Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu HMI, dan apa fungsinya

HMI (Human Machine Interface) merupakan suatu sistem perangkat yang banyak kita jumpai khususnya di dunia Industri, yang berfungsi untuk memudahkan Operator dalam melakukan Monitoring dan kontrol proses berjalannya mesin-mesin Produksi disuatu Pabrik atau industri.

Mengenal HMI dan kegunaannya

Mengenal HMI dan kegunaannya didunia Industri

Apa itu HMI?
Sistem HMI cukup banyak digunakan di dunia industry atau Pabrik-pabrik yang menggunakan teknologi modern. Program HMI berupa Software yang kemudian diinstal kedalam suatu perangkat computer dan kemudian ditampilkan pada sebuah monitor dengan display di Monitor CRT (Cathode Ray Tube) maupun LCD (Liquid Crystal Display), yang dapat dikontrol menggunakan mouse maupun Touch screen. dimana kita bisa melihat keseluruhan sistem sesuai dengan program HMI yang diinstal pada perangkat tersebut dan ditampilkan pada display monitor tersebut.

HMI juga dapat disebut sebagai user interface dan sistem kontrol untuk manufaktur. HMI atau sering juga disebut dengan Man Machine Interface (MMI) adalah software yang digunakan untuk memonitor dan mengontrol mesin atau proses di suatu pabrik. 

Human Machine Interface adalah suatu sistem yang menghubungkan antara manusia dan teknologi mesin. Dalam dunia otomasi industri, HMI software diinstall pada suatu perangkat komputer ataupun perangkat lainnya berbasis komputer, sebelum menggunakannya harus membuat aplikasi (project) terlebih dahulu sesuai dengan fungsi yang diinginkan. 

Tampilan pada HMI (Human Machine Interface) ini umumnya menampilkan Flow Chart, atau Diagram Instrument mesin-mesin produksi. Dalam dunia otomasi industri, HMI software diinstall pada komputer desktop ataupun Monitor berupa Touch screen display, sebelum menggunakannya harus membuat aplikasi (project) terlebih dahulu sesuai dengan fungsi yang diinginkan.

Aplikasi maupun project tersebut berisikan tampilan gambar atau data yang dibutuhkan untuk Monitoring, Control, Log, history, Alarm, Trending, Report dan data lainnya. Project ini dibuat dengan menggunakan software khusus dan setelah Program selesai dibuat, kemudian dapat di masukkan dalam HMI dan digunakan dalam pemakaian sehari-hari oleh operator.

Fungsi HMI

HMI memiliki kemampuan sebagai berikut :

1. Menampilkan kondisi Mesin atau Proses yang sedang berlangsung
  • HMI dapat menampung gambar mesin seperti Blower, PUMP, LAMP.
  • Dengan menggunakan HMI kita bisa melihat sampai dimanakah Proses suatu mesin.

2. Memonitor dan mengontrol data-data secara real time
  • Indicator Nilai pada PLC ( Seperti Temperature, Pressure, Flow, Timer, Output) dapat ditampilkan secara langsung oleh HMI. Tanpa kita harus menggunakan Software PLC, ataupun memanggil Engineer PLC untuk troubleshooting suatu kerja mesin.

3. Fungsi-fungsi Alarm, Trending, Logging Data
  • Alarm ini dapat dengan mudah kita buat pada HMI, Sehingga apabila dalam suatu kondisi mesin terjadi ALARM / ERROR. Operator dengan mudah mengetahui apa yang terjadi. Tanpa haru melihat kondisi nya dalam PLC.
  • Logging Data digunakan untuk mengeetahui kondisi pada saat start mesin sampai akhir. Semisal kondisi temperatur yang dapat kita record selama mesin berjalan, Seperti Logging data. Namun di tampilkan dalam bentuk Graphic.

4. Sistem kode akses atau Password user
  • Untuk kondisi dimana hanya orang tertentu saja yang dapat menyalakan suatu proses mesin. HMI dapat ditambahkan proteksi berupa Password, agar tidak semua orang bisa meng-acces proses tersebut.


HMI (Human Machine Interface), selain untuk monitoring juga dapat memiliki fungsi lainnya, yang bertujuan untuk memudahkan kontrol proses oleh operator, sebagai Sistem Pengoperasian dan Meminimalkan Human Error.

Posting Komentar untuk "Apa itu HMI, dan apa fungsinya"