Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips sebelum membeli Hape bekas

Tentunya, setiap barang baru lebih terjamin daripada barang bekas atau seken, begitu juga halnya dengan Handphone, atau Smartphone Android. Siapapun ingin memiliki Handphone baru, tentu semua orang lebih memilih handphone atau smartphone android baru ketimbang harus membeli handphone bekas.

Namun terkadang karena masalah dana yang dimiliki tidak cukup untuk membeli handphone Android baru, maka alternatif lain adalah membeli handphone bekas/seken dengan tipe atau spesifikasi handphone yang sama, namun dengan harga yang tentunya lebih murah. Bagaimana cara memilih Handphone Bekas namun bagus dan berkualitas?

cara memilih dan membeli hape bekas yang bagus

Apakah membeli handphone, smartphone android bekas, kualitasnya masih bisa terjamin?

Kebanyakan orang memiliki anggapan, bahwa membeli handphone bekas, akan mudah rusak, kualitasnya tidak terjamin dan mengecewakan. Namun, sebenarnya tidak semua Handphone bekas tersebut jelek, mudah rusak dan tidak berkualitas, jika kita dapat memilihnya dengan benar dan teliti.

Lalu bagaimana cara memilih Handphone bekas dengan kualitas yang masih bagus, terjamin dan tidak mengecewakan?

Meskipun handphone atau smartphone android yang anda beli adalah handphone bekas, tentu anda juga mengharapkan dapat memilih dan membeli handphone, smartphone android bekas dengan kondisi yang masih bagus, kualitas terjamin dan tidak mengecewakan.

Bagi anda yang saat ini sedang berencana untuk membeli handphone atau smartphone android bekas, atau handphone seken, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan saat memilih handphone seken, agar mendapatkan handphone bekas dengan kualitas yang masih bagus dan tidak mengecewakan.

11 Tips sebelum membeli Handphone bekas

1. Spesifikasi handphone
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan pilihan handphone, pastikan tipe atau spesifikasi handphone yang ingin anda beli.

Tentukan spesifikasi handphone bekas yang ingin anda beli, agar dapat memilih Handphone bekas yang sesuai dengan kebutuhan anda. Handphone atau smartphone android menjadi pilihan yang bagus untuk saat ini.

2. Bandingkan harga
Hal yang kedua yang perlu anda lakukan adalah melakukan perbandingan harga. Anda perlu melakukan beberapa perbandingan harga, antara lain:
  • Bandingkan harga Handphone bekas yang ingin anda beli dengan harga Handphone baru dengan spesifikasi, merek dan tipe yang sama.
Perbandingan harga handphone bekas biasanya berkisar 60% sampai 80% dari harga handphone baru.
Tentunya semakin tinggi persentase harga handphone bekas dengan yang baru, menandakan handphone tersebut memiliki kondisi dan kualitas yang lebih bagus.

Kita ambil contoh:
Harga Smartphone Android Samsung J5 yang baru adalah sekitar Rp. 2,3jt, lalu harga Smartphone Android samsung J5 yang bekas/seken adalah Rp. 1,7 juta atau sekitar 73% dari harga baru.

Harga Handphone bekas/seken sebesar 73% dari harga baru ini termasuk normal dan menandakan kualitas handphone bekas tersebut masih lumayan bagus.

Namun jika anda ditawarkan Smartphone Android J5 yang bekas dengan harga hanya 50% dari harga baru, atau sekitar Rp. 1jutaan. Kondisi dan Kualitas handphone bekas tersebut juga hanya sekitar 50% dari yang baru.
  • Lakukan perbandingan harga dari beberapa toko/counter handphone yang berbeda.
Bandingkan harga handphone bekas tersebut dari satu toko/counter dengan harga handphone bekas dengan spesifikasi yang sama di toko/counter lain.
  • Coba cari informasi di internet mengenai Daftar terbaru harga handphone bekas.
Lalu bandingkan harga handphone bekas yang ingin anda beli dengan harga handphone bekas dari internet dengan spesifikasi yang sama. Semua orang tentunya akan memilih harga yang termurah, namun biasanya kualitas tidak jauh beda dengan harganya.

3. Ketahui pemiliknya
Hal ketiga yang bisa anda jadikan pedoman sebelum memilih handphone bekas yang bagus dan memiliki kualitas terjamin adalah sebisa mungkin ketahui siapa pemilik handphone tersebut sebelumnya.

