Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Kerusakan Listrik di rumah dan Solusinya

Apa saja Jenis Kerusakan Listrik yang paling sering terjadi di rumah kita, dan bagaimana cara mencegah serta mengatasi berbagai kerusakan listrik tersebut? Instalasi Listrik di rumah kita tentunya dapat mengalami berbagai Masalah atau Kerusakan yang dapat menyebabkan terganggunya penggunaan Peralatan Listrik, Listrik padam, bahkan dapat menyebabkan Percikan Api, kesetrum dan bahaya kebakaran.

Terdapat beberapa macam kerusakan listrik yang paling sering terjadi di rumah kita, Apa saja jenis kerusakan tersebut dan bagaimana cara mencegah serta mengatasinya?

Berbagai Jenis Kerusakan Listrik di rumah dan cara mengatasinya

berbagai masalah kelistrikan di rumah
Mengatasi kerusakan listrik dirumah
1. Korsleting (Hubung Singkat)
Korsleting atau Hubung singkat (Short Circuit), merupakan Masalah atau Kerusakan yang cukup sering terjadi pada Instalasi Listrik di rumah kita. dan korsleting ini dapat menimbulkan bahaya kabel panas, percikan api dan kebakaran.

2. MCB sering Jepret (Trip)
cara mencegah berbagai jenis kerusakan listrik dirumah
MCB sering Trip (Jepret)
Masalah listrik berikutnya yang cukup sering kita alami di rumah, adalah MCB dirumah sering Jepret (Trip), tentunya hal ini membuat kita kesal dan menjadi susah, karena harus bolak balik menaikkan MCB dan tidak berapa lama kemudian Jepret lagi.

3. Lampu dirumah Berkedip
Lampu dirumah Berkedip-kedip, merupakan salah satu masalah listrik yang banyak terjadi di rumah kita, Lampu yang awalnya bercahaya terang, tiba-tiba menjadi berkedip. Cahaya Lampu berkedip dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, dan yang penyebab paling umum, antara lain: Lampu yang sudah rusak, Fitting longgar, Kabel sambungan di fitting tidak bagus, fitting masuk air, dan berbagai penyebab lainnya.

4. Bola Lampu sering Putus
Mungkin anda juga pernah mengalaminya, Salah satu atau beberapa Lampu di rumah sering rusak/putus, Belum lama diganti dengan Lampu baru kemudian Lampu tersebut putus lagi dan ini terjadi berulang-ulang. jika terus dibiarkan tentunya akan menyebabkan pemborosan oleh karena itu maka sebaiknya hal ini segera diatasi dan dilakukan perbaikan. Terdapat Beberapa penyebab Lampu di rumah sering putus.

5. Cahaya Lampu dirumah Redup
Pernahkan anda mengalami lampu dirumah tiba-tiba cahayanya redup semua, bahkan alat listrik lainnya seperti kipas angin melambat, Kulkas mendengung, dan sebagainya. Kenapa hal ini bisa terjadi, Apa yang menyebabkan Lampu di rumah menjadi redup atau kurang terang?. Lampu redup atau kurang terang umumnya disebabkan karena Tegangan listrik di rumah mengalami Drop (Turun) sehingga tegangannya kurang (Tegangan Normal +/- 10% dari 220Volt). Hal ini dapat disebakan karena tingginya beban, Kerusakan pada Jaringan, Kebocoran Listrik maupun ada sambungan kabel yang longgar.

6. Saklar atau Stopkontak ditembok Longgar
Masalah listrik yang cukup sering dijumpai di rumah salah satunya adalah Kondisi Saklar atau Stopkontak yang terpasang di Tembok rumah Longgar atau terbuka. hal ini biasa disebabkan karena pemasangan yang kurang baik, Lubang saklar/stopkontak di tembok terlalu lebar, baut pengikat Aus/Dol, Kualitas beton tembok kurang baik, Kualitas saklar atau Stopkontak yang digunakan kurang baik.

7. Fitting Lampu kendur
Fitting Lampu kendur merupakan Salah satu masalah listrik di rumah yang dapat menyebabkan Lampu dirumah kita sering putus, berkedip, Fitting terlihat gosong, Lampu kadang nyala-padam berkali-kali, lampu susah nyala. Beberapa hal yang menyebabkan Fitting lampu di rumah longgar antara lain karena Kualitas Fitting yang digunakan kurang baik, Pemasangan lampu ke fitting kurang kuat.

