Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Mesin Cuci agar lebih Awet dan Aman digunakan

Mesin Cuci merupakan salah satu peralatan yang penting dalam kebutuhan rumah tangga, oleh karena itu perlu diperhatikan cara penggunaan dan perawatan pada mesin cuci yang kita miliki agar tetap awet, aman digunakan.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan, mulai dari cara pemasangan, Penempatan mesin cuci, Penggunaan yang benar serta Pemeliharaan yang baik, untuk menjaga agar Mesin cuci selalu aman digunakan serta selalu dalam kondisi baik.

Petunjuk penggunaan Mesin Cuci [Lengkap]

perawatan mesin cuci
Merawat mesin cuci
Cara Menempatkan dan Memasang Mesin Cuci dengan Benar
1. Tempatkan Mesin Cuci pada Lantai yang Datar, Kering, Kokoh dan tidak licin, (kemiringan penempatan mesin cuci tidak boleh lebih dari ), Jangan Menggunakan Pengganjal seperti Kayu, batu, Karton, dan sejenisnya untuk meluruskan posisinya.

2. Penempatan mesin cuci yang benar menjadi faktor utama untuk memastikan Mesin cuci dapat dioperasikan dengan baik, dan menjaga kondisi mesin cuci lebih aman dan Awet, Pastikan ada jarak atau ruang kosong minimal 10 cm, antara Bodi Mesin Cuci dengan dinding, dan Usahakan Penempatan Mesin cuci di tempat yang mudah terlihat.

3. Posisi Stopkontak yang akan digunakan untuk Colokan listrik dari Mesin Cuci jangan terlalu dekat, Minimal jarak Stopkontak dari mesin cuci adalah 1 Meter, dan pastikan Stopkontak terpasang dengan baik dan kuat menempel di tembok.

4. Pastikan Stopkontak yang digunakan dilengkapi dengan kabel Arde (Grounding) dan terpasang dengan baik.

5. Pastikan Posisi Stopkontak mudah terlihat dan terjangkau oleh orang dew@sa, dengan ketinggian Stopkontak minimal 1,5 meter dari lantai (agar tidak mudah dijangkau oleh anak-anak)

6. Hindari penggunaan Kabel sambungan untuk Memperpanjang Stopkontak atau Steker/Colokan mesin cuci.

7. Periksa selalu kondisi Kabel dan Steker mesin cuci, jika terdapat kerusakan (Koyak, terkelupas), lepaskan Colokan dari Stopkontak, jangan gunakan Mesin cuci, dan segera minta teknisi listrik untuk mengganti kabel yang rusak tersebut dengan Jenis Kabel yang sama dan Utuh, dan Jangan pernah memperbaiki kabel dengan cara menyambung atau membalutnya dengan isolasi.

8. Tempatkan Kabel pada posisi yang benar, Jangan menggulung atau meletakkannya diatas lantai yang dapat menyebabkan kabel terinjak, terjepit, terpuntir, atau kerusakan lainnya pada kabel.

9. Pastikan penggunaan Stopkontak hanya untuk mencolokkan Steker/Colokan dari Mesin cuci, dan jangan digunakan untuk beberapa Steker/Colokan.

10. Hindarkan Meletakkan hasil cucian diatas Mesin cuci, karena dapat menyebabkan korosif atau kerusakan Cat pada bodi mesin cuci, atau dapat menyebabkan kerusakan pada tombol-tombol yang ada dibagian atas mesin cuci.

11. Jangan Meletakkan Mesin Cuci diatas Karpet, ambal, permadani atau sejenisnya, dan jauhkan mesin cuci dari benda-benda lainnya, seperti Tirai, Gorden, Kompor, Televisi, Kulkas atau peralatan lainnya.

Cara Menggunakan Mesin cuci dengan benar
1. Selalu Pastikan Kondisi keseluruhan Mesin Cuci dalam keadaan baik sebelum menggunakan dan mengoperasikan Mesin cuci.

