Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghitung Total Hambatan Resistor Rangkaian Seri, Paralel dan Campuran

Nilai Resistan (hambatan) pada sebuah Resistor dapat diukur dengan Menggunakan alat ukur Ohmmeter, atau dengan menggunakan Multitester. Untuk Resistor yang dilengkapi kode warna dapat diketahui nilai hambatannya (Ohm) dengan membaca kode warna yang tertera pada resistor tersebut.

Selain menggunakan Alat Ohmmeter, Resistor yang terhubung secara Seri, Paralel maupun Campuran, juga dapat dihitung menggunakan Rumus perhitungan Total Resistan pada Rangkaian Seri, Paralel dan Campuran.
cara menghitung nilai hambatan resistor dalam rangkaian seri, paralel dan campuran
Menghitung total hambatan resistor
Lalu bagaimana Rumus dan cara menghitung Total Hambatan (Ohm), jika beberapa resistor terhubung secara Seri, Paralel atau Gabungan keduanya (Campuran).

Total Hambatan beberapa Resistor yang yang dihubungkan dengan rangkaian Seri, akan berbeda nilainya dengan Rangkaian Paralel, begitu juga dengan Nilai Hambatan pada rangkaian Seri Paralel (Campuran).
Rangkaian Seri adalah Susunan beberapa komponen yang dihubungkan satu dengan lainnya secara berurutan, sehingga aliran listrik akan melewati salah satu komponen terlebih dahulu sebelum dialirkan pada komponen selanjutnya.
Rangkaian Paralel adalah Susunan beberapa komponen yang dihubungkan satu dengan lainnya secara sejajar, sehingga seluruh komponen akan mendapatkan aliran listrik yang sama.
Begitu juga dengan Resistor, Total Nilai Hambatan beberapa Resistor yang dihubungkan secara Seri akan lebih besar, dibanding jika beberapa Resistor yang sama dihubungkan secara Paralel, Benarkah demikian?

RUMUS TOTAL HAMBATAN RESISTOR, RANGKAIAN SERI, PARALEL DAN CAMPURAN

Untuk lebih memahami bagaimana cara menghitung total hambatan beberapa Resistor yang dihubungkan secara Rangkaian Seri, Paralel dan Seri Paralel (Campuran), berikut ini Rumus dan contoh perhitungannya.

A. RUMUS TOTAL RESISTAN PADA RANGKAIAN SERI
Rumus menghitung total resistan pada rangkaian seri

CONTOH PERHITUNGAN
Sebanyak 4 buah Resistor dihubungkan secara Seri, dan masing-masing Resistor memiliki nilai hambatan yang berbeda-beda, yaitu:
  • R1 = 4 Ohm
  • R2 = 16 Ohm
  • R3 = 32 Ohm
  • R4 = 64 Ohm
Pertanyaannya: Berapa Nilai Total Resistan (Rt) dari beberapa resistor yang terhubung secara seri tersebut?

Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Seri:
Rt = R1 + R2 + R3 +..............dst
Rt = R1 + R2 + R3 + R4
Rt = 4 ohm + 16 ohm + 32 ohm + 64 ohm
Rt = 116 ohm

Jadi Nilai Hambatan dari 4 buah Resistor yang terhubung secara seri diatas, adalah 116 Ohm, jika kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut dengan 1 buah Resistor, maka dapat menggunakan 1 buah Resistor 116 Ohm, karena nilainya sama (Ekuivalen).

Lalu, berapa Nilai total resistan dari keempat Resistor tersebut jika dihubungkan secara Paralel?

B. RUMUS TOTAL RESISTAN PADA RANGKAIAN PARALEL
Rumus menghitung total resistan pada rangkaian paralel

CONTOH PERHITUNGAN
Sebanyak 4 buah Resistor dihubungkan secara Paralel dalam satu rangkaian, dan masing-masing Resistor memiliki nilai hambatan yang berbeda-beda, yaitu:
  • R1 = 4 Ohm
  • R2 = 16 Ohm
  • R3 = 32 Ohm
  • R4 = 64 Ohm
Pertanyaannya: Berapa Nilai Total Resistan (Rt) dari beberapa resistor yang terhubung secara Paralel tersebut?

Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Paralel:
Rt = 1 / ((1/R1) + (1/R2) + (1/R3) +.......dst))
Rt = 1/((1/R1) + (1/R2) + (1/R3) + (1/R4))
Rt = 1/((1/4) + (1/16) + (1/32) + (1/64))
Rt = 1/((1/4) + (1/16) + (1/32) + (1/64))
Rt = 1/((16/64) + (4/64) + (2/64) + (1/64))
Rt = 1/(23/64)
Rt = 64/23
Rt = 2,78 Ohm

Jadi Nilai Hambatan dari 4 buah Resistor yang terhubung secara Paralel diatas, adalah 2,78 Ohm, jika kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut dengan hanya 1 buah Resistor dapat menggunakan Resistor 2,78 Ohm, karena nilainya sama (Ekuivalen).

Lalu, berapa Nilai total resistan dari keempat Resistor tersebut jika dihubungkan secara Seri dan Paralel (Campuran)?

C. RUMUS TOTAL RESISTAN PADA RANGKAIAN CAMPURAN (SERI-PARALEL)
rumus menghitung nilai tahanan total resistor pada rangkaian campuran

CONTOH PERHITUNGAN
Terdapat 4 Buah Resistor (R1, R2, R3, R4) yang terhubung pada suatu Rangkaian Campuran (Seri Paralel), Resistor R1 dan R2 dihubungkan secara Paralel, sedangkan Resistor R3 dan R4 dihubungkan secara Seri, keempat Resistor tersebut terhubung dalam satu rangkaian, dan masing-masing Resistor memiliki nilai hambatan yang berbeda-beda, yaitu:
  • R1 = 4 Ohm
  • R2 = 16 Ohm
  • R3 = 32 Ohm
  • R4 = 64 Ohm
Pertanyaannya: Berapa Nilai Total Resistan (Rt) dari beberapa resistor yang terhubung secara Campuran (Seri dan Paralel) tersebut?

Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Campuran (Seri Paralel):
Rt = R1 + R2 + ((1/(1/R3)+(1/R4))
Rt = R1 + R2 + ((1 / (1/R3)+(1/R4))
Rt = 4 + 16 + ((1 / (1/32)+(1/64))
Rt = 4 + 16 + ((1 / (2/64)+(1/64))
Rt = 4 + 16 + ((1 / (3/64))
Rt = 4 + 16 + (64/3)
Rt = 4 + 16 + 21,3
Rt = 41,3 Ohm

Jadi Nilai Total Hambatan dari 4 buah Resistor yang terhubung secara Seri dan Paralel, dalam satu rangkaian diatas, adalah 41,3 Ohm, jika kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut dengan 1 buah Resistor dapat menggunakan Resistor 41,3 Ohm, karena nilainya sama (Ekuivalen).


Demikianlah,Rumus dan contoh perhitungan Nilai Hambatan Total Beberapa Resistor yang terhubung dalam satua Rangkaian Seri, Paralel maupun Campuran.

Posting Komentar untuk "Menghitung Total Hambatan Resistor Rangkaian Seri, Paralel dan Campuran"