Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggunakan Digital Thickness meter untuk mengukur ketebalan

Cara mengukur ketebalan benda dengan Thickness meter Ultrasonic. Untuk mengetahui ketebalan suatu benda, dapat diukur dengan menggunakan beberapa alat ukur, seperti, Thickness meter (Digital), Micrometer, Sigmat atau Jangka sorong atau Meteran.

Namun untuk beberapa bentuk benda seperti misalnya, dinding, tabung, tangki, atau bentuk benda lainnya yang hanya tampak satu sisi permukaan, ketebalannya dapat diukur dengan menggunakan Alat ukur ketebalan Thickness meter ultrasonic.
bagaimana cara menggunakan thickness meter
Thickness Meter
Lalu bagaimana cara menggunakan Thickness meter Ultrasonic untuk mengukur ketebalan berbagai benda?

Jika biasanya untuk mengukur ketebalan suatu benda dengan menggunakan alat ukur seperti Jangka sorong kita harus melakukan pengukuran dengan meletakkan alat ukur pada kedua sisi permukaan benda.

Alat ukur ketebalan Thickness meter digital ini sangat mudah digunakan, cukup dengan menempelkan Test Probe ke satu permukaan benda yang akan diukur maka kita akan mengetahui ketebalan benda tersebut. Salah satu contoh Thickness meter digital yang banyak digunakan adalah Ultrasonic Thickness Gauge TT100 merk Time.

Cara menggunakan Digital Thickness meter untuk mengukur ketebalan

cara mengukur ketebalan dengan thickness meter ultrasonic
Alat ukur ketebalan (Thickness Meter)
Cara mengukur ketebalan dengan Digital Thickness meter ultrasonic adalah:
  • Persiapkan alat ukur Thickness meter, periksa kondisi alat tersebut, pastikan Batere dalam kondisi baik.
  • Bersihkan permukaan benda yang akan diukur, pastikan permukaan benda benar-benar bebas dari kotoran dan benda lainnya yang akan mengurangi keakuratan hasil pengukuran.
  • Oleskan Grease pada permukaan benda yang akan diukur ketebalannya
  • Luas permukaan yang dibersihkan dan dioleskan Grease tidak perlu terlalu lebar, cukup kira-kira selebar alat ukur test probe Thickness meter tersebut (kira-kira 3 cm2)
  • Lalu nyalakan alat ukur thickness meter digital tersebut dengan menekan tombol ON.
  • Bersihkan permukaan test probe.
  • Sebelum melakukan pengukuran, lakukan verifikasi alat tersebut terlebih dahulu untuk memastikan alat tersebut berfungsi dengan baik.
  • Cara melakukan verifikasi alat tersebut adalah, dengan mengoleskan sedikit grease pada permukaan test probe dan menempelkan Test probe pada permukaan logam bulat yang ada di alat tersebut.
  • Setelah test probe ditempelkan pada permukaan logam di alat tersebut, lalu tekan dan tahan tombol ZERO beberapa saat, sampai terlihat hasil pegukuran sebesar 4,0mm pada layar alat ukur.
  • Lalu tempelkan test probe pada permukaan benda yang akan diukur, yang telah dibersihkan dan diberi grease sebelumnya.
  • Untuk memastikan apakah pengukuran sudah benar-benar terlaksana, pada layar alat ukur akan tampil simbol pengukuran.
  • Oleh karena itu, pada saat melakukan pengukuran pastikan simbol pengukuran sudah tampil dilayar menandakan pengukuran telah berhasil dengan baik.
  • Jika simbol pengukuran pada layar tidak tampil, ini menandakan bahwa permukaan yang diukur kurang bersih, ulangi pengukuran dengan membersihkan permukaan benda.
  • Pastikan pengaturan Nilai Velocity pada alat sudah sesuai dengan Velocity jenis benda yang akan diukur. dengan menekan tombol VEL pada alat tersebut.

Pengaturan VEL (Velocity)
Satu hal yang tak kalah pentingnya, adalah menyesuaikan Velocity, Pengaturan velocity dimaksudkan untuk membedakan jenis benda yang akan diukur.

Nilai Velocity harus diatur terlebih dahulu dan disesuaikan dengan material benda yang akan diukur ketebalannya.

Karena alat ukur thickness meter digital ini memiliki kelebihan yaitu dapat melakukan pengukuran pada benda logam dan non logam, dan dapat melakukan pengukuran pada berbagai material atau jenis benda.

Contoh:
Untuk melakukan pengukuran benda jenis logam aluminium, atur velocity dengan menekan tombol VEL beberapa kali sampai tampil angka 6320 atau 6400 m/s.

(Velocity aluminium adalah 6320 - 6400 m/s).

Atau jika benda yang diukur berbahan Porselin,maka lakukan pengaturan Velocity dengan menekan tombol VEL beberapa kali sampai di dapat angka 5600 atau 5900 m/s pada layar alat tersebut.

(Velocity porselin adalah 5600 - 5900 m/s)

Untuk memudahkan pengaturan Velocity yang disesuaikan dengan berbagai jenis benda, dapat dilihat daftar velocity berbagai benda di bawah ini:
menggunakan thickness meter digital ultrasonic untuk mengukur ketebalan benda
Velocity untuk mengukur ketebalan benda
Fungsi Tombol
Pada alat ukur ketebalan Ultrasonic Thickness meter Digital TT100 terdapat 3 jenis Tombol, yaitu:
  • Tombol ZERO untuk verifikasi dan kalibrasi.
  • Tombol VEL untuk pengaturan nilai Velocity sesuai dengan jenis benda.
  • Tombol ON untuk menyalakan alat.

Demikianlah sedikt penjelasan tentang alat ukur ketebalan benda, Thickness meter ultrasonic dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat!


Digital ultrasonic thickness testers Time TT100

Posting Komentar untuk "Cara menggunakan Digital Thickness meter untuk mengukur ketebalan"