Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Perawatan AC yang perlu anda ketahui

Pentingnya melakukan Perawatan AC sesuai jadwal agar AC dirumah lebih awet dan tetap dingin
Agar AC (Air Conditioner) yang kita miliki lebih awet dan tetap berfungsi dengan optimal sebagai pendingin ruangan atau kamar, maka AC dirumah perlu dilakukan perawatan rutin. Oleh karena itu perlu diketahui, Apa saja jenis Perawatan AC yang perlu diperhatikan, dan berapa lama periode perawatan AC tersebut.

Jadwal Perawatan AC dirumah yang perlu anda ketahui

jadwal perawatan AC split agar tetap awet dan dingin
Perawatan AC dirumah
AC (Air Conditioner) atau biasa disebut Pendingin ruangan atau penyejuk udara, merupakan suatu perangkat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan atau menurunkan suhu dalam suatu ruangan atau kamar.

Seiring pemakaiannya, AC yang kita gunakan dirumah untuk mendinginkan ruangan atau kamar, akan mengalami berbagai masalah yang dapat menurunkan kinerja dari AC tersebut, sehingga tak jarang AC dirumah tidak dingin lagi, atau sudah tidak mampu lagi mendinginkan ruangan secara optimal.

Oleh karena itu untuk menjaga agar kinerja AC dirumah agar tetap dingin dan berfungsi secara Optimal dan berfungsi dengan baik untuk menyejukkan kamar atau ruangan dirumah, maka AC tersebut perlu dilakukan perawatan secara berkala.

Apa saja Perawatan AC yang perlu dilakukan? dan berapa lama jadwal perawatan harus dilakukan untuk menjaga kinerja AC tetap Optimal dan AC lebih awet?

A. Pembersihan Filter udara (Indoor)
Salah satu jenis perawatan AC yang harus dilakukan secara rutin adalah Pembersihan Filter udara. Filter Udara ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk kedalam komponen didalam AC, sebelum dihembuskan kembali kedalam ruangan dengan hembusan suhu yang lebih dingin. Filter AC ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kondisi Perangkat didalam AC agar tetap optimal dan awet.

Jadwal Pembersihan Filter Udara
2 hingga 4 Minggu sekali (Jika AC digunakan setiap hari)
Untuk AC yang digunakan setiap hari, maka pembersihan Filter udara ini sebaiknya dilakukan setiap 2 minggu sekali, atau selambatnya 4 minggu sekali, tergantung kondisi kebersihan udara didalam ruangan.

4 hingga 6 Minggu sekali (Jika AC digunakan seminggu sekali)
Untuk AC yang penggunaannya tidak terlalu sering, yakni seminggu sekali, maka pembersihan Filter udara ini sebaiknya dilakukan setiap 4 minggu sekali, atau selambatnya 6 minggu sekali, tergantung kondisi kebersihan udara didalam ruangan.

3 bulan sekali (Jika AC digunakan sebulan sekali atau lebih)
Untuk AC yang jarang digunakan, maka pembersihan Filter udara ini sebaiknya dilakukan setiap3 bulan sekali.


B. Pembersihan AC (Indoor dan Outdoor)
3 Bulan sekali (Pembersihan Komponen Indoor dan Outdoor)
Perawatan AC yang tak kalah penting, untuk menjaga Kondisi AC selalu Optimal dan tetap dingin, yakni Pembersihan berbagai komponen AC pada bagian Indoor dan Outdoor. Pembersihan mencakup pada Pembersihan dan pencucian Bagian Casing dan Filter udara Indoor, Bagian Kisi-kisi Evaporator, Blower Indoor, Saluran pembuangan air, Kisi-kisi kondensor, dan Casing Outdoor.

Posting Komentar untuk "Jadwal Perawatan AC yang perlu anda ketahui"