Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Jenis Pembangkit listrik yang ada di Indonesia, dan Penjelasannya

Perlu kita ketahui bahwa sebutan sebenarnya untuk Alat atau mesin yang dapat menghasilkan Listrik adalah Generator dan terdapat bagian utama pada suatu Generator disebut dengan Alternator, namun kita sering menyebut suatu alat pembangkit listrik dengan sebutan Genset (Generator Set).

Kenapa Pembangkit listrik biasa disebut dengan Genset?

Pembangkit listrik biasa disebut dengan istilah "Genset" (Generator Set), karena pembangkit listrik atau Generator tersebut sudah dilengkapi dengan Sistem Penggerak (Set Generator dan Penggeraknya), sehingga disebut dengan Genset, dan Penggerak Generator yang paling sering kita jumpai adalah Genset Diesel atau Pembangkit listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Selain Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Terdapat berbagai jenis Pembangkit listrik lainnya yang ada di Indonesia, Namun Selain Jenis Pembangkit Listrik Tenaga Surya sistem Fotovoltaik, Berbagai Jenis Pembangkit Listrik lainnya adalah listrik yang berasal dari sebuah Generator yang digerakkan dengan berbagai jenis sumber tenaga penggerak, misalnya PLTA atau Pembangkit Listrik tenaga air, bukan berarti Air dapat menghasilkan Listrik, Namun Tenaga dari Aliran Air dimanfaatkan untuk Menggerakkan Generator, dan tetap Generator lah yang dapat menghasilkan Listrik, begitu juga dengan Pembangkit Listrik tenaga Uap, Tenaga gas, Tenaga Angin, dan lainnya.

7 Jenis Pembangkit Listrik yang ada di Indonesia

berbagai-jenis-pembangkit-listrik-yang-ada-di-indonesia
Jenis-jenis Pembangkit Listrik
1. PLTD
PLTD atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel, Merupakan Suatu Jenis Pembangkit Listrik (Generator) yang digerakkan menggunakan Tenaga Mesin berbahan bakar Solar (Diesel), Pembangkit Listrik dengan Penggerak Mesin Diesel ini Merupakan Jenis Pembangkit Listrik yang paling banyak digunakan dengan skala daya yang tidak terlalu besar, baik untuk Penggunaan Industri, Komersil, Maupun Kalangan perseorangan.

PLTD yang ada di Indonesia
Beberapa PLTD dengan Daya yang cukup besar yang ada di Indonesia, antara lain:
(PLTD Banua Lima, PLTD Karimunjawa, PLTD Seberang Barito, PLTD Trisakti)

2. PLTA
PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, Merupakan Suatu Jenis Pembangkit Listrik (Generator) yang digerakkan menggunakan Tenaga Aliran Air. Pembangkit Listrik dengan Tenaga penggerak Air merupakan salah satu jenis pembangkit listrik dengan biaya operasional yang cukup murah, selain itu Tenaga Air merupakan Energi yang terbaharui dan tidak terbatas.

Sistem kerja PLTA yakni dengan memanfaatkan Tenaga air yang berasal dari Air terjun maupun aliran air sungai yang cukup deras yang kemudian digunakan untuk menggerakkan Kincir yang terhubung ke Poros Generator.

PLTA yang ada di Indonesia
Beberapa PLTA yang ada di Indonesia, antara lain:
(PLTA Peusangan, PLTA Sipansihaporas, PLTA Asahan I, PLTA Sigura-gura, PLTA Tangga, PLTA Batang Agam, PLTA Maninjau, PLTA Singkarak, PLTA Tes, PLTA Musi, PLTA Koto Panjang, PLTA Besai, PLTA Batutegi, PLTA Ubrug, PLTA Bengkok, PLTA Cibadak, PLTA Cikalong, PLTA Saguling, PLTA Jatiluhur, PLTA Lamajan, PLTA Parakan Kondang, PLTA Plengan, PLTA Cirata/Unit Pembangkitan Cirata, PLTA Jelok, PLTA Timo, PLTA Ketenger, PLTA Gajah Mungkur, PLTA Sempor, PLTA Pejengkolan, PLTA Wadaslintang, PLTA Garung, PLTA Mrica, PLTA Kedung Ombo, PLTA Sidorejo, PLTA Klambu, PLTA Mendalan, PLTA Siman, PLTA Giringan, PLTA Selorejo, PLTA Karangkates, PLTA Wlingi, PLTA Lodoyo, PLTA Sengguruh, PLTA Tulung Agung, PLTA Tulis, PLTA Sutami/Unit Pembangkitan Brantas, PLTA Riam Kanan, PLTA Tonsea Lama, PLTA Tanggari I, PLTA Tanggari II, PLTA Larona, PLTA Balambano, PLTA Karebbe, PLTA Bakaru, PLTA Sulewana-Poso I, PLTA Sulewana-Poso II, PLTA Sulewana-Poso III).

