Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah kecelakaan di Perlintasan Kereta Api

Membangun jembatan penyeberangan di setiap perlintasan Kereta untuk mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan Kereta
Entah sudah berapa banyak peristiwa kecelakaan yang terjadi di jalur perlintasan Kereta Api, baik itu kecelakaan yang menimpa kendaraan Mobil, Truk, Bus, Sepeda motor, atau pejalan kaki.

cara efektif mencegah terjadinya kecelakaan di jalur perlintasan kereta
Source: Pixabay

Penyebab Kecelakaan di Perlintasan Kereta
Penyebab kecelakaan yang terjadi di perlintasan Kereta api tersebut juga beraneka ragam, antara lain:
  • Masinis Kereta api yang tidak menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan benar
  • Penjaga Palang perlintasan yang lalai, ketiduran, sehingga tidak menjalankan tugasnya dengan baik
  • Pengendara yang masih saja nekat menerobos, meski palang sudah memberi tanda akan melintasnya kereta api di jalur tersebut.
  • Tidak adanya Palang pintu perlintasan kereta.
  • Palang perlintasan kereta yang rusak, sehingga tidak berfungsi untuk menutup meski kereta akan melintas.
  • Sistem komunikasi yang terganggu.
  • Rem kendaraan atau Kereta yang Blong.
  • Dan berbagai penyebab lainnya.

Selain beberapa penyebab yang kita sebutkan diatas, penyebab yang kurang masuk akal juga sering dianggap sebagai penyebab terjadinya kecelakaan di jalur perlintasan kereta, seperti:
  • Banyak kejadian mesin kendaraan mati secara tiba-tiba saat melintasi Rel kereta, dan menyebabkan kendaraan bertabrakan dengan kereta yang melintas
  • Ada juga yang menganggap mesin kendaraan mati tiba-tiba karena adanya induksi magnet di rel kereta.
  • Ada juga yang beranggapan penyebabnya adalah hal-hal gaib, dan berbagai penyebab lainnya.

Namun, bagaimanapun juga kecelakaan yang terjadi sudah banyak memakan korban jiwa, dan mengapa hal ini tidak mendapat perhatian khusus oleh pihak yang terkait.

Ironisnya, selalu saja kecelakaan yang terjadi bukanlah dicari penyebab utama dan solusinya, melainkan hanya mencari-cari kambing hitam, saling menyalahkan, setelah itu kejadian kecelakaan masih saja terjadi.

Pertanyaannya:
  • Apakah dengan memberi tanda isyarat saat kereta api melintas dapat mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta?
  • Apakah dengan memasang Palang pintu dapat mencegah terjadinya kecelakaan tersebut?
  • Apakah dengan menyediakan pos penjaga dan petugas di setiap palang perlintasan kereta dapat mencegah kecelakaan yang sudah banyak memakan korban jiwa?
  • Apakah dengan memasang polisi tidur di jalan sebelum palang perlintasan dapat mengatasi kecelakaan tersebut?
  • Apakah tidak ada solusi terbaik, selain berbagai cara-cara yang sudah ada?

Solusi Mencegah terjadinya Kecelakaan di Perlintasan Kereta

Namun, pernahkah terpikir oleh kita semua, bahwa sebenarnya ada satu cara yang lebih efektif untuk mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta.

Dengan menghilangkan berbagai kemungkinan sumber penyebab kecelakaan, adalah cara yang efektif untuk mencegah terjadinya kecelakaan, salah satu cara tersebut yaitu dengan Membangun jembatan penyeberangan di setiap perlintasan kereta api.

cara efektif mencegah terjadinya kecelakaan di jalur perlintasan kereta
Jembatan Penyeberangan di perlintasan Kereta

Membangun Jembatan penyeberangan
Jika di setiap perlintasan kereta api dibangun jembatan penyeberangan, yang dapat digunakan oleh pejalan kaki maupun kendaraan yang melintas, dapat menjadi suatu cara yang efektif untuk mencegah terjadinya kecelakaan tersebut.

Dengan membangun jembatan penyeberangan di setiap perlintasan kereta api, baik pejalan kaki maupun kendaraan yang melintas tidak perlu lagi merasa was-was saat melintas, meski disaat yang bersamaan kereta api juga melintas di bawah jembatan tersebut.

Tidak akan ada lagi yang disalahkan, tidak perlu lagi ada palang pintu kereta, tidak perlu lagi ada petugas penjaga palang, dan sebagainya.

Lalu apakah hal ini tidak pernah terpikir, baik oleh pihak pemerintah, pihak penyedia Kereta, pihak lalu lintas jalan raya, atau pihak-pihak yang terkait lainnya?

Atau mungkin sudah pernah ada ide untuk membuat hal ini, namun terkendala masalah dana?
Apakah kecelakaan yang sudah memakan banyak korban jiwa dapat dinilai dengan uang?
Berapa besar biaya pembuatan jembatan penyeberangan tersebut jika dibandingkan dengan harga satu jiwa manusia?

Semoga seluruh pihak yang terkait dapat mempertimbangkan serta mengambil langkah nyata, guna mencegah terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api, dan bukan hanya mencari penyebab namun lebih baik mencari solusi agar berbagai kecelakaan yang terjadi di perlintasan Kereta tidak terjadi lagi di masa yang akan datang, Semoga!

Posting Komentar untuk "Mencegah kecelakaan di Perlintasan Kereta Api"