Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muatan Listrik pada susunan Atom

Atom memiliki muatan listrik yang merupakan muatan dasar dari Atom, yakni Proton dan Elektron, sedangkan bagian atom yang tidak bermuatan listrik disebut dengan Neutron. Apa nama bagian Atom yang tidak bermuatan listrik?, Apa saja Muatan dasar yang terdapat pada Atom?, Partikel Atom yang bermuatan listrik?

muatan listrik proton, elektron, neutron
Proton, Elektron, Neutron
Definisi Atom
Apa yang dimaksud dengan Atom?
Atom merupakan bagian atau partikel terkecil dari suatu zat atau benda, kata Atom berasal dari bahasa Yunani yakni Atomos yang berarti sesuatu yang sudah tidak dapat dipisahkan atau dibagi-bagi lagi.

Pada bagian Atom terdapat muatan proton dan neutron yang berada di bagian inti atom, sedangkan muatan elektron berada dibagian luar (kulit) inti atom, yang mengelilingi inti tersebut.

Muatan Dasar Atom
Atom memiliki Muatan Listrik yang merupakan muatan dasar dari inti atom itu sendiri. Susunan Atom terdiri dari tiga bagian dasar, yakni Proton, Elektron dan Neutron.
  • Proton
  • Elektron
  • Neutron

Muatan Listrik yang merupakan Partikel Atom

Atom merupakan Partikel terkecil dari suatu zat atau benda, dan tidak dapat di uraikan atau dibagi-dibagi lagi. Didalam Atom terdapat 3 jenis partikel subatomik, yang merupakan Muatan dasar yakni Proton dan Elektron yang merupakan jenis Muatan Listrik, sedangkan Neutron memiliki sifat netral atau tidak bermuatan.

Proton (p+)
Proton termasuk bagian dari susunan Atom yang letaknya berada di bagian Inti Atom. Proton merupakan partikel subatomik yang biasa disimbolkan dengan (P+), dan memiliki muatan listrik Positif. Proton memiliki jumlah yang sama dengan jumlah Neutron dalam tiap bagian Atom. dan kumpulan Proton dan Neutron dalam jumlah yang sama tersebut disebut dengan Nukleon.

Istilah Proton berasal dari bahasa Yunani yang artinya "Pertama", dan dikenalkan pertama kalinya oleh Ernest Rutherford, seorang fisikawan berkebangsaan Inggris.

Elektron (e−)
Elektron merupakan bagian dari susunan Atom, berbeda dengan Proton dan Neutron yang letaknya berada pada bagian inti Atom, sedangkan Elektron berada di bagian luar (kulit Inti Atom). Elektron merupakan partikel subatomik yang biasa disimbolkan dengan (e−), dan memiliki muatan listrik negatif.

Istilah Elektron pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuwan bernama George Johnstone Stoney, pada tahunn 1894, lalu kemudian Elektron dapat diidentifikasi sebagai salah satu Partikel Atom oleh seorang ilmuwan bernama J.J Thomson, pada tahun 1897.

Neutron (n)
Neutron merupakan bagian dari susunan Atom (Partikel subatomik), Neutron berada di bagian Inti Atom bersama dengan Proton. Elektron merupakan partikel subatomik yang biasa disimbolkan dengan (n), dan tidak bermuatan (Netral). Neutron memiliki jumlah yang sama dengan jumlah Proton dalam tiap bagian Atom. dan gabungan antara Proton dan Neutron dalam jumlah yang sama tersebut disebut dengan Nukleon.

Penemuan Neutron ini berawal dari penelitian Ernest Rutherford, (fisikawan berkebangsaan Inggris), yang menduga bahwa masih ada partikel lainnya selain Proton dan Elektron, didalam suatu inti atom. kemudian pada tahun 1932, hal ini dibuktikan oleh James Chadwick, bahwa adanya partikel lainnya yang tidak bermuatan (netral), dan partikel subatomik tersebut disebut dengan Neutron.

Posting Komentar untuk "Muatan Listrik pada susunan Atom"