8. Fitting lampu basah
Untuk pemasangan Fitting Lampu di Plafon agar dipastikan Posisinya tidak ada kebocoran dari Plafon dan Atap rumah, yang dapat menyebabkan air masuk ke dalam fitting lampu saat hujan. Fitting lampu yang basah dan kemasukan air dapat menyebabkan korsleting, Lampu mudah putus, fitting berkarat dan mudah rusak, serta dapat menyebabkan percikan api dan kebakaran.

9. Steker meleleh
berbagai ,masalah listrik di rumah
Steker listrik meleleh
Steker (colokan) meleleh atau gosong merupakan masalah listrik di rumah yang cukup sering terjadi, hal ini dapat menyebabkan bahaya kesetrum atau kebakaran jika tetap digunakan, karena isolasi steker tersebut sudah tidak baik lagi dan mengakibatkan kebocoran listrik, oleh karenanya jika terdapat steker yang terlihat gosong atau meleleh sebaiknya jangan digunakan lagi dan segera diganti dengan steker baru.

10. Stopkontak Meleleh
mencegah berbagai kerusakan listrik di rumah
Stopkontak panas dan meleleh
Sama halnya dengan Steker, Stopkontak meleleh atau gosong juga merupakan masalah listrik di rumah yang cukup sering terjadi, hal ini juga dapat menyebabkan bahaya kesetrum atau kebakaran jika tetap digunakan, karena isolasi steker tersebut sudah tidak baik lagi dan mengakibatkan kebocoran listrik, oleh karenanya jika terdapat stopkontak yang terlihat gosong atau meleleh sebaiknya jangan digunakan lagi dan segera diganti dengan yang baru.

11. Kabel Panas
Jika penggunaan Kabel yang terlalu kecil, tidak sesuai dengan besar arus listrik yang dialirkan, maka tentunya akan menyebabkan Kabel tersebut menjadi Panel. Kabel yang panas menyebabkan isolasi kabel akan rusak/meleleh, dan dapat menimbulkan bahaya lainnya seperti kebocoran listrik, korsleting dan kebakaran. Untuk mencegah hal ini terjadi maka pastikan penggunaan kabel memiliki ukuran yang sesuai dengan kemampuan hantar arus yang dialirkan da gunakan kabel yang berstandar SNI dan standar kelistrikan.

12. Percikan Api
Anda mungkin pernah mengalami, saat menghubungkan colokan (Steker) ke lubang colokan (Stopkontak), sesaat timbul percikan api. Percikan api ini akan mengakibatka berbagai kerusakan yang lebih parah, seperti misalnya Steker meleleh, stopkontak gosong, dan bahkan kebakaran. Kenapa hal ini bisa terjadi? dan apa saja yang menyebabkan timbulnya percikan api pada instalasi listrik di rumah?

13. Peralatan Listrik Nyetrum
Pernahkah kamu kesetrum saat menyentuh peralatan listrik di rumah, seperti misalnya saat menyentuh Pemanas Air, Setrika, CPU Komputer, dan peralatan listrik lainnya?, terkadang ada sengatan listriknya yang terasa kecil dan ada pula yang terasa kuat. Kenapa hal ini bisa terjadi?. Apa yang menyebabkan alat listrik tersebut menyetrum saat disentuh?.

Peralatan Listrik dapat mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan terjadinya kebocoran aliran listrik sehingga bagian bodi peralatan listrik yang terbuat dari bahan penghantar akan teraliri listrik dan akibatnya saat kita sentuh maka kita akan kesetrum. Untuk mengatasi hal ini maka pastikan instalasi dan peralatan listrik di rumah dilengkapi dengan Kabel arde yang baik. dan Jangan gunakan peralatan listrik yang nyetrum, basah, rusak, kabel terkelupas, dan terlihat kerusakan lainnya.

14. Kabel dimakan tikus
Kabel listrik dimakan tikus, hal ini sering kita jumpai khususnya pada instalasi kabel-kabel di atas Plafon rumah, dan tentunya hal ini dapat menyebabkan kabel rusak, bocor, korsleting dan bahkan kebakaran. Untuk Mencegah hal ini terjadi sebaiknya pastikan setiap instalasi listrik di rumah menggunakan kabel berkualitas bagus dan dipasang di dalam pipa, dan Gunakan perangkap atau racun tikus diatas plafon.

