Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Alat kerja teknisi listrik dan kegunaannya

Berbagai Alat kerja yang biasa digunakan oleh Teknisi listrik (Electrician), serta fungsinya
Setiap teknisi tentunya membutuhkan peralatan atau alat yang digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan dan perbaikan.

Begitu juga dengan Teknisi listrik (Electrician), tak bisa lepas dari berbagai alat kerja yang wajib dibawa saat akan melakukan pekerjaan, baik itu saat akan memasang instalasi listrik, melakukan perbaikan, atau saat melakukan pemeriksaan dan perawatan berbagai peralatan dan perlengkapan listrik.

Alat kerja listrik
alat kerja listrik dan kegunaannya, lengkap dengan gambar
Alat Kerja teknisi Listrik
Sebagai contoh, seorang teknisi atau tukang listrik takkan dapat melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan listrik jika tidak membawa Testpen.

Testpen termasuk salah satu dari sekian banyak alat kerja listrik yang wajib dibawa dan digunakan setiap teknisi atau tukang listrik saat melakukan berbagai pekerjaan listrik.

Selain Testpen, masih banyak lagi berbagai alat kerja yang biasanya dibawa dan digunakan seorang teknisi listrik.

15 Jenis Alat kerja Listrik serta kegunaannya

Berikut beberapa alat kerja listrik yang biasanya digunakan dan dibawa seorang tukang listrik saat bekerja, antara lain:

1. Testpen
berbagai jenis alat kerja teknisi listrik
Testpen_Alat kerja Listrik
Testpen merupakan alat kerja yang wajib dibawa dimanapun teknisi listrik bekerja. Tespen berfungsi sebagai alat kerja untuk mendeteksi atau memeriksa apakah suatu peralatan listrik dialiri tegangan atau tidak. Bentuknya kecil, ringan, mudah dibawa dan ditaruh dalam saku, dan dapat juga digunakan untuk membuka sekrup-sekrup ukuran kecil.

Untuk menjaga keselamatan saat bekerja, Setiap teknisi listrik harus memastikan terlebih dahulu setiap peralatan yang akan diperiksa atau diperbaikinya, apakah masih bertegangan atau tidak dengan menggunakan Testpen, sebelum memulai pekerjaan.

2. Tang (Pliers)
jenis alat kerja listrik dan kegunaannya
Tang_Alat kerja Listrik
Tang (Pliers) merupakan suatu alat kerja sejenis tuas, yang terbuat dari bahan logam dengan dilapisi karet (Isolasi) dibagian pegangan (gagang).

Sebenarnya Tang juga banyak digunakan untuk pekerjaan montir, mekanik, teknisi mesin, tukang kayu, dan pekerjaan lainnya.

Namun khusus untuk Teknisi Listrik, Tang yang digunakan harus yang di desain khusus untuk kerja listrik, memiliki bahan isolasi/karet pada pegangan (gagang) dengan kemampuan bahan isolatornya mencapai 1000Volt (tegangan tembus isolator), sehingga aman untuk digunakan pada pekerjaan yang berhubungan dengan Tegangan Listrik.

Tang yang biasa digunakan sebagai Alat kerja Teknisi Listrik (Electrician), terdapat berbagai macam, sesuai dengan bentuk dan kegunaannya.

Tang kombinasi
apa saja alat kerja tukang listrik dan kegunaannya
Tang Kombinasi (Combination Pliers) berfungsi sebagai alat bantu untuk memegang, mencengkeram, memuntir, memotong berbagai benda kerja.

Contoh penggunaan Tang kombinasi:
Tang kombinasi dapat digunakan untuk memegang kabel, memotong kabel, memuntir kabel, menyambung kabel, membuka baut/sekrup kecil yang sulit dibuka dengan obeng, dan berbagai fungsi lainnya.

Tang potong
apa saja alat kerja listrik
Tang potong (Side Cutting Pliers) berfungsi sebagai alat kerja untuk memotong kabel listrik, wire.

Tang Lancip
Apa saja alat kerja yang harus dimiliki teknisi listrik
Tang lancip (Long-Nose Pliers) berfungsi sebagai Alat kerja listrik untuk memegang benda kerja yang berukuran kecil, memuntir kabel, membuat bulatan di ujung kabel, dan dapat juga digunakan untuk memotong kabel.

Tang Skun (Crimping pliers)
mengenal alat kerja listrik dan fungsinya
Tang Skun (Crimping pliers) berfungsi sebagai alat kerja listrik untuk menjepit skun kabel (Cable Scone) pada ujung kabel listrik agar terpasang dengan baik. Selain itu Tang Skun (Crimping Pliers) juga dapat digunakan untuk mengupas, dan memotong kabel yang berdiameter kecil.

