Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Pembacaan Meteran Listrik dirumah sudah sesuai?

Apakah perhitungan meteran listrik dirumah sudah sesuai dengan pemakaian listrik?, atau mungkin anda pernah menduga saat tagihan listrik anda melonjak tinggi, Jangan-jangan Meteran listriknya gak benar, padahal baru beberapa hari di isi token listrik, kok sekarang sudah habis, padahal pemakaian listrik di rumah kayaknya gak terlalu boros.

Untuk memastikan hitungan Meteran listrik yang ada di rumah kita, ada baiknya kita lakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan membandingkannya dengan hasil perhitungan.

Meteran Listrik Pasca bayar
memastikan meteran listrik dirumah apakah sudah sesuai
bagaimana caranya untuk memastikan Meteran listrik di rumah, apakah perhitungannya sudah sesuai dengan pemakaian alat listrik kita?

Cara memastikan perhitungan KWH Meter dengan pemakaian alat listrik di rumah

Untuk mengetahui Apakah perhitungan Kwh meter (Meteran listrik) di rumah kita, pertama kita harus mengetahui dulu cara membaca angka yang ada meteran tersebut.

Cara Membaca Meteran Pascabayar (meteran model lama), terdapat 5 digit angka berwarna hitam dan 1 digit angka berwarna merah, digit angka berwarna hitam adalah angka bilangan bulat yang menunjukkan Nilai KWH terpakai, dan Angka berwarna merah adalah nilai desimal dalam satuan 0,1 kwh atau sepersepuluh.
Penunjukan Angka pada Meteran Pasca bayar adalah Jumlah KWH yang sudah TERPAKAI

Cara Membaca Meteran Prabayar (Meteran Pulsa), terdapat beberapa digit angka bilangan bulat dan dua angka dibelakang koma, yang menunjukkan Sisa KWH listrik yang dapat kita gunakan.
Penunjukan Angka pada Meteran Prabayar adalah Jumlah KWH yang masih bisa DIPAKAI
KWH adalah singkatan dari Kilo Watt Hour yang artinya adalah Pemakaian berbagai alat listrik dalam satuan Kilo Watt (1000 watt) yang dihitung dalam waktu satuan Jam.

"Perhitungan Pemakaian Listrik menjadi satuan KWH"
1. Angka pada meteran listrik akan bertambah 1 (Satu) angka atau 1 kwh, jika kita menggunakan sebuah alat listrik yang memiliki daya sebesar 1000 watt (1 KW) selama 1 jam.

2. Jika kita menggunakan sebuah Setrika dengan daya 300Watt selama 1 Jam, maka Angka pada meteran akan bertambah 0,3 atau 0,3 kwh.

3. Jika kita menyalakan 10 buah Lampu dengan daya masing-masing 18 watt, dan dinyalakan selama 10 jam, maka angka pada meteran akan bertambah 1,8.
(10 buah x 18 w x 10 jam)/1000 = 1,8 kwh

Rumus Perhitungan:
KWH = (Jumlah alat listrik x Daya (Watt) x Lama pemakaian) / 1000
Kalau kita sudah Mengetahui cara menghitung Pemakaian listrik menjadi satuan KWH, maka selanjutnya kita dapat Memeriksa Meteran yang ada dirumah kita untuk memastikan Apakah Meteran Listrik di rumah kita perhitungannya sudah sesuai dengan pemakaian.

Cara Sederhana Memastikan Hitungan Meteran Listrik dirumah anda
1. Pastikan seluruh Alat listrik di rumah kita dalam keadaan tidak menyala, dan Cabut Steker dari Stopkontak.

2. Catat seluruh digit Angka yang tertera pada Meteran listrik.

3. Tunggu selama ± 1 Jam, kemudian Periksa dan Catat Kembali Angka pada Meteran tersebut.
  • Jika angkanya berubah ini menandakan masih ada alat listrik yang masih menyala, atau bisa juga menandakan adanya kebocoran listrik, periksa kembali secara keseluruhan apa yang menyebabkan angka meteran bertambah padahal semua alat listrik sudah dipadamkan, sampai nantinya angka di meteran tidak berubah setelah kita tunggu selama ± 1 jam.
  • Jika angka pada meteran tidak berubah, maka lanjut ke tahap berikutnya.
4. Periksa dan Catat Daya (Watt) Alat listrik yang akan digunakan sebagai percobaan, dan sebaiknya gunakan alat listrik yang memiliki daya yang lebih Stabil (tidak terlalu fluktuatif), seperti misalnya Lampu, Kipas Angin, Pompa Air, dan lainnya.

Beberapa Contoh Alat listrik yang Konsumsi Dayanya berubah-Ubah (Fluktuatif): Dispenser, AC, Kulkas, Mesin Cuci, Setrika, dan lainnya.

5. Kemudian Nyalakan Alat listrik yang sudah anda ketahui berapa watt dayanya tersebut selama beberapa Jam.

6. Kemudian padamkan Alat listrik tersebut, dan Catat kembali seluruh digit angka yang tertera pada meteran, lalu hitung pemakaian yang tercatat pada Meteran (KWH Meter).

Cara Membaca Hasil perhitungan pemakaian listrik pada Meteran

Meteran Pascabayar
  • Pemakaian Listrik = Angka Akhir - Angka Awal
Meteran Prabayar
  • Pemakaian Listrik = Angka Awal - Angka Akhir
7. Bandingkan Hasil Pembacaan pada Meteran, dengan hasil perhitungan kalian menggunakan "Perhitungan Pemakaian listrik menjadi satuan KWH" diatas.

8. Untuk Hasil Perhitungan pemakaian listrik pada Meteran yang lebih Akurat, sebaiknya gunakan beberapa Alat listrik sehingga didapat daya yang cukup besar, dan semakin lama waktu percobaan hasilnya juga akan lebih akurat.

9. Jika hasil pembacaan pada meteran listrik dengan hasil perhitungan pemakaian listrik didapat selisih angka yang cukup signifikan, sebaiknya minta bantuan pihak PLN untuk memeriksa Meteran di rumah anda.

Posting Komentar untuk "Apakah Pembacaan Meteran Listrik dirumah sudah sesuai?"