Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab AC dirumah tidak dingin, dan cara mengatasinya

Apa yang menyebabkan AC di rumah tidak dingin, dan bagaimana cara mengatasinya?, Pada masa sekarang ini, kebutuhan sebagian besar masyarakat terhadap pendingin ruangan atau AC menjadi hal yang sangat penting, terutama Saat siang hari udara diluar rumah sangat panas, tentunya anda mengharapkan dapat merasakan udara sejuk saat berada di rumah.

Atau mungkin saat malam hari, terkadang udara terasa gerah, sehingga membuat anda susah tidur di dalam kamar, untuk mengatasi hal ini, biasanya anda akan memasang pendingin ruangan atau AC di dalam kamar tidur anda.

AC (Air Conditioner)
kenapa ac dirumah tiba-tiba tidak dingin
Namun seiring dengan waktu pemakaian AC tersebut, AC yang seharusnya dapat mendinginkan ruangan lama kelamaan akan mengalami penurunan kemampuannya, Oleh karena itulah, untuk menjaga agar kinerja AC yang kita miliki tetap maksimal, maka diperlukan beberapa cara dan perawatan yang baik. Lalu, Apa yang menyebabkan AC di rumah kita lama kelamaan tidak dingin lagi?

Penyebab dan Solusi AC tidak dingin

1. Ukuran AC terlalu kecil
Jika AC yang dipasang memiliki daya PK yang terlalu kecil atau tidak sesuai dengan ukuran ruangan yang didinginkannya, maka akan menyebabkan beberapa kerugian, antara lain:
  • AC akan menyala terus menerus untuk berusaha mendinginkan ruangan tersebut, sehingga sulit untuk mencapai suhu dingin yang kita inginkan
  • Usia pemakaian AC tersebut akan semakin pendek, atau mudah rusak
  • Pemakaian listrik akan lebih boros, karena mesin kompressor AC terus menerus menyala
  • Kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan tersebut akan cepat menurun, dan akhirnya AC tidak dingin lagi
Cara mengatasinyaUntuk menghindari hal ini, maka perlu dilakukan perhitungan terlebih dahulu untuk menentukan ukuran daya PK dari AC yang akan kita pasang yang disesuaikan dengan luas ruangan.
Cara mudah menentukan AC berapa PK yang anda butuhkan
2. Posisi ruangan
Posisi ruangan yang kurang tepat, tempat dimana AC tersebut dipasang juga menjadi penyebab AC mudah rusak, atau menyebabkan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan akan menurun.

Seperti misalnya, posisi Kamar tidur yang dindingnya menghadap langsung ke arah matahari tanpa adanya penghalang.

Cara mengatasinya
  • Sebisa mungkin melakukan penataan ruangan yang baik untuk meminimalkan panas berlebih ke ruangan tersebut.
  • Atau bisa dengan cara menanam tanaman yang dapat menghalangi sinar matahari langsung ke dinding atau ruangan tersebut.
  • Jika ruangan tidak terlalu panas, maka kinerja AC juga akan semakin ringan, dan menambah usia pemakaian AC
3. Kebersihan AC
cara mencegah AC tidak dingin lagi
Pada umumnya, setiap AC dilengkapi dengan saringan udara masuk, untuk menghindari kotoran atau debu masuk dan menyebabkan penyumbatan sirkulasi udara pada AC tersebut.

Namun, seiring dengan lama pemakaian tentunya saringan tersebut akan kotor dan mengalami penyumbatan, dan Hal ini akan menyebabkan kinerja AC menjadi menurun, dan tidak dingin lagi.

Cara mengatasinya
Lakukan pembersihan saringan utama pada AC tersebut minimal 1 bulan sekali, atau jika dirasa perlu dapat dilakukan lebih sering, pekerjaan ini sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri tanpa harus memanggil teknisi servis AC. (Atau anda bisa membaca buku petunjuk perawatan AC tersebut).

4. Ruangan banyak Celah udara
AC bekerja berdasarkan suhu yang sudah diatur, berapa derajat settingan yang sudah kita atur, maka AC akan bekerja maksimal sampai suhu yang diinginkan tercapai.

Saat suhu sudah tercapai, maka kompresor pada AC yang awalnya menyala maka akan berhenti secara otomatis, Hal inilah yang akan menjadikan AC anda lebih Awet dan hemat listrik. Namun, selama suhu tidak tercapai maka kompresor dengan daya listrik yang besar tersebut akan terus menyala.

Sebenarnya untuk mempermudah kinerja AC dalam mendinginkan ruangan, maka setiap ruangan yang ber-AC akan dirancang seminimal mungkin udara yang keluar, dengan tujuan agar udara dingin yang dihembuskan AC tidak keluar ke ruangan lain, dan suhu ruangan mudah didinginkan.

Namun jika ruangan tersebut memiliki banyak celah untuk udara keluar maka akan menyebabkan AC sulit untuk mendinginkan ruangan.

Atau salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah Pintu ruangan sering terbuka atau lupa ditutup, Ini menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi dan menyebabkan AC tidak dingin.

Cara mengatasinya
  • Minimalkan celah udara pada ruangan yang dipasangi AC
  • Pastikan pintu ruangan selalu tertutup saat ada orang yang keluar masuk
  • Atau cara yang lebih efektif adalah melengkapi pintu dengan alat penutup otomatis (Door-Closer), yang akan secara otomatis menutup saat pintu dibuka
5. Servis AC secara berkala
Sebenarnya, setiap kita membeli AC baru, tentunya dilengkapi dengan buku petunjuk pengoperasian dan perawatan.

Baca dengan seksama buku petunjuk tersebut, bagaimana cara pengoperasian yang baik, bagaimana melakukan perawatan sendiri, dan jadwal perawatan servis AC secara menyeluruh. Servis berkala dapat anda jadwalkan setiap 3 bulan sekali dengan meminta bantuan teknisi khusus untuk servis AC.

Teknisi servis AC akan melakuka perawatan, dan pembersihan secara menyeluruh pada AC tersebut, jika diperlukan juga akan dilakukan penambahan Gas Freon pada AC tersebut.

Dan Teknisi juga akan memeriksa apakah terdapat kebocoran freon, yang menyebabkan freon berkurang, karena salah satu penyebab AC tidak dingin adalah berkurangnya Freon karena kebocoran.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab AC dirumah tidak dingin, dan cara mengatasinya"