Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Photo cell (sensor cahaya) untuk lampu penerangan

Petunjuk cara Pemasangan lampu penerangan otomatis dengan sensor cahaya (Fotosel)
Saat kita memasang lampu penerangan untuk menerangi taman, teras, jalan, dan area luar ruangan lainnya, kita tentu merasa terganggu jika harus keluar rumah hanya sekedar untuk menyalakan lampu tersebut di malam hari dan memadamkannya saat cahaya sudah terang di pagi hari.

Sebenarnya anda tidak perlu direpotkan dengan hal tersebut, karena anda dapat membuat lampu tersebut bekerja secara otomatis, lampu akan menyala di malam hari atau jika cahaya di luar sudah mulai gelap, serta lampu akan padam dengan sendirinya saat pagi hari cahaya diluar sudah mulai terang.

Bagaimana caranya agar Lampu penerangan dapat menyala dan padam secara otomatis?

Lampu menyala Otomatis menggunakan Photo Cell

Caranya sederhana, yaitu dengan membuat rangkaian lampu otomatis, cukup dengan memasang rangkaian sederhana dengan menggunakan sensor cahaya yang disebut dengan Photo Controls atau Potosel.

Photo controls (Fotocell) adalah sebuah alat elektronik yang bekerja berdasarkan sensor intensitas cahaya yang diterimanya.

Saat Photo controls (Fotocell) tersebut terkena cahaya yang cukup terang, maka secara otomatis alat tersebut akan memutuskan sumber listrik yang menuju lampu penerangan, sehingga lampu akan padam dengan sendirinya.

Saat Photo controls (Fotocell) tersebut mendapatkan cahaya gelap (Kurang terang), maka secara otomatis alat tersebut akan terhubung dan mengalirkan sumber listrik yang menuju lampu penerangan, sehingga lampu akan menyala dengan sendirinya.

Photo Cell pengganti Saklar
Jika sebelumnya lampu penerangan yang berada diluar ruangan menggunakan saklar manual untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut, dengan memasang Photo control (Fotocell) Saklar tersebut tidak perlu dipasang lagi.

Photo Controls (Fotocell) dapat juga dikatakan sebagai saklar otomatis, menggantikan saklar manual yang sebelumnya terpasang.

Cara Menyambung Kabel Photo cell
Photo control (Fotocell) dipasangkan pada rangkaian kabel sumber listrik yang menuju lampu, Biasanya terdapat 3 kabel keluaran pada Photo Controls (Fotocell) tersebut (Sesuai gambar diatas).

1. Kabel berwarna Hitam
Kabel warna Hitam disambungkan pada kabel fase yang berasal langsung dari sumber listrik.

2. Kabel berwarna Putih
Kabel warna Putih disambungkan pada kabel Netral yang berasal langsung dari sumber listrik.

3. Kabel berwarna Merah
Kabel warna Merah disambungkan pada Kabel lampu penerangan.

Untuk lebih jelasnya mengenai rangkaian cara penyambungan kabel photo controls (Fotocell) pada lampu penerangan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini:


Setelah kita mengetahui, bagaimana cara membuat lampu otomatis dengan menggunakan sensor cahaya, serta mengetahui bagaimana cara menyambung kabel-kabelnya, selanjutnya yang juga perlu kita ketahui bagaimana posisi pemasangan Photo control (Fotocell) yang benar.

Karena meskipun kita sudah menggunakan Photo controls (Fotocell) pada lampu penerangan tersebut, serta kita sudah menyambung kabelnya dengan benar, namun posisi pemasangan Photo controls (Fotocell) tidak tepat, maka lampu tidak dapat bekerja secara otomatis sesuai dengan keinginan kita.

Posisi Pemasangan Photo controls (Fotocell) yang benar
Beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk memastikan posisi pemasangan Photo controls (Fotocell) yang benar, antara lain:
  • Pasang Photo controls (Fotocell) pada posisi yang terkena cahaya matahari langsung.
  • Pastikan tidak ada benda lain yang menutupi Photo controls (Fotocell), sehingga dapat menghalangi cahaya matahari. (jangan memasang Photo controls (Fotocell) di bawah pohon, atap, atau benda lainnya)
  • Pasang Photo controls (Fotocell) pada posisi yang terhindar dari cahaya lampu. (Jangan memasang Photo controls (Fotocell) dibawah lampu atau disamping lampu).
  • Pastikan posisi pemasangan Photocontrol (fotocell) sudah benar atau tidak terbalik.
  • Photo controls (Fotocell) sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat terhindar dari masuknya air (Kedap air), namun jika pemasangannya terbalik, dapat menyebabkan air masuk kedalam sensor tersebut dan mengakibatkan sensor rusak (short circuit).

Dengan menggunakan sensor cahaya untuk lampu penerangan, anda tidak perlu repot lagi keluar rumah untuk menyalakan atau memadamkan lampu tersebut, karena Lampu tersebut sudah bekerja secara otomatis.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Photo cell (sensor cahaya) untuk lampu penerangan"