3. Obeng
apa saja alat kerja yang harus dimiliki teknisi listrik
Obeng (Screw-Drivers) merupakan suatu alat kerja yang berbentuk bulat memanjang, berbahan logam dengan dilapisi bahan karet/isolator dibagian pegangan (Gagang).

Sama halnya dengan Tang, Obeng tak hanya digunakan untuk alat kerja teknisi listrik, Obeng juga digunakan oleh Teknisi mesin, Montir, Bengkel, Mekanik, tukang kayu, dan pekerjaan lainnya.

Namun Obeng yang digunakan untuk Teknisi Listrik (Electrician) harus memiliki desain khusus, terbungkus dengan bahan karet atau Isolator pada hampir seluruh bagian dari obeng tersebut kecuali pada bagian ujung (mata Obeng), dengan ketahanan tegangan tembus isolasi sebesar 1000Volt. sehingga aman untuk digunakan untuk berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan tegangan Listrik.

Tedapat berbagai macam jenis, bentuk dan ukuran Obeng yang digunakan oleh Teknisi Listrik, namun secara umum Obeng tersebut dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Obeng Plus (+)
berbagai jenis alat kerja listrik
Obeng Plus (Philips Screw-drivers) biasa juga disebut dengan Obeng Kembang atau dalam bahasa inggris disebut dengan Philips Screw-Drivers. Obeng Plus berfungsi sebagai alat kerja listrik untuk membuka, memasang, mengendurkan, mengencangkan baut atau sekrup yang memiliki bagian atas (Kepala) berbentuk silang (Plus).

Obeng Minus (-)
apa saja alat kerja listrik
Obeng Minus (Slotted Screw-drivers) biasa juga disebut dengan Obeng Pipih atau dalam bahasa inggris disebut dengan Slotted Screw-Drivers. Obeng Minus berfungsi sebagai alat kerja listrik untuk membuka, memasang, mengendurkan, mengencangkan baut atau sekrup yang memiliki bagian atas (Kepala) berbentuk Pipih (Minus).

4. Solder
alat kerja kelistrikan dan kegunaannya
Solder (Patri) merupakan suatu alat kerja listrik yang berfungsi untuk mencairkan Timah Solder, untuk keperluan sambungan kabel berukuran kecil, maupun pemasangan berbagai komponen listrik pada Papan rangkaian (PCB).

Solder adalah alat listrik yang mengubah energi listrik untuk menghasilkan Panas. Sambungan kabel (wire) dengan cara di solder termasuk cara penyambungan yang baik dan aman, karena sambungan terhubung dengan kuat (Tidak mudah longgar).

5. Kunci Inggris
apa saja alat kerja listrik
Kunci inggris (Adjustable Wrench) merupakan suatu alat kerja yang banyak digunakan oleh berbagai teknisi, baik untuk teknisi listrik, teknisi mesin, montir, mekanik, dan lainnya.

Namun, khusus untuk Kunci inggris yang digunakan sebagai alat kerja Tukang listrik (Electrician), harus didesain khusus dengan dilengkapi pengaman dibagian pegangan atau gagang dari bahan karet atau bahan Isolator yang tidak tembus tegangan listrik, sehingga aman digunakan.

Kunci inggris adalah suatu alat kerja yang berfungsi untuk membuka, mengendurkan, mengencangkan baut, dengan ukuran yang dapat disesuaikan (Adjustable).

6. Cutter
apa saja alat kerja listrik dan apa saja fungsinya
Cutter (Pemotong) adalah suatu alat kerja sejenis pis@u yang dapat digunakan untuk memotong, bagian pegangan (Gagang) berbahan plastik (Isolator).

Khusus untuk alat kerja teknisi listrik, Cutter digunakan untuk mengupas, membelah bagian isolasi kabel listrik yang memiliki ukuran lebih besar, yang tidak dapat dikupas dengan menggunakan Tang.

7. Isolasi
apa saja alat kerja tukang listrik
Selasiban, Isolasi, Insulation Tape (Isolasi) merupakan alat atau bahan kerja yang pastinya dibawa oleh seorang tukang listrik atau teknisi listrik.

Isolasi (Selasiban) berfungsi untuk membalut/membungkus bagian sambungan-sambungan kabel agar tegangan listriknya dapat ter-isolasi dan tidak membahayakan.

8. Tas pinggang
fungsi alat kerja listrik
Tas pinggang (Bag Pouch) juga merupakan alat kerja yang banyak digunakan atau dibawa oleh seorang teknisi listrik. Tas pinggang (Bag Pouch) berfungsi sebagai wadah atau tempat untuk menyimpan berbagai peralatan dan alat kerja sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana saat bekerja.

