Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang dimaksud dengan KUMON

Tentang Metode KUMON
Kumon adalah salah satu program pendidikan non formal, yang sudah sangat terkenal di dunia.
Cara belajar dengan Metode Kumon ini pertama kali diperkenalkan tahun 1958 di Osaka, Jepang oleh seorang ahli Matematika dari Jepang yang bernama TORU KUMON.

Toru Kumon
Toru Kumon adalah seorang ahli Matematika dari Jepang yang mengembangkan metode belajar KUMON, ia lahir di Prefektur Kochi, Jepang pada tanggal 26 Maret 1914 dan meninggal tahun 1995.

Metode Kumon ini diambil dari nama penemunya yaitu Toru Kumon.

kumon itu apa
Source : kumonglobal.com

KUMON

Mata pelajaran yang diajarkan pada Kumon ini adalah pelajaran Matematika dan bahasa inggris.

Hingga tahun 2007 saja, sudah lebih dari 4 juta anak yang ikut dalam metode pembelajaran KUMON ini, yang tersebar di seluruh dunia di 47 negara, dengan lembaga pendidikan kumon sebanyak 26.000.

Lembaga Kumon memiliki logo berbentuk simbol wajah seorang anak yang sedang berfikir, dan menggunakan lingkaran melambangkan huruf O, yang diambil dari kata KUMON.

Lembaga pendidikan KUMON, menggunakan metode belajar dengan cara perseorangan di Level awal.

Setiap anak yang belajar di Kumon, akan melalui Level pertama dengan menyelesaikan berbagai lembar kerjanya, Level belajar setiap anak dapat dilalui setelah menyelesaikan berbagai lembar kerja tanpa kesalahan, dan bahkan jika seorang anak mampu dengan cepat menyelesaikannya, dapat melampaui level anak-anak diatasnya.

Lembar kerja yang digunakan KUMON, benar-benar sudah dirancang agar dapat membantu kemajuan pendidikan anak secara bertahap dan langkah yang kecil.

Contoh soal dan penjelasannya diberikan secara jelas, pada saat diperkenalkan pada topik pembelajaran yang baru, agar dapat mendorong anak belajar secara mandiri.

Kumon memiliki tujuan agar dapat membentuk individu setiap siswa menjadi handal, cakap serta dapat menentukan jalan hidupnya sendiri dengan baik.

Lembaga pendidikan belajar KUMON ini sudah ada di Indonesia, yang berkantor pusat di Serpong, Jakarta Selatan.

Di Indonesia sendiri, program belajar dengan metode Kumon ini sudah tersebar di berbagai Provinsi dan Kota-kota besar lainnya, seperti:

BALI, BEKASI, BOGOR, DEPOK, DI. YOGYAKARTA, JAKARTA BARAT, JAKARTA PUSAT, JAKARTA SELATAN, JAKARTA TIMUR, JAKARTA UTARA, JAMBI, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR, KALIMANTAN BARAT, KALIMANTAN SELATAN, KALIMANTAN TENGAH, KALIMANTAN TIMUR, KARAWANG, KEPULAUAN RIAU, LAMPUNG, NUSA TENGGARA BARAT, RIAU, SULAWESI SELATAN, SULAWESI UTARA, SUMATERA BARAT, SUMATERA SELATAN, SUMATERA UTARA, TANGERANG.


Program-program KUMON
  • Program Matematika
  • Program Bahasa Ibu
  • Program Bahasa Asing
Program Bahasa Asing di Kumon antara lain, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang.

  • Pelatihan untuk kemampuan otak (SAIDO Learning)
(Belum tersedia di Indonesia)

  • Tulisan Tangan dan Kaligrafi Kumon
( Belum tersedia di Indonesia )


Untuk pendaftaran dan info lebih lengkap tentang metode belajar KUMON, kunjungi "KUMON INDONESIA"


Sumber: kumonglobal.com

Posting Komentar untuk "Apa yang dimaksud dengan KUMON"