3. PLTU
PLTU atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Merupakan Suatu Jenis Pembangkit Listrik (Generator) yang digerakkan menggunakan Tenaga atau Tekanan Uap.

Sistem kerja dari PLTU adalah dengan Cara Memanaskan Air dengan menggunakan Boiler, dan Panas yang digunakan untuk mengubah Air menjadi Uap berasal dari berbagai jenis bahan bakar seperti Batubara, Minyak, Cangkang/ Fibre dari Buah Sawit, dan bahan bakar lainnya. Setelah air dididihkan hingga menjadi Uap dengan tekanan tertentu kemudian dialirkan melalui Pipa menuju Turbin Uap, untuk Memutar Kisi-kisi Turbin yang terhubung ke Poros Generator.

PLTU menjadi alternatif Jenis pembangkit yang banyak digunakan, karena termasuk salah satu Jenis Pembangkit listrik dengan biaya operasional yang cukup murah, meski biaya Invetasi awalnya tergolong cukup mahal.

PLTU yang ada di Indonesia
(PLTU 3 Jawa Timur, PLTU 2 Jawa Barat, PLTU 1 Jawa Tengah, PLTU Paiton Swasta I, PLTU Paiton Swasta II, Unit Pembangkitan Paiton, PLTU 2 Jawa Timur, PLTU 1 Jawa Timur, PLTU Tarahan, PLTU Semarang, PLTU Suralaya, PLTU Sukabangun, PLTU Asam Asam, PLTU Embalut, PLTU Priok, Unit Pembangkitan Muara Karang, PLTU 1 Jawa Barat, PLTU PT Krakatau Daya Listrik, PLTU Karangkandri, PLTU Cilacap, PLTU 2 Jawa Tengah, PLTU Lati, PLTU 2 Kalimantan Barat, PLTU Lau Renun, PLTU Punggur, PLTU Jeneponto Bosowa Energi, PLTU 1 Banten, PLTU 2 Banten, PLTU 3 Banten, PLTU Tanjung Jati B, PLTU NAD, PLTU 2 Sumatra Utara, PLTU Sumatra Barat, PLTU 3 Bangka Belitung, PLTU 4 Bangka Belitung, PLTU 1 Riau, PLTU 2 Riau, PLTU Kepulauan Riau, PLTU Lampung, PLTU 1 Kalimantan Barat, PLTU Pulang Pis@u, PLTU Amurang I-II, PLTU Nii Tanasa, PLTU Barru, PLTU Punagaya, PLTU Molotabu, PLTU Maluku, PLTU Maluku Utara, PLTU 1 NTB, PLTU 2 NTB, PLTU 1 NTT, PLTU 2 NTT, PLTU 1 Papua, PLTU 2 Papua).

4. PLTG
PLTG atau Pembangkit Listrik Tenaga Gas, merupakan Pembangkit listrik yang memanfaatkan Tekanan Gas yang berasal dari udara yang mengalami proses Kompresi terlebih dahulu sehingga menjadi Udara panas bertekanan dan dialirkan untuk Memutar Turbin generator, dan beberapa jenis Pembangkit Listrik yang memanfaatkan tenaga Gas, yakni:
  • PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
  • PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap)
  • PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas)
PLTGU adalah penggabungan antara PLTG dan PLTU, Gas panas hasil buangan dari PLTG dimanfaatkan kembali untuk Memanaskan Air di Boiler dan mengubah air menjadi Uap bertekanan untuk PLTU.

