Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Saklar ganda dan Saklar Tunggal untuk 2 buah Lampu

Kita bisa menggunakan 1 buah saklar tunggal untuk 2 buah lampu (Lampu menyala bersamaan), atau menggunakan 1 buah saklar ganda, atau bisa juga dengan menggunakan 2 buah saklar tunggal untuk 2 buah lampu. Lalu cara mana yang lebih efektif?

Memasang Saklar Ganda dan Saklar Tunggal untuk dua buah Lampu

memasang kabel untuk saklar tunggal dan ganda
2 Jenis Terminal kabel pada Saklar Ganda

A. Cara memasang 1 buah saklar tunggal untuk 2 buah lampu
panduan cara memasang saklar untuk dua buah lampu

B. Cara memasang 2 buah saklar tunggal untuk 2 buah lampu
Gambar rangkaian saklar dan lampu

C. Cara memasang saklar ganda untuk 2 buah lampu
cara memasang saklar ganda untuk dua buah lampu

Cara pemasangan saklar ganda dengan saklar tunggal tidaklah terlalu banyak perbedaan, hanya terdapat satu penambahan kabel output (keluaran) menuju satu lampu lagi untuk pemasangan saklar ganda untuk 2 buah lampu.

Jika pada saklar tunggal hanya memerlukan pemasangan dua buah kabel, yaitu 1 kabel disambungkan ke kabel fasa langsung dari sumber instalasi listrik menuju terminal input saklar, dan satu kabel lagi dipasang pada terminal output saklar menuju fiting lampu.

Sedangkan pemasangan saklar ganda (saklar double), memerlukan 3 buah kabel, yaitu:
1 kabel disambungkan ke kabel fasa langsung dari sumber instalasi listrik menuju terminal input saklar, dan 2 kabel lagi dipasang pada masing-masing terminal output saklar menuju ke masing-masing fiting lampu.

Keuntungan menggunakan Saklar Ganda
Saklar Ganda adalah suatu alat listrik yang berfungsi untuk menyambung atau memutuskan aliran listrik menuju Lampu atau peralatan listrik lainnya, dan memiliki 2 terminal output yang dapat digunakan secara terpisah.

Sebenarnya, kita bisa saja menggunakan saklar tunggal untuk menyalakan 2 buah lampu, namun kekurangannya adalah, jika kita menggunakan saklar tunggal untuk 2 buah lampu, saat saklar dinyalakan maka secara bersamaan dua buah lampu tersebut akan menyala, begitu juga saat saklar dipadamkan, maka secara bersamaan pula kedua buah lampu tersebut akan padam.

Atau bisa saja kita menggunakan saklar tunggal 2 buah untuk 2 buah lampu, masing-masing lampu dinyalakan dengan satu saklar tunggal.

Berbeda dengan saklar ganda, karena pada saklar ganda terdapat dua tombol yang dapat digunakan secara terpisah untuk menyalakan atau memadamkan masing-masing lampu.

Kenapa harus menggunakan saklar ganda?
Tentu ada alasan mengapa kita harus menggunakan Saklar Ganda untuk 2 buah lampu, meskipun sebenarnya menggunakan saklar tunggal untuk 2 buah lampu juga bisa dilakukan.

Terdapat beberapa alasan mengapa kita menggunakan saklar ganda untuk menyalakan 2 buah lampu, yaitu:

1. Lebih hemat biaya
Pemasangan saklar ganda untuk menyalakan 2 buah lampu, tentu lebih hemat biaya, dibandingkan jika harus menggunakan 2 buah saklar tunggal untuk 2 buah lampu, karena harga satu buah saklar ganda tentu lebih murah dibanding harus membeli 2 buah saklar tunggal, dan disamping itu juga kebutuhan kabel untuk pemasangan saklar ganda akan lebih sedikit dibandingkan dengan memasang 2 buah saklar tunggal untuk 2 buah lampu.

2. Pekerjaan lebih cepat dan mudah
Pemasangan saklar ganda akan lebih cepat dan mudah jika dibanding dengan memasang 2 buah saklar tunggal untuk 2 buah lampu.

Pemasangan satu buah saklar ganda hanya memerlukan pembuatan 1 buah lubang di dinding, sedangkan pemasangan 2 buah saklar tunggal memerlukan pembuatan 2 buah lubang di dinding.

Karena pemasangan kabel pada saklar ganda lebih sedikit, tentunya pekerjaannya akan lebih cepat dan mudah.

3. Hemat tempat
Pemasangan satu buah saklar ganda akan lebih menghemat tempat pemasangan saklar di dinding, dibanding dengan pemasangan 2 buah saklar tunggal.

4. Hemat listrik
Tentu anda akan bertanya-tanya, mengapa dengan menggunakan saklar ganda akan Hemat listrik?

Hemat listrik disini maksudnya adalah jika kita lebih memilih menggunakan saklar ganda dibandingkan dengan menggunakan saklar tunggal untuk 2 buah lampu.

Sebagian orang biasa menggunakan saklar tunggal untuk menyalakan 2 buah lampu, tentu hal ini memiliki kekurangan jika dibanding dengan menggunakan saklar ganda.

Memang kita bisa juga menggunakan satu buah saklar tunggal untuk 2 buah lampu, tanpa harus menggunakan saklar ganda, namun tentunya hal ini memiliki beberapa perbedaan, yaitu:

Jika kita menggunakan satu buah saklar tunggal untuk menyalakan 2 buah lampu, kedua buah lampu akan menyala dan padam bersamaan, sehingga kita tidak dapat memadamkan atau menyalakan satu buah lampu, untuk tujuan penghematan listrik.

Dengan menggunakan saklar ganda untuk 2 buah lampu, maka kita dapat memilih untuk menyalakan satu atau dua buah lampu, pada saat-saat tertentu kita bisa mengurangi penggunaan listrik dengan mengurangi jumlah lampu yang menyala sehingga lebih hemat listrik.


Dari penjelasan diatas mengenai pemasangan saklar untuk 2 buah lampu, anda dapat menentukan pilihan mana yang terbaik menurut anda, apakah menggunakan saklar ganda atau saklar tunggal.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Saklar ganda dan Saklar Tunggal untuk 2 buah Lampu"