Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang menyebabkan Listrik dirumah Padam?

Apa sebenarnya yang menyebabkan listrik di rumah tiba-tiba padam, bahkan terkadang padam sesaat kemudian menyala dan padam lagi, kenapa?
Padamnya listrik di rumah secara tiba-tiba tentunya membuat kita kesal dan kecewa, berbagai prasangka timbul di pikiran kita.
Kenapa listrik dirumah sering padam?, Apakah listrik padam karena disengaja?, Listrik tiba-tiba padam, kemudian menyala dan padam lagi, ada apa sebenarnya?
Kita tentunya pernah mengalami, saat sedang asyik bersama keluarga di rumah, sambil menonton televisi, mendengarkan musik, atau lainnya, tiba-tiba listrik di rumah padam, sehingga membuat suasana menjadi gelap, dan suasana menjadi kurang menyenangkan.

Apa sebenarnya penyebab listrik dirumah padam secara tiba-tiba?

Terkadang padamnya listrik dirumah hanya terjadi sesaat, kemudian menyala lagi, namun tak lama kemudian Listrik padam lagi, seolah-olah ada yang memadamkan dan menyalakan dengan sengaja.

Mungkin anda juga pernah berpikir demikian, kenapa listrik padam dan menyala dalam waktu yang sangat singkat, apakah ini ulah orang-orang yang sedang iseng dan mengganggu ketenangan orang lain?

Sebelum kita menduga yang bukan-bukan, ada baiknya kita mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan padamnya listrik di rumah, baik itu sesaat, atau bahkan padamnya listrik dirumah dalam waktu yang cukup lama atau bisa sampai seharian.
apa yang menyebabkan listrik di rumah padam
Kenali Penyebab Listrik Padam
Padamnya Listrik di rumah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, namun sebaiknya terlebih dahulu kita bagi penyebabnya menjadi 2 (dua) macam penyebab, yakni:

1. Padamnya listrik dirumah yang disebabkan gangguan internal
Gangguan internal disini maksudnya adalah gangguan yang terjadi dari KWHmeter menuju instalasi didalam rumah kita.
Penyebab padamnya listrik di rumah dapat juga dikarenakan adanya gangguan atau permasalahan yang berasal dari instalasi listrik dirumah kita sendiri, penyebab yang berasal dari instalasi listrik di rumah kita, dan yang sering terjadi adalah karena MCB trip (Jepret).

Listrik dirumah padam, karena MCB turun (Jeglek), dapat disebabkan oleh beberapa gangguan, antara lain:
  • Kelebihan beban daya listrik atau pemakaian listrik yang berlebihan.
  • Terjadi korsleting (short circuit) pada instalasi listrik yang ada dirumah kita, seperti kabel, stopkontak, fiting lampu dan lainnya.
  • Terjadi korsleting yang berasal dari berbagai peralatan listrik yang kita gunakan, seperti lampu, setrika, televisi, rice cooker, kipas angin, dan lainnya.
  • MCB yang ada dirumah kita sudah rusak, pemasangan kabel kendur, dan sebagainya.

2. Listrik Padam yang disebabkan karena ada gangguan dari Eksternal
Gangguan eksternal disini maksudnya adalah adanya gangguan yang berasal dari pihak PLN, dimulai dari meteran menuju kabel TR ditiang sampai ke sumber pembangkit listrik.

Penyebab padamnya listrik dirumah, karena adanya gangguan dari pihak PLN dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain:

  • Pemadaman listrik bergilir
Listrik di rumah padam karena terjadinya pemadaman bergilir dari pihak PLN.
Pemadaman bergilir terjadi karena adanya perawatan atau perbaikan yang menyebabkan supplai listrik berkurang, sehingga sumber listrik yang menuju ke rumah-rumah tidak mampu untuk menyuplai kebutuhan listrik konsumen secara keseluruhan.

Gangguan yang terjadi dapat berupa karena adanya perawatan atau perbaikan pada pembangkit listrik, pada kabel jaringan Tegangan menengah, Trafo, dan lainnya.

  • Pemadaman listrik secara tiba-tiba
Listrik padam tiba-tiba dan dalam waktu yang cukup panjang, dapat disebabkan oleh karena adanya gangguan pada jaringan listrik maupun dari pembangkit listrik, dan hal ini tidak terencana.

Seperti halnya dirumah-rumah, jaringan listrik milik PLN juga dilengkapi dengan berbagai pengaman, baik itu pengaman listrik terhadap kelebihan beban (Over current), pengaman kelebihan tegangan (Overvoltage), pengaman saat terjadi sambaran petir, dan sebagainya.

Jika terjadi gangguan kelebihan beban, tegangan yang tinggi, sambaran petir, kebocoran listrik dan sebagainya, maka sistem pengaman akan bekerja memutuskan rangkaian listrik, dan menyebabkan listrik dirumah padam.
Pihak PLN akan segera mengetahui gangguan tersebut dan langsung melakukan perbaikan secepat mungkin, karena padamnya listrik ke rumah-rumah juga merupakan kerugian bagi pihak PLN.

  • Listrik padam tiba-tiba dan hanya sesaat
Jika kejadian listrik padam tiba-tiba dan hanya sesaat, kemungkinan hal ini disebabkan karena sistem pengaman yang terpasang pada jaringan listrik PLN mendeteksi adanya gangguan, kemudian secara otomatis akan memutuskan rangkaian listrik menuju kerumah-rumah, setelah gangguan hilang maka pengaman listrik tersebut akan mengalirkan kembali listrik ke rumah-rumah, dan hal ini bekerja secara otomatis.

Salah satu contoh pengaman listrik yang terpasang pada jaringan tegangan menengah (TM) milik PLN adalah Recloser.

Recloser adalah suatu pengaman yang bekerja secara otomatis memutuskan dan menghubungkan aliran listrik.

Recloser akan bekerja memutuskan aliran listrik jika terjadi gangguan seperti kebocoran listrik, tegangan lebih, dan sebagainya, jika kondisi gangguan tidak ada lagi, maka Recloser akan secara otomatis mengalirkan listrik kembali.

Salah satu contoh gangguan yang sering terjadi adalah saat ada dahan pohon yang menyentuh kabel jaringan listrik, maka hal ini menyebabkan kebocoran listrik mengalir ke pohon tersebut.

Recloser akan mendeteksi hal tersebut dan dalam waktu yang singkat akan memutuskan aliran listrik.

Jika dahan tersebut sudah terlepas atau tidak bersentuhan dengan kabel listrik lagi, maka Recloser akan kembali mengalirkan listrik ke rumah-rumah.

Hal ini adalah salah satu penyebab mengapa listrik padam sesaat kemudian menyala kembali.
Jaringan Listrik PLN dilengkapi dengan berbagai sistem pengaman yang lebih canggih dibanding dirumah-rumah kita dan sebagian bekerja secara otomatis, hal ini demi menjaga keselamatan dan bahaya listrik yang lainnya.

Semoga dengan sedikit penjelasan diatas, kita tidak lagi bertanya-tanya kenapa listrik dirumah padam, dan terkadang padam sesaat dan menyala lagi.

Posting Komentar untuk "Apa yang menyebabkan Listrik dirumah Padam?"