Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Lampu dirumah redup, dan solusinya

Mungkin anda Pernah mengalami, kondisi dimana Salah satu Lampu di rumah Redup, atau bahkan semua lampu di rumah menyala kurang terang atau Redup, Kenapa hal ini bisa terjadi?

Lampu di rumah Redup dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai faktor penyebab, yang tentunya jika tidak segera diatasi, dapat mengganggu aktifitasi di rumah, atau lama kelamaan jika hal ini tetap dibiarkan maka lampu di rumah dapat rusak atau Putus.
apa yang menyebabkan lampu dirumah redup
Penyebab Lampu dirumah redup dan solusinya
Oleh karena itu, jika mengalami Lampu di rumah Redup, maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan Lampu di rumah menjadi Redup (Cahayanya kurang terang), dan setelah kita mengetahui apa penyebabnya, maka segera kita lakukan perbaikan agar hal ini tidak berlarut-larut dan dapat menyebabkan Lampu-lampu di rumah menjadi rusak/putus.

Berbagai Penyebab Lampu di rumah menjadi Redup, dan cara mengatasinya

Lampu di rumah Redup dapat disebabkan berbagai Faktor, antara lain:

1. Masa Pakai (Life Time)
Lampu-lampu yang kita gunakan di rumah sebagian besar adalah terbuat dari komponen-komponen elektronik yang memiliki masa pakai atau Life time yang jika sudah melewati masanya maka kinerja lampu akan berkurang, Redup dan akhirnya Rusak.

Masa Pakai Lampu bervariasi, sesuai dengan Kualitas dan Tipe Lampu itu sendiri, Jika Lampu TL biasanya memiliki Life time selama 10.000 Jam, jika lampu menyala 10 Jam sehari maka Masa pakai lampu TL ini dapat mencapai 1.000 Hari atau sekitar 3 Tahun, dalam keadaan pemakaian Listrik Normal, sedangkan untuk Lampu LED ada yang mencapai 15 tahun pemakaian.

2. Kualitas Lampu
Selain Life time, Lampu juga dapat berkurang performanya meski masa pakai belum begitu lama, hal ini bisa terjadi karena Lampu yang digunakan memiliki Kualitas yang kurang bagus, oleh karena itu sebaiknya pastikan anda menggunakan Lampu dengan Kualitas dan Merek Lampu yang terbaik dan Bagus, agar Masa pakai lebih lama.

3. Fitting Lampu Rusak
Fitting atau gantungan Lampu yang Rusak, tentunya dapat menyebabkan Lampu Redup dan rusak, hal ini bisa disebabkan karena adanya kebocoran dari Plafon dan air masuk ke dalam Fiting, atau terminal di dalam fitting Longgar, sehingga Listrik yang mengalir ke Lampu tidak optimal.

Lakukan pemeriksaan Fitting lampu, saat ada lampu yang redup, dan pastikan kondisi Fitting tidak masuk air, dan terminal tidak longgar dan Lampu terpasang dengan kuat.

4. Tegangan Listrik Kurang/Drop
Penyebab yang umum terjadi saat Lampu di rumah anda Redup, adalah karena Tegangan listrik yang mengalir kurang dari 220V, dan penurunan tegangan listrik ini Maksimal adalah 10% dari tegangan Normal, jika Tegangan berkurang melebihi 10%, maka dapat menyebabkan Lampu menjadi Redup, dan lama kelamaan akan rusak.

Sebaiknya pastikan besaran tegangan listrik di rumah anda memiliki nilai Normal yakni 220Volt, dan jika listrik di rumah anda sering mengalami Kurang tegangan, sebaiknya lengkapi dengan Stabilizer Voltage (Penyetabil Tegangan) yang di pasang pada Sumber Listrik utama, dipangkal instalasi sebelum masuk ke dalam Instalasi rumah, sehingga semua peralatan listrik dan alat elektronik yang anda gunakan dapat terlindungi dari resiko kerusakan akibat Kekurangan tegangan listrik.

Posting Komentar untuk "Penyebab Lampu dirumah redup, dan solusinya"