Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa fungsi Proximity, dan Prinsip kerjanya

Apa itu Proximity?

Proximity adalah Jarak atau kedekatan
Apa itu Proximity Sensor?
Sensor Proximity (Proximity Sensor) adalah suatu Perangkat yang berfungsi sebagai pendeteksi (Sensor) perubahan jarak suatu benda terhadap sensor tersebut, dan umumnya Proximity dapat bekerja dengan sensitifitas perubahan jarak yang sangat kecil, sekitar 1 mm.

Apa itu Proximity Switch?
Proximity Switch adalah Suatu perangkat sejenis saklar(Switch) yang dapat bekerja untuk menghubungkan atau memutuskan rangkaian dengan prinsip kerja deteksi kedekatan benda terhadap sensor Proximity.
Proximity, fungsi dan cara kerjanya
Proximity Sensor
Proximity sensor hanyalah suatu sensor, yang biasanya harus dilengkapi juga dengan sistem selanjutnya mau diapakan hasil sensor tersebut. Proximity Switch adalah proses selanjutnya dari Sensor Proximity, dan mengirimkan sinyal untuk sistem otomatis ke berbagai perangkat lainnya.

Proximity Sensor (sensor proximity) dapat mendeteksi kedekatan (jarak) benda yang terbuat dari berbagai bahan, baik Logam maupun Non logam.

Proximity banyak digunakan untuk sistem otomatisasi diberbagai industri-industri, karena memiliki tingkat keakuratan dan sensitifitas sensor yang sangat baik.

Sedikit saja terjadi pergeseran atau Perubahan jarak suatu benda dari sensor Proximity, maka sensor Proximity akan bekerja dan mengirimkan sinyal yang dihubungkan dengan berbagai sistem otomatisasi.

Proximity sensor hanya digunakan untuk mendeteksi atau mengetahui keberadaan suatu objek atau benda, dan bukan untuk melakukan pengukuran dan sebagainya.

Contoh penggunaan Proximity sensor yang belakangan ini banyak dijumpai yaitu:

Proximity sensor pada sensor ponsel Android
Pada Ponsel pintar berbasis android dan Layar sentuh, sudah dilengkapi dengan sensor kedekatan (Proximity), saat ponsel tersebut menerima atau melakukan panggilan, layar masih terbuka sampai kita dekatkan ke telinga maka ponsel akan terkunci secara otomatis.

Proximity yang biasa digunakan pada smartpone ini yaitu jenis Ultrasonic (Photo-electric) Proximity.

Jenis-jenis Proximity
Berdasakan prinsip kerja Proximity dan jenis bahan yang disensor, Proximity Sensor terbagi dalam 3 jenis, yakni:

1. Proximity Inductive
Proximity jenis ini memiliki sensor yang bekerja berdasarkan induksi magnetik, saat area sensing terdapat benda sejenis logam, maka induksi magnetik dari sensor akan mengalami perubahan, perubahan nilai induksi inilah yang akan menyatakan perubahan jarak benda yang terjadi pada area Sensing.

Proximity sensor Inductive hanya mendeteksi perubahan jarak objek yang berbahan logam, Sehingga sensor masih dapat bekerja meski logam tersebut terhalang benda yang Non logam.

Proximity ini biasa dipakai untuk Logam Detektor, dan sebagainya.

Sebagai contoh, Suatu Sensor proximity yang sudah dipasang sedemikian rupa, dengan diletakkan benda sejenis logam dengan jarak tertentu dari Sensor.

Proximity akan mengirimkan sinyal ke sistem kontrol atau otomatisasi, jika terjadi perubahan nilai induksi magnetik, yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Benda logam yang diletakkan sebelumnya, mengalami pergeseran jarak, bertambah jauh atau bertambah dekat.
  • Terdapat benda logam lainnya, yang masuk ke area sensing alat proximity tersebut.

2. Proximity Capacitive
Proximity jenis ini dapat digunakan untuk mendeteksi jarak atau kedekatan berbagai objek dengan bahan dari Logam maupun Non Logam (Kayu, Plastik, Beton, Kaca, dsb).

3.Photo-Electric Proximity
Proximity ini dapat digunakan untuk mendeteksi jarak (kedekatan) benda dari berbagai bahan jenis padat, baik Logam maupun Non-Logam.

Selain itu, Sensor jenis Photo-Electric dapat digunakan untuk sensor benda yang berada atau memiliki jarak cukup jauh dari posisi sensor, bahkan dapat mendeteksi perubahan jarak benda sejauhu belasan Meter.

Berdasarkan Tegangan kerjanya (Supply Voltage), Proximity Sensor dibagi menjadi:
  • Proximity Sensor dengan Tegangan kerja 10-30 VDC
  • Proximity Sensor dengan Tegangan kerja 24-240 VAC

Berdasarkan Output (Nilai keluaran), Proximity sensir dibagi menjadi:
  • Output NPN NO
  • Output NPN NC
  • Output PNP NO
  • Output PNP NC
  • Output PNP NO+NC
  • Output NPN NO+NC
  • Output NO
  • Output NC
  • Output NO+NC
  • Output Lights On/Off

Dengan mengenal serta mengetahui fungsi dan prinsip kerja dari perangkat yang disebut dengan Proximity, kita dapat mengembangkan penggunaannya untuk berbagai kebutuhan, sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi masing-masing.

Posting Komentar untuk "Apa fungsi Proximity, dan Prinsip kerjanya"