Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Kabel yang bagus, Awet dan sesuai dengan kebutuhan

Kesalahan dalam Pemilihan Kabel Listrik dapat menyebabkan berbagai kerugian, serta dapat menyebabkan instalasi listrik mudah mengalami kerusakan dan dapat menyebabkan bahaya kesetrum atau kebakaran. Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih kabel yang bagus dan sesuai, sehingga pemakaian kabel menjadi lebih awet, dan instalasi listrik menjadi lebih aman.

Kabel merupakan bagian utama dalam pemasangan Instalasi listrik, berbagai jenis kabel listrik yang biasa digunakan, menurut bahannya, kabel listrik yang paling sering digunakan adalah kabel berbahan Tembaga dan Aluminium.
bagaimana cara memilih kabel yang bagus
Memilih kabel yang bagus
Penggunaan Kabel Listrik dalam setiap Instalasi memiliki berbagai perbedaan yang harus disesuaikan dengan aplikasi di lapangan, seperti misalnya ada kabel yang khusus digunakan untuk pemasangan diatas tiang (Udara), ada kabel yang dipasang di tanam di dalam tanah, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk dapat menentukan atau memilih Kabel Listrik yang bagus, awet dan sesuai kebutuhan, maka pemilihan kabel perlu disesuaikan dengan kebutuhan, dan berbagai hal dan kriteria, serta kualitasnya.

Tips Memilih Kabel yang bagus, Awet dan sesuai dengan kebutuhan

tips-memilih-kabel-yang-bagus-dan-awet
Tips Memilih Kabel yang Bagus dan Awet
1. Ukuran Kabel
Kabel memiliki berbagai jenis ukuran, dari yang ukurannya kecil, sampai dengan ukuran yang besar, ukuran kabel ini biasa diambil dari Luas Penampangnya, dan Pemilihan Ukuran kabel harus disesuaikan dengan Daya listrik yang digunakan.

Agar Kabel yang digunakan lebih Awet maka sebaiknya Kabel yang kita pilih memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, Kemampuan hantar arus kabel berbanding dari arus listrik yang akan dialirinya, dan untuk mengetahui kemampuan maksimal hantar Arus dari berbagai ukuran kabel listrik, dapat kita lihat dari Tabel KHA Kabel listrik.

2. Jenis Kabel
Selain Ukuran kabel, yang tak kalah penting juga dalam memilih Kabel listrik adalah menentukan Jenis kabel yang sesuai dengan kebutuhan, Terdapat berbagai jenis kabel listrik yang ada, antara lain: Kabel NYA, NYM, NYY, dan sebagainya, oleh karena itu Sesuaikan kabel yang akan anda gunakan dengan jenis kabel yang sesuai.

3. Merk Kabel
Selain dua hal penting diatas, Untuk memilih Jenis kabel yang berkualitas, tentunya Pemilihan Merek Kabel yang sudah ternama dan berstandar SNI atau LMK, menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan Kabel yang bagus, awet dan berkualitas.

Beberapa Merek kabel yang bagus, antara lain: Supreme, Eterna, Jembo, Sutrado, dan sebagainya. .............................................


Tips Tambahan dalam Memilih Kabel yang bagus
Selain hal diatas, dalam menentukan Kabel yang bagus, Biasanya dapat kita lakukan dengan cara melihat fisik kabel secara langsung, dan biasanya terdapat beberapa hal yang dapat kita jadikan pedoman dalam memilih kualitas kabel yang bagus, antara lain:
  • Warna kabel terlihat lebih cerah dan mengkilat
  • Tekstur Isolasi kabel lebih elastis namun kuat (jika kabel di bengkokkan isolasi tidak mudah koyak)
  • Pastikan Inti Tembaga di dalam Kabel memiliki ukuran yang sesuai dengan tulisan yang tertera pada Kabel tersebut, karena biasanya banyak Kabel yang memiliki Ukuran tidak sesuai dengan yang tertera pada Kabel tersebut. (misalnya pada kabel tertulis ukuran 2,5mm2, setelah diperiksa inti tembaga didalamnya ternyata jauh lebih kecil dari ukuran tertulis)
  • Kabel harus memiliki Simbol / Lambang SNI atau LMK

Posting Komentar untuk "Memilih Kabel yang bagus, Awet dan sesuai dengan kebutuhan"