15. Sekring sering Putus
Untuk instalasi listrik yang usia pemasangannya sudah lama, masih banyak yang menggunakan Sekring (Fuse) sebagai Pengaman listrik, dan Sekring ini memiliki fungsi dan prinsip kerja yang sama dengan MCB. Jika terjadi masalah Sekring sering putus, hal ini menandakan bahwa ada masalah pada instalasi listrik anda, beberapa penyebab sekring sering putus, antara lain: Ukuran kabel didalam Sekring terlalu kecil, beban listrik yang digunakan terlalu besar, atau karena adanya korsleting pada instalasi.

16. Listrik sering Padam
Selain karena MCB sering Jepret, Listrik sering Padam juga dapat disebabkan karena Sumber Listrik PLN Padam, Hal ini dapat disebabkan karena adanya gangguan pada jaringan listrik ke rumah-rumah, seperti karena Hujan deras, Angin kencang, ada Pohon yang tumbang, kelebihan beban, ada kabel putus, dan sebagainya. Sebagian besar listrik sering padam ini terjadi didaerah yang masih terdapat banyak pepohonan, Sering adanya sambaran Petir, Sering Hujan Deras, Angin kencang, dan sebagainya.

17. Listrik dirumah sering hidup-mati
Masalah satu ini sangat membuat kesal, ada kalanya Lampu di rumah tiba-tiba padam dan selang beberapa saat menyala kembali dan kejadian ini bisa berulang-ulang dalam waktu singkat. Kenapa hal ini bisa terjadi?. Listrik Padam-Nyala berkali-kali biasanya disebabkan karena adanya gangguan pada jaringan listrik distribusi ke rumah-rumah. dan penyebabnya bisa berupa angin kencang, Hujan deras, petir dan sebagainya.

18. Kesetrum
jenis kerusakan listrik di rumah dan solusinya
Kesetrum listrik
Masalah berikutnya adalah Kesetrum Listrik, Apakah anda pernah merasakan kesetrum?, Kesetrum dapat menyebabkan dampak bahaya keselamatan yang serius. Oleh karena itu untuk mencegah bahaya kesetrum listrik maka instalasi listrik di rumah harus dilengkapi dengan ELCB 30mA

19. Bau Gosong
Jika anda mengalami masalah yakni terasa bau gosong pada bagian instalasi listrik di rumah anda, baik itu pada MCB, Saklar, Stopkontak atau pada sambungan kabel, ini menandakan adanya Koneksi Kabel listrik yang kendur, atau karena adanya kebocoran listrik. Segera Matikan MCB Utama dan cari sumber masalahnya untuk segera diperbaiki. Jika dibiarkan berlarut-larut maka dapat menyebabkan percikan api dan kebakaran.

20. Bunyi mendengung
Masalah terdengar bunyi mendengung dapat dialami pada instalasi listrik ataupun alat listrik dan elektronik di rumah. seperti misalnya Kulkas bergetar dan mendengung, MCB bunyi mendengung dan bergetar dan sebagainya. Hal ini bisa disebabkan karena tegangan listrik yang masuk kerumah tidak stabil atau tegangan kurang, atau bisa juga karena ada korsleting, kebocoran listrik atau sambungan yang kendur.

21. Sambaran Petir
macam-macam kerusakan listrik di rumah
Sambaran Petir menyebabkan kerusakan alat listrik
Masalah kelistrikan di rumah yang sering terjadi adalah Sambaran Petir, Sambaran petir dapat menyebabkan berbagai kerusakan, baik itu Alat elektroik, Peralatan Listrik bahkan Jaringan Instalasi listrik.

22. Tegangan Listrik tidak Stabil
macam-macam kerusakan listrik di rumah dan cara mengatasinya
Masalah Listrik tidak stabil
Tegangan Listrik dirumah tidak stabil, kadang naik dan terkadang Drop (turun), akan menyebabkan gangguan pada berbagai peralatan listrik di rumah. Tegangan Listrik naik (Over Voltage) dapat menyebabkan kerusakan pada Elektronik dan Peralatan listrik, begitu juga jika tegangan kurang (Drop Voltage) dapat menyebabkan Lampu redup, Kipas angin berputar lambat, Kulkas bergetar dan mendengung, Alat elektronik mengalami kerusakan dan sebagainya.

Untuk mencegah dampak dari tegangan Listrik dirumah tidak stabil, maka sebaiknya instalasi listrik di rumah dilengkapi dengan Stabilizer Voltage (Penyetabil tegangan).

Posting Komentar untuk "20+ Kerusakan Listrik di rumah dan Solusinya"