Cara terbaik untuk membeli handphone bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan membeli handphone bekas milik teman, keluarga, tetangga atau dari orang yang anda kenal sebelumnya. Cara ini akan memberikan berbagai keuntungan bagi anda dalam membeli handphone bekas, antara lain:
  • Harganya akan lebih murah
  • Kualitasnya bisa kita ketahui dari pemiliknya langsung.
  • Dapat dikembalikan jika ternyata kualitasnya jelek.
Namun, Jika anda membeli handphone bekas di toko/counter, coba tanyakan Siapa pemilik sebelumnya. Tentunya yang dimaksud dengan siapa pemilik Handphone sebelumnya disini bukanlah nama orangnya, melainkan pemiliknya Wanita atau Pria, remaja atau orang tua, atau profesinya. Dari informasi ini, dapat kita ambil beberapa kesimpulan mengenai kualitas Handphone bekas tersebut, misalnya:

Cek Data pemilik:
  • Kondisi Handphone bekas yang pemilik sebelumnya adalah seorang wanita biasanya akan berbeda dibanding jika pemilik sebelumnya adalah pria.
  • Handphone bekas yang pemilik sebelumnya adalah seorang Dokter, biasanya akan berbeda kondisinya dibanding dengan Handphone bekas yang pemilik sebelumnya adalah seorang Montir.
4. Periksa kondisi Fisik Handphone tersebut
Hal keempat adalah yang pastinya dilakukan semua orang sebelum membeli, yaitu memeriksa kondisi fisik handphone bekas tersebut. Pilihlah Handphone bekas yang kondisinya masih mulus, tidak banyak goresan, dan warnanya masih cerah.

5. Periksa Stiker garansi
Hal kelima adalah periksa segel.
Pada setiap Handphone baru tentunya dipasangi Stiker garansi atau segel, jika segel rusak ini menandakan Handphone bekas tersebut sudah pernah dibongkar atau diperbaiki.

Sebaiknya pilihlah Handphone bekas yang segelnya masih utuh dan belum rusak, baik stiker garansi yang ada pada penutup (Casing), pada sekrup dibagian dalam, dan segel di bagian mesin handphone tersebut.

6. Periksa Kotak Handphone
Hal yang keenam adalah periksa kotak handphonenya.
Handphone atau smartphone android bekas sekalipun juga lebih baik jika ada kotaknya, kotak handphone ini berguna bagi kita untuk melihat spesifikasi yang tercantum dan nomor IMEI handphone bekas tersebut.

Sekaligus didalamnya juga terdapat asesoris lainnya, seperti buku petunjuk, buku garansi, headset, charger, disk, dan lainnya. Belilah handphone bekas yang masih lengkap dengan kotak dan asesoris lainnya.

7. Periksa nomor IMEI
Hal ketujuh adalah periksa nomor IMEI.
Setiap perangkat handphone atau smartphone android, pastinya memiliki nomor IMEI masing-masing yang bertujuan menandakan Handphone tersebut asli.
IMEI: International Mobile Equipment Indentity
Nomor IMEI ada pada kotak handphone, dan ada pada handphone tersebut, lihat nomor IMEI yang tertulis di kotak handphone tersebut, lalu samakan dengan nomor IMEI yang ada pada Handphone tersebut. Cara melihat nomor IMEI pada ponsel adalah dengan menekan tombol *#06#.

8. Periksa kondisi layar
Hal kedelapan adalah periksa kondisi layar LCD, Touchscreen.
Layar sentuh (Touch screen) adalah ciri khas dari Handphone Smartphone Android, periksa kondisi layar apakah masih dalam kondisi baik, dan masih lancar.

Anda dapat mencoba menekan beberapa tombol pada handphone android tersebut, rasakan bagaimana respon atau gerakan yang ada dilayar. Jika agak lambat, atau terkadang tidak ada respon, kemungkinan layar sentuhnya mulai ada masalah.

9. Periksa kondisi Batere
Hal kesembilan adalah periksa Baterenya.
Periksa kondisi fisik dan ketahanan batere handphone android tersebut, pastikan kondisi masih mulus dan tidak gelembung, Batere yang gelembung menandakan kondisinya sudah soak (rusak). Periksa juga keaslian batere yang digunakan, biasanya terdapat stiker tanda batere tersebut masih asli.

10. Jalankan berbagai fungsi Handphone
Hal kesepuluh adalah menguji handphone android tersebut, pastikan semua fungsi yang ada pada smartphone atau handphone bekas yang akan anda beli dapat dioperasikan dengan lancar.

Test fungsi:
  • Test fungsi kamera dan hasil jepretan
  • Test pemutar musik, naik-turunkan volumenya
  • Test pemutar video dan rekam video.
  • Test untuk melakukan panggilan, dengarkan suara kita di handphone lain, dan suara di speaker handphone yang akan kita beli, pastikan suaranya jelas dan jernih dengan volume yang dapat diatur.
  • Test kualitas penerima sinyal dengan melakukan browsing dan putar video online.
  • Test memory eksternal dan internal, Jumlah memory sesuai dengan spek memory, dan data yang tersimpan.
11. Garansi
Terakhir, minta Garansi. Sebaiknya pilihlah Handphone android yang masih memiliki garansi nasional, atau paling tidaknya minta garansi dari toko/counter tersebut.

Posting Komentar untuk "11 Tips sebelum membeli Hape bekas"