9. Multitester
Alat yang selalu dibawa teknisi listrik
Multitester, Multimeter, atau AVO meter merupakan salah satu alat kerja seorang tukang listrik yang sangat penting. "AVO (Ampere, Volt, Ohm)"

Multitester, Multimeter, atau AVO meter merupakan salah satu alat kerja seorang tukang listrik yang sangat penting. "AVO (Ampere, Volt, Ohm)"

Multi tester berguna untuk melakukan berbagai pengukuran yang menyangkut dengan kelistrikan, seperti untuk mengukur besar tegangan listrik (Volt)), untuk mengukur arus listrik DC, mengukur nilai resistor (Tahanan), dan lain sebagainya. Multi tester yang biasa digunakan oleh seorang teknisi listrik ada 2 macam, yaitu:
  • Multi tester Analog
  • Multi tester Digital
10. Tang Ampere
apa saja alat kerja teknisi listrik
Tang ampere (Clamp Meter) merupakan alat kerja listrik yang berfungsi untuk mengukur besaran Arus listrik AC.

Cara mengukur Arus listrik dengan menggunakan Tang ampere sangat praktis dan mudah, hanya dengan menjepit (Melingkarkan) bagian Tang ampere yang menyerupai tang (Penjepit), maka besar arus yang mengalir pada suatu kabel dapat diketahui, tanpa harus membuka atau memutuskan kabel tersebut.

Jika Multitester dapat digunakan untuk mengukur Arus (Ampere) listrik searah (DC), maka Tang Ampere (Clamp Meter) dapat digunakan untuk mengukur besar Arus listrik AC (Arus bolak-balik).

11. ELCB Tester
Apa saja alat kerja teknisi listrik
ELCB Tester adalah suatu alat kerja listrik yang berfungsi untuk mengetahui kondisi atau kehandalan dari suatu alat pengaman anti kontak (ELCB) yang sudah terpasang pada suatu instalasi listrik.

ELCB tester dapat mengetahui apakah ELCB (Anti Kontak Listrik) yang terpasang masih dalam kondisi bagus dan dapat memberikan perlindungan pada saat terjadi kebocoran listrik (Kesetrum).

12. Megger (Mega Ohm Meter)
berbagai alat kerja teknisi listrik
Megger (Mega ohm Meter) atau Insulation tester merupakan alat kerja listrik yang berfungsi untuk mengukur kondisi isolasi dari suatu kabel penghantar listrik.

13. Temperature Infrared
fungsi berbagai alat kerja listrik
Temperature Infrared (Non-contact) merupakan alat kerja atau alat ukur suhu dengan prinsip kerja Infra-merah. Alat ukur Temperature Infrared ini dapat mengukur suhu suatu benda tanpa harus bersentuhan langsung dengan benda yang diukurnya.

Alat ini digunakan untuk mengetahui kondisi berbagai peralatan listrik, seperti kondisi Suhu Kabel, Suhu Transformer, Suhu sambungan-sambungan kabel, Suhu terminal-terminal kabel, suhu Capasitor, suhu motor listrik dan berbagai peralatan listrik lainnya.

Seperti kita ketahui, jika berbagai peralatan listrik memiliki suhu panas yang cukup tinggi, akan mengakibatkan berbagai kerusakan dan bahkan dapat menimbulkan api atau kebakaran.

Oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan secara berkala terhadap kondisi Suhu/Panas berbagai peralatan listrik dan instalasi dengan menggunakan IR-Temperature.

14. Vibration test
Apa saja alat kerja listrik
Vibration Test (Vibration Pen) merupakan alat kerja listrik yang berfungsi untuk mengukur besar getaran berbagai peralatan listrik, motor listrik, genset, dan sebagainya.

Pengukuran Getaran (Vibrasi) sangan penting untuk dilakukan agar mengetahui kondisi berbagai mesin, peralatan listrik yang sedang beroperasi, dan selanjutnya untuk dapat direncanakan perawatan dan perbaikan pada mesin-mesin tersebut.

15. Earth tester
Apa saja peralatan kerja teknisi listrik
Earth tester (Grounding Tester) merupakan alat kerja listrik yang berfungsi untuk melakukan pengukuran terhadap kondisi Grounding atau pentanahan yang sudah terpasang. Grounding ((Pentanahan) diukur untuk mengetahui berapa nilai tahanan groundingnya, Nilai tahanan grounding sebaiknya dibawah 2 ohm. (<2 ohm).

Posting Komentar untuk "15 Alat kerja teknisi listrik dan kegunaannya"