Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab kerusakan pada Elektro motor, dan cara mencegahnya

Bagi anda yang bekerja sebagai Teknisi Listrik, khususnya listrik arus kuat, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Elektro Motor.

Elektro Motor adalah suatu alat yang bekerja dengan menggunakan energi listrik dan mengubahnya menjadi Energi Putar (Gerak).

Dalam penggunaan Elektro motor, tentunya anda juga pernah menjumpai terjadinya berbagai Kerusakan pada sebuah Elektro motor tersebut, dan kerusakan yang paling fatal pada sebuah Elektro Motor adalah Terbakarnya Gulungan di dalamnya.

Tentunya kerusakan yang terjadi pada sebuah Elektro motor, adalah suatu hal yang tidak diinginkan, dan akan berdampak pada berbagai kerugian lainnya, apalagi jika sebuah Elektro motor tersebut digunakan dalam suatu mesin proses produksi.

Terbakarnya Gulungan Elektro motor, adalah dampak terakhir, dari berbagai masalah yang sebenarnya sudah terjadi pada elektro motor tersebut, namun karena tidak segera diatasi, akhirnya menyebabkan Overcurrent, gulungan Overheat, dan Terbakar.

Terdapat berbagai jenis kerusakan yang terjadi pada elektro motor, dan tentunya disebabkan oleh berbagai faktor, Oleh karena itu, untuk dapat mencegah terjadinya berbagai kerusakan pada sebuah Elektro motor, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu, apa saja jenis kerusakan pada sebuah elektro motor dan apa yang menyebabkannya.

Apa yang menyebabkan Gulungan Elektro motor terbakar, dan bagaimana cara mencegahnya?

penyebab kerusakan pada elektro motor dan cara mencegahnya
Mencegah kerusakan pada elektro motor
1. Kerusakan pada Bearing/Bantalan
Kerusakan Pada bearing menjadi penyebab yang paling sering terjadi dan dapat menyebakan Gulungan elektro motor terbakar, jika tidak segera ditanggulangi.

Rusaknya Bantalan/Bearing, akan menyebabkan Putaran Shaft menjadi Berat, dan menyebabkan Ampere motor menjadi berlebih, dan akan menyebabkan Meningkatnya Suhu pada Kawat gulungan, dan pada akhirnya akan merusak Isolasi kawat, dan terjadi Short Circuit, dan akhirnya Gulungan terbakar.

Tindakan Pencegahan:
Untuk mencegah terjadinya Gulungan Elektro motor terbakar yang disebabkan oleh Rusaknya Bearing/bantalan, adalah dengan melakukan Maintenance/Perawatan secara periodik dan terjadwal, sehingga Bearing selalu dalam keadaan Baik.

2. Shaft atau Housing Bearing Aus
Selain kerusakan bearing/bantalan, Kondisi Shaft atau Housing Bearing Aus, juga dapat menyebabkan Rotor Motor akan bergesekan ke Stator dan merusak Gulungan.

Shaft atau Housing Bearing Aus disebabkan oleh berbagai hal, antara lain:
  • Getaran tinggi (diatas 5 mm/s) 
  • Pemasangan shaft pada beban yang tidak Allignment
  • Bearing Macet
  • Shaft Unbalance
Tindakan Pecegahan:
Pastikan kondisi Elektro motor saat beroperasi dalam getaran yang normal, Pemasangan Shaft motor ke Beban mesin Alignment, dan Shaft dipastikan Balance, selain itu Perawatan bearing juga menjadi cara untuk mencegahnya terjadinya kerusakan ini.

3. Masuk Air / Lembab
Masuknya air ke dalam Gulungan Motor, akan menyebabkan sambungan gulungan menjadi Short Circuit, dan terbakar.

Tindakan pencegahan:
Pada dasarnya semua Elektro motor sudah dipabrikasi dengan baik, dan tidak dapat masuk air ke dalam gulungan, namun karena adanya kesalahan pemasangan dan kurangnya perawatan pada motor listrik tersebut, sehingga menyebabkan kekedapannya terhadap air menjadi hilang.

Oleh karenanya, pastikan kondisi pemasangan Motor benar baik, tidak terdapat celah yang memungkinkan semprotan air masuk, dan minimal memenuhi Tingkat perlindungan motor IP-55.

4. Salah satu Phase terputus
Untuk Elektro Motor 3 phase, tentunya harus di berikan tegangan listrik dari sumber listrik 3 Phase, dan jika salah satu phase tidak terhubung dengan baik, dan menyebabkan listrik yang masuk ke gulungan hanya 2 phase, akan menyebabkan gulungan motor terbakar.

Tindakan pencegahan:
Lakukan pemeriksaan dan perawatan panel listrik dan terminal kabel secara berkala dan terschedule, dan sebaiknya lengkapi rangkaian panel dengan alat 3 Phase Checker, agar saat listrik yang masuk ada yang terputus salah satu phase, maka panel control tidak bisa dioperasikan.

5. Overload (Kelebihan beban)
Kerusakan Motor disebabkan Oleh Overload (Kelebihan Beban), sehingga Arus listrik menjadi berlebihan, dan Suhu gulungan menjadi overheat dan terbakar.

Tindakan Pencegahan:
Sebenarnya, setiap panel kontrol motor seharusnya sudah dilengkapi dengan Thermal Overload relay, yang akan memproteksi saat terjadi Overload dan Overcurrent, namun tentunya hal ini perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin, agar memastikan bahwa settingan Overload benar benar sesuai dan berfungsi dengan baik.

Dan pastikan juga beban/daya yang ditanggung sebuah elektro motor tidak melebihi batasan daya/kemampuan motor tersebut.

1 komentar untuk "5 Penyebab kerusakan pada Elektro motor, dan cara mencegahnya"