Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Kabel Handel Pemindah Listrik 3 Phase

Bagaimana Cara memasang Instalasi kabel pada handel pemindah Listrik PLN dan Genset khususnya untuk Listrik 3 Phase?. Berikut Gambar Rangkaian Kabel Handel pemindah listrik 3 Phase dari PLN ke Genset atau sebaliknya

Bagi anda yang menggunakan dua Sumber Listrik dari PLN dan Genset sendiri, maka Diperlukan Alat khusus untuk dapat Memindahkan Sumber Listrik tersebut baik dari PLN ke Genset atau Sebaliknya, alat ini biasanya disebut dengan CamSwitch atau Handle pemindah listrik, dan biasa disebut juga dengan Change Over Switch. Pada kesempatan kali ini akan coba kita jelaskan mengenai pemasangan Handle Manual untuk memindahkan Sumber listrik khususnya listrik 3 Phase dari PLN ke Genset atau sebaliknya.

Pada umumnya bagi anda yang memiliki Usaha atau industri rumahan, dan memerlukan Listrik 3 Phase maka Listrik 3 Phase dapat disupplai dari PLN, Namun jika saat terjadi pemadaman Listrik dari PLN, tentunya anda juga memerlukan Supplai Listrik alternatif yakni berupa Genset 3 Phase untuk mengantisipasi hal tersebut.

Saat Supplai Listrik 3phase dari PLN padam, maka Genset 3 Phase tersebut akan kita nyalakan dan dialirkan ke rumah dengan bantuan Handel pemindah listrik 3Phase.

Handel 3phase sebagai alat pemindah aliran listrik baik dari PLN ke Genset atau sebaliknya, dan dipasang agar Listrik dari PLN dan Genset tidak terhubung dan terjadi Korsleting, karena Listrik dari PLN dan Genset memiliki perbedaan tegangan, jika kedua sumber listrik tersebut menyala bersamaan.

Saat Listrik PLN padam kemudian Genset dinyalakan dan listrik dari genset tersebut dialirkan ke rumah, namun dikhawatirkan saat PLN tiba-tiba menyala maka akan mengakibatkan Listrik PLN dan Genset terhubung dan mengakibatkan Korsleting.

Handel pemindah yang dimaksud disini masih bersifat Manual, dan harus dipasang dengan benar, agar tidak terjadi korsleting saat listrik PLN dan Genset menyala bersamaan.

Cara Memasang Handel Pemindah Listrik 3 Phase

Berikut ini cara memasang kabel pada Handel pemindah 3-phase PLN dan Genset yang benar dan aman, agar tidak terjadi korsleting meski Listrik dari PLN dan Genset menyala bersamaan.
cara-memasang-kabel-handel-pemindah-listrik-3-phase
Memasang Handel Listrik 3phase
Keterangan Pemasangan:
  • Sebelum memulai pekerjaan pemasangan handel dan kabel-kabelnya, hal pertama yang harus anda lakukan adalah Pastikan bahwa seluruh sumber listrik baik dari PLN maupun dari Genset sudah benar-benar padam (Off), dan pastikan kembali dengan menggunakan Testpen.
  • Pada Handel tersebut tersedia 3 bagian pemasangan kabel, yakni Bagian Atas, Tengah dan Bawah, dan masing masing memiliki 4 Baut terminal yang berfungsi untuk tempat memasang Kabel Phase R, S, T dan Kabel Netral, sesuaikan dengan Urutan yang ada.
  • Bagian baut terminal kabel yang di barisan tengah untuk pemasangan kabel listrik yang menuju ke instalasi listrik di rumah anda.
  • Bagian Baut terminal kabel bagian atas dan bagian bawah digunakan untuk memasang kabel listrik yang berasal dari PLN dan Genset, anda dapat memasang kabel listrik dari PLN di bagian atas dan kabel dari Genset dibagian bawah, atau bisa juga sebaliknya.
  • Pastikan urutan pemasangan kabel sejajar dan seragam antara kabel Phase R,S,T dan kabel Netral dari masing-masing bagian atas, bawah dan tengah.
  • Pastikan pemasangan seluruh kabel sudah terpasang dengan benar dan kencang (tidak longgar), sebelum listrik dinyalakan kembali.

Catatan:
Jika anda merasa ragu untuk memasang sendiri handel tersebut, sebaiknya anda meminta bantuan teknisi listrik yang berpengalaman untuk memasangnya.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Kabel Handel Pemindah Listrik 3 Phase"