2. Untuk Penggunaan Pertama kali Mesin Cuci Baru, Isi mesin cuci dengan air dan tambahkan deterjen secukupnya, kemudian operasikan mesin cuci tanpa Pakaian, untuk membersihkan tabung didalam mesin cuci baru.

3. Periksa label perhatian yang ada pada setiap pakaian, dan sesuaikan cara pencucian dengan label tersebut.

4. Pilih terlebih dahulu pakaian sesuai dengan warnanya, Pisahkan pencucian Pakaian yang berwarna putih.

5. Pisahkan juga Pakaian sesuai dengan tingkat kekotorannya, Cuci terlebih dahulu pakaian yang tidak terlalu kotor, dan Pencucian Pakaian yang kotor dilakukan terakhir.

6. Pilih juga pakaian sesuai dengan jenisnya berbulu atau tidak, Pakaian yang berbulu dan bulunya mudah terlepas dicuci terpisah.

7. Pisahkan juga pakaian berdasarkan ukurannya, Masukkan terlebih dahulu pakaian yang berukuran besar, dan tidak boleh lebih dari setengah muatan mesin cuci, lalu masukkan pakaian yang memiliki ukuran lebih kecil.

8. Jangan gunakan mesin cuci hanya untuk satu pakaian, atau jumlah pakaian yang terlalu sedikit, karena dapat menyebabkan putaran tidak normal dan bergetar.

9. Pastikan untuk memeriksa dan mengosongkan semua saku dari pakaian yang akan dicuci, Untuk pakaian yang memiliki Resleting, Tutup resleting agar tidak merusak pakaian lainnya.

10. Setiap akan memasukkan pakaian ke dalam tabung mesin cuci, pastikan tabung dalam keadaan bersih dari kotoran atau benda lainnya yang berasal dari pencucian sebelumnya.

11. Gunakan deterjen sesuai dengan kebutuhan pencucian dan jenis pakaian, hindari penggunaan deterjen yang berlebihan dan dapat menyebabkan buih/busa keluar ke bagian atas mesin cuci.

12. Jangan Tuangkan langsung Cairan pemutih atau pelembut langsung ke pakaian.

13. Pastikan tidak ada Deterjen yang mengeras, yang dapat menyebabkan sumbatan pada saluran buangan air.

14. Hindari memasukkan tangan langsung kedalam mesin cuci, sebelum mesin cuci benar-benar berhenti berputar.

15. Pastikan Penutup mesin cuci tertutup dengan rapat dan tutup dengan perlahan, sebelum mengoperasikan mesin cuci.

Merawat dan Membersihkan Mesin Cuci
Membersihkan Bagian Luar Mesin Cuci
  • Bersihkan Bagian luar Mesin cuci dari segala jenis sumber kotor, bekas tumpahan air, deterjen, busa, dan sebagainya, dengan menggunakan Kain lembut dan lembab yang direndam dengan air hangat dicampur dengan sedikit deterjen rumah tangga.
  • Jangan menggunakan cairan seperti Minyak, solar, Spiritus atau sejenisnya, untuk membersihkan noda pada bodi mesin cuci, dan jangan memukul-mukul bodi mesin cuci dengan benda berbahan keras, atau logam
  • Lalu gunakan kain lap lembut dan kering, untuk mengeringkan seluruh bagian permukaan luar dan atas mesin cuci

Membersihkan Bagian Dalam Mesin Cuci
  • Kuras dan keringkan air yang ada didalam tabung pencuci, kemudian bersihkan sampah, benang, kain, rambut dan kotoran lainnya yang ada di dalam filter dan tabung pencuci.
  • Buka Filter yang ada pada Pipa Drain (buangan air) mesin cuci dan Bersihkan dari segala jenis kotoran, lumut, benang, rambut, pasir dan sebagainya, kemudian pasang kembali, lakukan pembersihan secara berkala (sebulan sekali).

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Mesin Cuci agar lebih Awet dan Aman digunakan"