Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Stopkontak Panas, Meleleh, Gosong dan terbakar

Salah satu masalah listrik yang cukup sering kita jumpai di rumah, yakni Stopkontak listrik yang ada di dinding rumah tiba-tiba mengeluarkan bau gosong, terjadi percikan api saat digunakan, lubang stopkontak meleleh, Gosong, Stopkontak Panas, dan sebagainya.

Apa sebenarnya yang menyebabkan Stopkontak atau Lubang Colokan di rumah kita, mengeluarkan percikan api, Bau Gosong, Meleleh, panas atau bahkan terbakar.

Stopkontak (Colokan listrik)
apa yang menyebabkan stopkontak colokan listrik dirumah meleleh atau gosong
Stopkontak adalah Lubang tempat mencolokkan Steker Listrik, dan berfungsi sebagai tempat menghubungkan Peralatan listrik ke Sumber listrik. sehingga Alat listrik dapat dinyalakan.

Mengingat Penggunaan dari Stopkontak ini adalah Tempat mencolokkan Steker listrik, dan sering di Pasang dan dilepas, maka memiliki kemungkinan akan mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah plat penjepit yang ada di dalam stopkontak akan menjadi longgar, dan tentunya dampak dari longgarnya penjepit ini dapat menyebabkan berbagai kerusakan lainnya, seperti Terjadinya Percikan api pada stopkontak, bau gosong, panas, meleleh, atau bahkan tidak bisa digunakan lagi.

Selain longgarnya plat penjepit yang ada di dalam Stopkontak yang dapat menyebabkan Stopkontak menjadi Panas dan meleleh, terdapat beberapa penyebab lainnya yang dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada stopkontak di rumah kita.

5 Penyebab Stopkontak menimbulkan percikan api dan meleleh

apa yang menyebabkan stopkontak di rumah bau gosong, meleleh, terbakar
Penyebab stopkontak meleleh
1. Stopkontak Longgar
Stopkontak Longgar maksudnya adalah Plat Penjepit yang ada di dalam Stopkontak seiring pemakaiannya lama kelamaan akan menjadi Longgar dan tidak menjepit lagi dengan kuat, sehingga saat digunakan akan menyebabkan terjadinya percikan api, Panas dan meleleh, apalagi jika Stopkontak yang digunakan memiliki kualitas yang kurang baik, maka akan lebih mudah terjadinya masalah ini.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan Stopkontak longgar, antara lain:
  • Kualitas Stop Kontak yang digunakan kurang baik.
  • Steker sering di Cabut-Pasang ke Stop Kontak.
  • Adanya Beban mekanis pada kabel.
  • Stopkontak digunakan untuk beberapa Steker
Beberapa Tips agar Stopkontak lebih awet, antara lain:
  • Gunakan Stopkontak yang Kualitasnya bagus
  • Jangan terlalu sering mencabut-pasang Colokan (Steker) pada Stopkontak, jika memang peralatan listrik yang digunakan memang sering dimatikan dan dinyalakan, maka sebaiknya gunakan Stopkontak yang dilengkapi dengan Switch On-Off, sehingga anda cukup menekan Switch On-off untuk Mematikan dan menyalakannya, dan Steker tidak perlu dilepaskan dari Stopkontak.
  • Hindari Beban mekanis yang dapat menyebabkan Stop kontak tertarik atau tertekan, misalnya Kabel Steker yang terlalu pendek dapat menyebabkan kabel tertarik dan menyebabkan Stopkontak rusak/kendur.
  • Hindari penggunaan beberapa alat listrik pada satu stopkontak.
2. Stop kontak Over-Load
Salah satu penyebab Stop kontak menjadi Panas dan meleleh adalah Karena Overload, yang dimaksud dengan Overload disini adalah Nilai Arus dari Alat listrik yang dicolokkan Melebihi dari daya maksimal yang boleh dibebankan ke Stopkontak tersebut. Misalnya Arus Maksimal yang tertera pada Stop kontak adalah 16 Ampere, lalu dicolokkan alat listrik yang memiliki Arus 20 Ampere, maka Stopkontak akan panas dan rusak/meleleh.

3. Kabel di dalam Stopkontak Longgar
Kabel yang terpasang pada baut terminal didalam Stopkontak harus dipastikan terpasang kuat, saat kondisinya kendur/longgar, maka akan menyebabkan stopkontak menjadi panas dan meleleh.

4. Ukuran kabel terlalu kecil
Kabel yang digunakan untuk Stopkontak tidak sesuai atau terlalu kecil, maka akan menyebabkan kabel panas, dan panasnya dapat merambat ke stop kontak, sehingga dapat menyebabkan stopkontak Panas, meleleh bahkan terbakar. Oleh karena itu, pastikan menggunakan Kabel yang memiliki ukuran sesuai dengan Arus yang dibebaninya atau sesuaikan dengan KHA (Kemampuan Hantar Arus) Kabel tersebut.

5. Kesalahan pemasangan
Meski hal ini sebenarnya jarang terjadi, Namun kemungkinan adanya kesalahan pemasangan Kabel yang dapat menyebabkan Hubung singkat (Korsleting), Panas atau bahkan terbakar, maka Pastikan Pekerjaan Listrik dilakukan oleh orang yang berpengalaman dan kompeten.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Stopkontak Panas, Meleleh, Gosong dan terbakar"