Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih ELCB (Anti kontak) yang benar dan aman

Bagaimana memilih ELCB (Anti kontak) yang bagus untuk proteksi listrik dirumah, Listrik adalah energi yang memiliki banyak kegunaan, Hampir setiap saat kita menggunakan energi ini. Setiap hari kita tidak lepas dari energi yang satu ini, untuk penerangan, memasak, mencuci, pendingin makanan, pendingin ruangan, menyetrika, mencas batre ponsel, menonton televisi dan kebutuhan lainnya.

Namun disamping besarnya kegunaan listrik dalam kehidupan kita sehari-hari, Listrik memiliki potensi bahaya yang cukup besar juga, baik itu bahaya terhadap manusia, maupun bahaya terhadap kerusakan benda dan kebakaran.
memilih elcb yang bagus dan aman untuk listrik dirumah
ECLB 30mA
Untuk menghindari bahaya-bahaya yang mungkin terjadi yang diakibatkan dari listrik tersebut, dibutuhkan standarisasi pemasangan instalasi yang baik dan benar. Instalasi listrik yang baik dilihat dari segi keamanan, kerapian , penyesuaian ukuran kabel terhadap beban, sambungan-sambungan, dan lainnya.

Untuk itu setiap pemasangan instalasi listrik harus dilakukan oleh teknisi yang ahli dan berkompeten di bidang kelistrikan, bukan sembarang orang bisa memasang instalasi listrik yang baik dan benar serta dapat memberikan keamanan.

Setelah semua hal tersebut diatas sudah dipastikan baik dan benar, selanjutnya dibutuhkan suatu alat yang dapat mendeteksi dan mengamankan sistem instalasi listrik yang terpasang dari sumber-sumber potensi bahaya listrik.

Kita mengenal suatu alat yang biasa kita sebut dengan Anti kontak yang berfungsi untuk mengamankan instalasi listrik kita dari bahaya sentuhan manusia dan resiko kebakaran.

Berbagai jenis Proteksi kebocoran listrik
  • ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)
  • GFCI (Ground Fault Circuit Interrupter)
  • RCD (Residual Current-operated Devices)
Alat-alat ini memiliki Prinsip kerja yang sama yaitu dengan mendeteksi kebocoran listrik dengan mengambil nilai selisih arus yang dibebankan antara Phase dengan Netral, Phase dengan Phase lainnya. Pada saat instalasi listrik dalam keadaan baik (tidak ada kebocoran) selisihnya adalah Nol.

Bagaimana cara menentukan ELCB yang bagus dan aman untuk proteksi listrik dirumah

Sebelum menentukan ELCB (Anti kontak) yang akan kita pasang untuk proteksi bahaya listrik dirumah, terlebih dahulu kita harus mengenal simbol-simbol yang ada pada ELCB (anti kontak) tersebut.

A. Memilih Tipe ELCB
cara memilih elcb yang tepat
Memilih ELCB yang Sesuai
Beberapa Tipe ELCB

Tipe AC
  • Tipe ELCB ini dipakai untuk listrik AC (Arus bolak balik), listrik AC adalah listrik yang kita gunakan di rumah
  • Dipakai untuk perlengkapan listrik ( tidak untuk alat elektronik)

Tipe A
  • ELCB dengan Tipe-A digunakan Untuk listrik arus AC dan DC pulsating
  • Dipakai Untuk alat listrik dan electronik

Tipe B & F
  • ELCB dengan tipe ini digunakan untuk Listrik AC (Arus bolak-balik) dan DC (arus searah)
  • Dan dapat digunakan untuk berbagai Alat listrik, elektronik, Inverter, computed tomography

B. Memilih ELCB sesuai nilai Sensitifitas

High Sensitivity (6mA - 30mA)
ELCB dengan Sensitif tinggi (High sensitivity) 6mA - 30mA, Digunakan untuk proteksi hubungan langsung dan proteksi bahaya listrik terhadap Keselamatan Manusia

Mid Sensitivity (100mA - 1000mA)
ELCB dengan Sensitif sedang (Mid-Sensitivity) 100mA – 1000mA, digunakan untuk proteksi peralatan atau benda-benda terhadap bahaya kebakaran

Low Sensitivity (3A - 30A)
ELCB dengan sensitif rendah (Low sensitivity) 3A – 30A, digunakan untuk perlindungan kerusakan terhadap peralatan listrik


C. Memilih ELCB sesuai dengan Waktu Operasi

Fast type (Instantaneous Type)
ELCB fast type ini memiliki respon kerja yang sangat cepat yaitu kurang dari 0,1 detik saat terdeteksi adanya kebocoran. ELCB dengan tipe inilah yang dipakai untuk proteksi keselamatan manusia dan kebakaran.

Delay Type
ELCB dengan tipe ini butuh waktu bebrapa saat untuk bekerja memutuskan rangkaian listrik saat mendeteksi adanya kebocoran listrik. Biasanya digunakan untuk perlindungan nilai tertentu. Power distribusi pada umumnya memakai pengaman jenis ini. Digunakan biasanya untuk perlindungan terhadap berbagai peralatan listrik dan mesin-mesin yang menggunakan listrik.

Lalu bagaimana cara memilih ELCB (Anti kontak) yang paling bagus?

Memilih ELCB (Anti kontak) yang paling bagus, adalah dengan menyesuaikan ELCB (Anti kontak) dengan kebutuhan kita masing-masing. Dengan beberapa pilihan diatas, maka anda bisa memilih jenis ELCB sesuai dengan kebutuhan anda.

ELCB (Anti kontak) untuk Perlindungan Keselamatan Manusia dari bahaya sengatan listrik atau kesetrum, maka kita harus memilih ELCB yang memiliki nilai sensitifitas tinggi, dengan nilai sensitifitas < 30 mA.

Namun jika ELCB yang dibutuhkan hanya untuk Proteksi terhadap peralatan listrik, maka ELCB yang bagus adalah ELCB dengan nilai Sensitifitas sedang, ELCB dengan nilai sensitifitas 300mA dapat menjadi pilihan yang bagus.

Berbagai jenis dan tipe ELCB bisa kita dapatkan dengan berbagai merk ELCB yang bagus, seperti ELCB merek Schneider, ABB, Merlin Gerin, Mitsubishi, Siemens, Sunfree, Uticon,dan lainnya. dan pilihan merek Ini tergantung dari pilihan anda. Anda hanya perlu memilih Anti kontak atau ELCB sesuai dengan yang anda butuhkan dengan beberapa keterangan jenis Anti kontak ELCB diatas.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan atau memilih ELCB Anti kontak yang paling bagus dan sesuai kebutuhan anda.

Posting Komentar untuk "Memilih ELCB (Anti kontak) yang benar dan aman"