Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Otomatis pemindah PLN ke Genset Listrik 1 Phase

Artikel kali ini, untuk melengkapi artikel-artikel sebelumnya mengenai cara memasang Handel pemindah listrik baik secara manual maupun otomatis, dan untuk listrik 1 phase maupun listrik 3 Phase, pada artikel kali ini kita akan coba berbagi mengenai cara merakit Pemindah Otomatis listrik 1 Phase dari PLN ke Genset maupun sebaliknya, dengan cara dan rangkaian yang cukup sederhana.

Mungkin sebagian dari kita ada yang memiliki 2 sumber listrik selain dari Listrik PLN juga tersedia juga listrik dari Genset sendiri, hal ini biasanya untuk antisipasi jika terjadi pemadaman listrik dari PLN, maka listrik di rumah tetap menyala dengan menggunakan sumber listrik dari Genset.
membuat rangkaian sederhana pemindah otomatis genset pln
Rangkaian otomatis pln-genset
Dan tentunya dibutuhkan alat khusus untuk memindahkan Listrik yang dari PLN ke Genset atau sebaliknya, untuk alat yang umum digunakan secara manual yakni sejenis Saklar 3 arah, atau biasa disebut dengan Cam Switch, Namun selain dengan menggunakan alat ini dengan cara manual, kita juga bisa merakit sendiri Rangkaian yang berfungsi sebagai pemindah rangkaian listrik dari PLN ke Genset atau dari Genset ke PLN, namun dengan sistem Otomatis, sehingga lebih praktis.

Seperti halnya Rangkaian Pemindah otomatis listrik 3 Phase, untuk Rangkaian otomatis listrik 1 Phase, juga bekerja secara Otomatis dengan mengutamakan supplai listrik dari PLN, jadi jika PLN padam, maka secara Otomatis listrik akan berpindah ke Genset, sebaliknya jika PLN menyala kembali, maka Otomatis listrik akan berpindah menggunakan supplai PLN.

Merakit Rangkaian Pemindah Otomatis PLN ke Genset Listrik 1 Phase

Rangkaian ini cukup sederhana dan mudah untuk dikerjakan, serta denga biaya yang cukup murah dan dapat menggunakan Magnetic contactor bekas (Wiring dapat dilihat pada Gambar dibawah ini).
membuat rangkaian sederhana pemindah otomatis genset pln
Rangkaian otomatis pln-genset
Material yang diperlukan:
  • Magnetic Contactor sebanyak 1 Pcs (Ukuran disesuaikan dengan kebutuhan daya terpakai), dan yang kita butuhkan sebaiknya kontaktor yang memiliki 2 terminal NO, dan 2 terminal NC.
  • MCB sebanyak 2 Pcs (Ukuran disesuaikan dengan kebutuhan daya terpakai)
  • Kabel Untuk Line dan Kabel untuk Wiring Control, ukuran dan panjang disesuaikan dengan kebutuhan.
Penjelasan:
  • Saat Listrik dari PLN menyala, maka Tegangan listrik akan mengalir menuju Coil Contactor dan Contactor akan menyala, kemudian Terminal NO akan terhubung dan mengalirkan listrik dari PLN menuju Instalasi di rumah, disaat bersamaan terminal NC dalam kondisi terputus.
  • Kemudian saat listrik PLN padam, maka Aliran listrik ke Coil Contactor akan terputus, sehingga Contactor tidak bekerja, Terminal NO akan terputus, dan NC kembali terhubung.
  • Saat Magnetic Contactor tidak menyala, maka secara otomatis terminal NC dalam kondisi terhubung, dan aliran listrik dari Genset akan mengalir melalui terminal NC ini, dan listrik dari genset akan mengalir menuju instalasi di rumah
  • Pemindah Otomatis ini bekerja untuk memindahkan rangkaian sumber listrik dari PLN atau dari genset menuju instalasi rumah, sedangkan untuk Mengoperasikan genset masih perlu dilakukan secara manual, atau perlu tambahan Rangkaian lagi jika kita ingin agar saat PLN padam, maka secara otomatis Genset beroperasi. dan akan coba kita bahas pada artikel selanjutnya.

Demikianlah Artikel mengenai cara merakit Rangkaian Otomatis pemindah listrik dari PLN ke Genset atau sebaliknya, semoga dapat bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Rangkaian Otomatis pemindah PLN ke Genset Listrik 1 Phase"