Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merakit sendiri Pemindah Otomatis PLN ke Genset Listrik 3 Phase

Setelah pada beberapa artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai Cara memasang Camswitch atau Handel pemindah Listrik PLN ke Genset cara Manual, baik itu untuk Listrik 1 Phase maupun untuk Listrik 3 Phase, pada kesempatan kali ini kita akan coba berbagi mengenai bagaimana cara Merakit sendiri Alat pemindah Listrik PLN ke Genset atau sebaliknya, untuk Listrik 3 Phase namun dengan sistem otomatis.

Alat atau Rangkaian yang akan kita buat disini bekerja secara Otomatis dengan mengutamakan supplai listrik dari PLN, jadi jika terjadi Listrik dari PLN Padam, maka secara Otomatis listrik akan berpindah ke supplai Genset, sebaliknya saat PLN kembali menyala maka secara Otomatis Supplai listrik yang digunakan akan kembali ke listrik PLN.

Merakit sendiri Pemindah Otomatis PLN ke Genset Listrik 3 Phase

Rangkaian yang akan kita rakit ini cukup sederhana dan mudah untuk dikerjakan (Wiring dapat dilihat pada Gambar dibawah ini).

merakit-sendiri-pemindah-otomatis-pln-genset-3-phase
Merakit Sendiri Pemindah Listrik Otomatis
Material yang diperlukan:
  • Magnetic Contactor sebanyak 2 Pcs (Ukuran disesuaikan dengan kebutuhan daya terpakai)
  • MCB 3P atau MCCB sebanyak 2 Pcs (Ukuran disesuaikan dengan kebutuhan daya terpakai)
  • Timer 220V sebanyak 1 Pc
  • Relay 220V sebanyak 1Pc
  • Kabel Untuk Line dan Kabel untuk Wiring Control, ukuran dan panjang disesuaikan dengan kebutuhan.

Penjelasan:
  • Saat Listrik dari PLN menyala, maka Tegangan listrik akan mengalir menuju Relay dan Timer.
  • Relay disini berfungsi untuk memutuskan aliran listrik yang menuju ke Contactor Genset atau sebagai Interlock untuk memastikan Contactor Genset terputus sebelum Contactor PLN terhubung dan hal ini untuk menghindari terjadinya Short Circuit (Hubung singkat) antara tegangan PLN dan Genset.
  • Dalam waktu yang sama, Listrik dari PLN juga mengalir ke Timer, dan dalam waktu beberapa detik (Sesuai Settingan Waktu pada Timer), maka NO pada Timer akan terhubung dan Contactor PLN akan terhubung, sehingga Aliran listrik dari PLN mengalir menuju Instalasi.
  • Settingan Timer ini dapat dibuat 5 detik, atau sesuai kebutuhan, Hal ini berfungsi agar Nantinya saat Listrik dari PLN Padam dan menyala kembali, sedangkan Listrik dari genset masih mengalir, maka relay akan bekerja dan Contactor Genset terputus terlebih dahulu, kemudian 5 detik kemudian Contactor PLN akan terhubung dan Listrik PLN mengalir menuju Instalasi. tanpa khawatir terjadi Short circuit.
  • Saat Listrik dari PLN Padam, Maka Terminal NO pada Timer akan terputus, sedangkan terminal NC pada relay akan terhubung, kemudian Genset dioperasikan terlebih dahulu dan kemudian Aliran listrik dari Genset akan mengalir melalui NC pada relay dan NC pada Contactor PLN, dan selanjutnya tegangan listrik dari genset mengalir menuju Contactor Genset, dan listrik dari Genset akan mengalir menuju Instalasi, dan perlu diingat disini, bahwa rangkaian ini belum terintegrasi ke Sistem Starting Genset, sehingga saat PLN padam, maka genset perlu di Start secara Manual terlebih dahulu, Namun untuk Pemindahan Listrik dari PLN ke Genset atau sebaliknya sudah bekerja secara Auto.

Demikianlah Rangkaian Pemindah Otomatis Listrik 3-Phase dari PLN ke Genset atau Sebaliknya, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Merakit sendiri Pemindah Otomatis PLN ke Genset Listrik 3 Phase"