Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Kabel listrik adalah Luas penampangnya, bukan Diameter

Ukuran kabel listrik berasal dari ukuran apa?, Saya punya pengalaman mengenai kesalahan persepsi mengenai Ukuran Kabel, darimana sebenarnya Besar Ukuran kabel ditentukan.

Kabel listrik
penjelasan tentang ukuran kabel
Saat itu saya sedang membutuhkan Kabel NYFGbY dengan ukuran 4 x 185 mm² untuk pemasangan kabel Output Power (Tegangan Keluaran) Generator AC 3 Phase dengan daya Nominal sebesar 150KVA.

Kabel NYFGby ukuran 4 x 185 mm² ini rencananya akan dipasang dari Generator menuju Panel Pembagi utama atau MDP (Main Distribution Panel) melalui Jalur tanam dibawah Tanah.

Kemudian saya meminta kepada bagian Pembelian barang untuk segera membeli Kabel NYFGbY ukuran 4 x 185 mm².

Setelah beberapa hari, Kabel yang saya pesan belum juga datang, akhirnya saya menanyakan kembali kepada bagian pembelian perihal Kabel yang saya pesan tersebut, apakah sudah dibeli atau apakah ada kendala lain.

Bagian pembelian mengatakan bahwa kabel NYFGbY dengan ukuran 4 x 185 mm² tersebut sudah dicari di beberapa penjual kabel, namun spesifikasi kabel yang diberikan pihak penjual tidak sesuai dengan ukuran fisik kabel.

Kemudian bagian pembelian malah mengembalikan permintaan pembelian yang saya ajukan dengan alasan Kabel NYFGbY dengan ukuran diameter 185 mm tidak ada yang jual, dan bagian pembelian tersebut balik bertanya, untuk apa kabel dengan ukuran sebesar itu?

Saya mulai bingung, dan sedikit curiga apa sebenarnya kendala yang terjadi sehingga Kabel NYFGbY 4 x 185 mm² yang sudah beberapa kali saya pesan biasanya selalu ada, namun kali ini proses pemesanannya menjadi sedikit rumit?

Usut punya usut, Akhirnya saya mengetahui bahwa baru-baru ini terjadi pergantian personil di bagian pembelian barang. Personil bagian pembelian yang lama digantikan dengan personil baru, dan ternyata Personil baru di bagian pembelian ini mengira bahwa kabel NYFGbY dengan ukuran 4 x 185mm² yang saya pesan, adalah Kabel yang memiliki diameter penampang sebesar 185 mm (18,5 cm).

Kalau ia beranggapan bahwa 185 mm adalah diameter kabel, tentunya ukuran kabel 185mm ini sangat besar, dan tidak ada toko yang menjual kabel sebesar itu.
ukuran kabel adalah luas penampang
Ukuran kabel

Ukuran Kabel = Luas penampang

Setelah saya mengetahui bahwa terjadi kesalahan persepsi mengenai ukuran kabel yang saya pesan, kemudian saya menghubungi bagian pembelian tersebut dan menjelaskan bahwa yang saya butuhkan adalah Kabel NYFGbY 4 x 185 mm², jika dikonversikan maka diameter masing-masing inti kabel hanya sekitar 15,34 mm.

Selanjutnya saya pun menjelaskan kepada personil tersebut, bahwasanya ukuran kabel yang biasa tertera pada kabel listrik bukanlah ukuran diameter penampangnya, melainkan diambil dari ukuran luas penampang dari masing-masing inti kabel tersebut, oleh karena itulah maka setiap ukuran kabel listrik pasti menggunakan satuan mm², yang berarti luas, bukan mm (diameter).

Sebagai contoh Kabel memiliki spesifikasi sebagai berikut:
  • Jenis Kabel : NYFGbY
  • Ukuran : 4 x 185mm².
  • (4 artinya kabel tersebut berisi 4 buah kabel untuk phase R-S-T dan N).
  • (185mm² artinya luas penampang dari masing-masing kabel di dalamnya).
Berapa diameternya?

Menghitung Diameter Kabel listrik
Karena Kabel berbentuk lingkaran maka untuk mencari Diameter kabel, menggunakan rumus luas lingkaran.
Luas penampang Kabel = Luas lingkaran
  • Luas lingkaran = Phi x r x r
  • Phi = 22,7 (3,14)
  • r = jari
185mm² = 3,14 x r²
r² = 185 / 3,14
r² = 58,91
r = √58,91
r = 7,67mm

D = 2 x r
D = 2 x 7,67mm
D = 15,34 mm

Jadi, Kabel ukuran 185mm² , memiliki diameter penampang kabel sebesar 15,34mm


Jika sebelumnya sebagian dari kita juga pernah beranggapan bahwa ukuran kabel listrik adalah diameter kabel tersebut, setelah membaca artikel ini kita mengetahui bahwa ukuran kabel listrik diambil dari luas penampang, bukan diameter.

Posting Komentar untuk "Ukuran Kabel listrik adalah Luas penampangnya, bukan Diameter"