Sedangkan PLTMG atau Pembangkit Listrik tenaga Mesin Gas sama dengan PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel), namun di PLTMG mesin Penggerak Generator menggunakan bahan bakar Gas.

PLTG yang ada di Indonesia
(PLTG Cikarang, PLTG Karimunjawa, PLTG Plengan, PLTG Sunyaragi, Unit Pembangkitan Gresik, PLTG Batanghari, PLTG Trisakti, PLTGU Tanjung Batu, Unit Pembangkitan Talang Duku, Unit Pembangkitan Muara Tawar, Unit Pembangkitan Perak Grati, PLTMG Peaker Sei Gelam, PLTMG Batanghari).

5. PLTP
PLTP atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi, Merupakan Pembangkit listrik yang memanfaatkan Panas bumi ataupun Uap bertekanan dari perut bumi.

Sistem kerja PLTP yang memanfaatkan panas bumi, mirip dengan PLTU, yakni energi panas dari perut bumi dialirkan ke Boiler untuk memanaskan air dan mengubahnya menjadi Uap bertekanan dan dialirkan untuk memutar Turbin Generator, sedangkan sebagian PLTP yang memanfatkan Uap bertekanan dari perut bumi dapat langsung digunakan untuk memutar turbin uap tanpa proses Boiler.

PLTP yang ada di Indonesia
(PLTP Geo Dipa Unit Dieng, PLTP Gunung Salak, PLTP Kamojang, PLTP Wayang Windu)

6. PLTS
PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Merupakan Pembangkit listrik yang memanfaatkan Panas atau Sinar Matahari, dan terdapat dua cara Menghasilkan Listrik dengan tenaga matahari, yakni  cara Thermal ataupun Fotovoltaik.

Untuk PLTS dengan cara Thermal memiliki prinsip kerja yang sama dengan PLTU, namun PLTS memanfaatkan panas matahari untuk mengubah Air menjadi Uap bertekanan dan tekanan Uap dialirkan untuk memutar Turbin Generator.

Sedangkan PLTS dengan sistem Fotovoltaik, berbeda dengan Jenis Pembangkit Listrik lainnya, karena Pembangkit Listrik ini tidak menggunakan Generator untuk menghasilkan Listrik, Pembangkit Listrik Tenaga Surya sistem Fotovoltaik memanfaatkan Energi matahari yang dipancarkan ke alat tersebut dan mengubahnya menjadi Energi Listrik.

PLTS yang ada di Indonesia
(PLTS Cirata, PLTS Kayubihi, PLTS Kubu, PLTS Gili Trawangan, PLTS Gili Meno, PLTS Gili Air, PLTS Oelpuah, PLTS Raijua, PLTS Nule, PLTS Pura, PLTS Solor Barat, PLTS Kabaena Timur, PLTS Likupang, PLTS Kelang Tahalupu, PLTS Pulau Tiga/Nusa Telu, PLTS Banda Naira, PLTS Pulau Panjang, PLTS Manawoka, PLTS Tioor, PLTS Kur, PLTS Kisar, PLTS Wetar, PLTS Daruba, PLTS di Pulau Medang, Sekotok, Moyo, Bajo Pulo, Maringkik, dan Lantung).

7. PLTB
PLTB atau Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Angin), Merupakan Suatu Jenis Pembangkit Listrik (Generator) yang digerakkan menggunakan Tenaga Hembusan Angin alami. Pembangkit Listrik dengan Tenaga penggerak Angin merupakan salah satu jenis pembangkit listrik dengan biaya operasional yang cukup murah, selain itu Tenaga Angin merupakan Energi yang tidak terbatas, Namun kelemahannya adalah diperlukan Kincir angin dengan ukuran besar dan jumlah yang banyak untuk menghasilkan Daya listrik yang cukup besar, sehingga biaya Investasinya juga sangat tinggi.

Sistem kerja PLTB yakni dengan memanfaatkan Tenaga Angin yang berasal dari Alam, dan digunakan untuk memutar Kincir angin yang terhubung ke Poros Generator.

PLTB yang ada di Indonesia
(PLTB Nusa Penida, PLTB Sidrap, PLTB Tolo 1 Jeneponto)

Posting Komentar untuk "Berbagai Jenis Pembangkit listrik yang ada di Indonesia, dan Penjelasannya"