentu merupakan Bencana Alam.

Posting Komentar untuk "Contoh Fenomena Alam; Definisi dan penjelasannya"