Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Peralatan Listrik Nyetrum saat disentuh, dan Cara Mengatasinya

Pernahkan anda merasa kesetrum saat menyentuh peralatan listrik di rumah?, seperti misalnya saat menyetrika pakaian lalu tangan tanpa sengaja menyentuh bodi setrika yang berbahan logam, dan anda tersengat atau kesetrum listrik. Kenapa setrika tersebut nyetrum saat tersentuh?, apa yang menyebabkan peralatan listrik di rumah ada yang nyetrum?

Peralatan listrik dirumah terasa nyetrum saat kita sentuh merupakan salah satu masalah kelistrikan di rumah, dan hal ini disebabkan karena adanya kebocoran listrik ke bagian bodi peralatan listrik yang terbuat dari bahan penghantar (Logam).

Penyebab alat listrik dirumah nyetrum dan solusinya
penyebab alat listrik dirumah nyetrum dan solusinya
Hal ini disebabkan juga karena masih banyak Instalasi listrik di rumah kita yang belum dipasang Arde (Grounding) dengan baik dan benar.

Kenapa Peralatan Listrik terasa Nyetrum saat tersentuh?

Terdapat berbagai jenis Peralatan Listrik maupun Elektronik, yang tentunya seiring pemakaiannya akan mengalami berbagai kendala atau kerusakan pada alat listrik tersebut. Salah satu masalah yang cukup sering kita alami adalah Alat listrik yang terasa nyetrum saat tersentuh.

Ada Peralatan listrik yang saat disentuh terasa nyetrum namun sengatan listriknya tidak terlalu besar, hanya membuat kita terasa terkejut, namun terkadang ada juga yang setrumannya cukup kuat bahkan dapat membahayakan keselamatan atau nyawa manusia.

Apa sebenarnya yang menyebabkan Peralatan listrik dirumah nyetrum?

penyebab peralatan listrik dan elektronik terasa nyetrum saat disentuh
Penyebab Alat listrik Nyetrum saat tersentuh
Penyebab Peralatan Listrik Nyetrum saat tersentuh
Salah satu penyebab utama dari "Kenapa Alat listrik di rumah terasa Nyetrum" adalah karena adanya Kebocoran Listrik pada alat listrik tersebut. Baik itu kebocoran listrik yang langsung dari Kabel Listrik maupun Kebocoran Listrik tidak langsung atau Induksi yang terjadi karena adanya Kebocoran Komponen didalamnya yang menyebabkan terjadinya induksi.

Kabel Terkelupas, Koyak, Isolasi kabel tembus (Bocor), Komponen rusak/bocor, Peralatan Listrik Basah atau Masuk Air, maka dapat menyebabkan terjadinya aliran listrik yang bocor dan mengalir ke bagian (bodi) peralatan listrik yang terbuat dari bahan penghantar (Logam). Seperti Misalnya Setrika, Ceret listrik, Pompa Air, CPU, dan sebagainya.

Jika terdapat Peralatan Listrik di rumah yang nyetrum saat disentuh, maka dapat menyebabkan Bahaya yang cukup serius, apalagi jika penyebabnya adalah karena kebocoran Langsung dari kabel sumber listriknya. Oleh karena itu Untuk Antisipasi Bahaya yang dapat terjadi saat terjadi kebocoraan listrik pada Peralatan Listrik maupun Alat Elektronik yang ada di rumah kita, maka setiap Instalasi Listrik harus dilengkapi dengan Sistem Grounding (Arde) yang baik.

Sistem Grounding ini dipasang pada setiap Stopkontak yang ada di rumah kita, agar pada saat terjadi kebocoran listrik maka akan dialirkan ke tanah melalui kabel Grounding tersebut. Jika kebocoran listrik berasal dari kabel power maka akan menyebabkan Arus listrik yang cukup tinggi dan MCB pun akan Trip (Jepret), namun jika kebocoran yang terjadi berasal dari Induksi maka hanya akan kebocoran tersebut akan dinetralisir dan tidak menyebabkan MCB trip.

Jadi fungsi Kabel Grounding (Arde) adalah untuk Mengalirkan Kebocoran Listrik yang berasal dari berbagai Peralatan listrik, dan kemudian mengalirkan Kebocoran listrik tersebut ke Tanah, jika tegangan listrik yang bocor hanya Induksi maka dapat dinetralisir, namun jika kebocoran berasal langsung dari sumber listrik maka akan menyebabkan terjadi Lonjakan Arus dan akibatnya Proteksi Arus lebih (MCB) akan Trip atau Jepret. Sehingga dengan adanya kabel Grounding ini akan mengantisipasi bahaya yang mungkin terjadi saat kita menyentuk peralatan listrik yang mengalami kebocoran listrik.

Cara untuk Mengatasinya
Beberapa Hal yang dapat dilakukan untuk Mencegah terjadinya kebocoran listrik yang menyebabkan Alat listrik atau Elektronik terasa Nyetrum saat disentuh, antara lain:
  1. Pastikan Instalasi Listrik di rumah anda sudah dilengkapi dengan Kabel Grounding yang baik dan terpasang disetiap Stopkontak dan Ujungnya tertanam didalam tanah dengan Nilai resistansi maksimal 5 Ohm.
  2. Pastikan Setiap Peralatan Listrik yang ada dirumah anda dilengkapi dengan kabel grounding, dan Steker yang digunakan juga dilengkapi dengan plat terminal untuk Grounding.
  3. Tempatkan Berbagai Peralatan Listrik atau Elektronik anda pada Tempat yang Kering dan jauh dari kemungkinan terkena Cipratan Air.
  4. Jangan Menyentuh Alat listrik jika kondisi Tangan anda dalam keadaan Basah
  5. Jika memungkinkan Selalu Gunakan Sandal yang kering dan terbuat dari bahan karet saat akan menggunakan Peralatan listrik
  6. Pastikan Kondisi Kabel listrik selalu dalam keadaan kering dan tidak terhimpit atau terjepit oleh benda lainnya yang dapat menyebabkan kabel rusak atau Koyak
  7. Posisi peralatan listrik usahakan tidak terlalu jauh dari Stopkontak, agar kabel listriknya tidak tertarik.
  8. Jangan pernah menarik atau mengangkat peralatan listrik dengan cara menarik Kabelnya.

Posting Komentar untuk "Penyebab Peralatan Listrik Nyetrum saat disentuh, dan Cara Mengatasinya"