Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-jenis Panel Listrik dan Fungsinya

Sebelum membahas mengenai Jenis-jenis Panel Listrik dan Fungsinya, Sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Panel Listrik, Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Panel Listrik, serta apa saja jenis-jenis Panel Listrik dan Fungsi dari Panel Listrik tersebut?

Panel Listrik
Panel Listrik merupakan suatu perangkat berbentuk kotak yang berisikan berbagai komponen listrik didalamnya, dan memiliki bermacam fungsi seperti misalnya sebagai tempat kendali mesin Listrik, Starting Motor Listrik, Pembagi, Pengaman, penyuplai, penghubung Tenaga listrik dari Sumber Listrik.

Panel Listrik Memiliki berbagai Fungsi dan kegunaan, sesuai dengan Kegunaannya tersebut maka Panel Listrik dibagi menjadi beberapa Jenis, antara lain:

Mengenal Jenis-jenis Panel Listrik dan Fungsinya
Penjelasan mengenai Jenis-jenis panel listrik dan fungsi serta kegunaannya
Jenis-jenis Panel Listrik dan Fungsinya
1. Panel MSB
Panel MSB (Main Switch Board) merupakan Panel Utama yang terhubung langsung dengan Sumber Listrik atau Pembangkit Listrik (Genset, Turbin, PLN, atau sumber listrik lainnya), dan Panel ini berfungsi sebagai Panel Pembagi ke Sub-sub Panel Lainnya, seperti Panel SDP (Sub Distribution Panel), Panel MCC (Motor Control Centre), LCC (Lighting Control Centre), dan Panel Pembagi lainnya.

2. Panel MVMDP
Panel MVMDP atau Panel Medium Voltage Main Distribution Panel merupakan sebuah Panel yang berfungsi sebagai Panel Pembagi untuk Mendistribusikan Daya dari Gardu Tegangan menengah (Medium Voltage 20 kV) menuju Transformator (Trafo) Step down untuk menurunkan tegangan 20kV menjadi 380/220 V.

3. Panel LVMDP
Panel LVMDP atau Panel Low Voltage Main Distribution Panel merupakan sebuah panel yang berfungsi sebagai Pembagi (Distribusi) dari Output Trafo Step Down (Tegangan 380/220 V) menuju Panel MDP (Main Distribution Panel).

4. Panel MDP
Panel MDP atau Panel Main Distribution Panel merupakan sebuah Panel yang berfungsi untuk Pembagi (Distribusi) dari Panel LVMDP menuju Panel SDP (Sub Distribution Panel) atau Jenis Panel yang lebih kecil Lainnya untuk langsung digunakan ke Konsumen, Perumahan, Penerangan, Kendali Motor Listrik dan Berbagai Peralatan Listrik lainnya.

5. Panel SDP
Panel SDP atau Panel Sub Distribution Panel merupakan sebuah Panel yang berfungsi sebagai Pembagi dari Panel MDP menuju Panel-panel Lainnya yang lebih kecil, seperti Panel Lampu Penerangan, Kendali Motor, Perumahan, dan Peralatan Listrik lainnya.

6. Panel MCC
Panel MCC (Motor Control Centre), sesuai nama dari Panel ini merupakan Panel yang berfungsi sebagai Pusat Kendali Motor Listrik, didalam Panel ini berisikan berbagai Jenis Rangkaian Sistem Starting Motor Listrik, seperti Direct On Line (DOL), Star Delta, Auto Trans, dan jenis starting Motor Lainnya.

7. Panel LCC
Panel LCC (Lighting Control Centre), merupakan Panel yang berfungsi sebagai Pusat kendali untuk Lampu Penerangan, Baik Lampu penerangan yang dinyalakan secara manual maupun Otomatis dengan menggunakan Timer maupun Foto Cell.

8. Panel KWH Meter
Panel KWH Meter berfungsi sebagai tempat Pemasangan Perhitungan Pemakaian daya listrik menggunakan KWH Meter.

9. Panel Capacitor Bank
Panel Capacitor Bank merupakan Panel yang berisikan Capacitor Bank dan PFR (Power Factor Regulator), yang bekerja secara Otomatis untuk Memperbaiki Faktor Daya suatu Pembangkit Listrik.

10. Panel Synchronizing
Panel Synchronizing adalah Panel yang berfungsi sebagai Pusat Kendali Proses Sinkronisasi dua buah Pembangkit Listrik.

11. Panel COS
Panel COS (Change Over Switch) berfungsi sebagai Pemindah dari Satu Pembangkit Listrik ke pembangkit listrik lainnya secara Otomatis.

12. Panel ATS / AMF
Panel ATS (Automatic Transfer Switch), dan Panel AMF (Automatic Main Failure)
Panel ATS Befungsi sebagai Pemindah dari Satu Sumber Listrik ke Sumber Listrik lainnya, sedangkan Panel AMF berfungsi untuk Mengoperasikan Genset secara Otomatis saat Sumber Listrik Utama Padam.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Panel Listrik dan Fungsinya"