Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips memilih Lampu penerangan yang bagus

Bagi anda yang ingin membeli Lampu untuk penerangan, Baik itu untuk menggantikan lampu lama yang sudah rusak atau mungkin anda sedang memasang instalasi listrik di rumah dan mempersiapkan lampu penerangan yang akan di beli. Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memilih lampu yang bagus untuk penerangan. Apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum memilih lampu yang bagus untuk penerangan di rumah?

Panduan memilih Lampu penerangan sesuai dengan kebutuhan anda

memilih lampu yang bagus untuk penerangan dirumah

1. Indoor atau Outdoor
Hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli lampu penerangan adalah dimana lampu penerangan tersebut akan dipasang?, Apakah lampu tersebut akan dipasang didalam atau diluar rumah?, Lampu untuk penerangan diteras rumah, di dalam kamar, di taman, atau di tempat lainnya?

Lampu Indoor
Lampu yang khusus di desain hanya untuk pemasangan didalam ruangan atau biasa disebut Lampu Indoor. Jika lampu yang anda butuhkan untuk dipasang di dalam ruangan, maka lampu yang anda pilih adalah lampu jenis Indoor. Lampu Indoor hanya dapat dipasang di dalam ruangan, dan jangan pasang lampu Indoor untuk diluar ruangan karena lampu ini tidak kedap air.

Lampu Outdoor
Lampu outdoor memang didesain untuk pemasangan di luar ruangan, sehingga Lampu ini memiliki kelebihan yaitu dilengkapi penutup yang kedap air. Jika lampu yang anda butuhkan untuk dipasang diluar ruangan, seperti di teras, di taman, maka anda sebaiknya memilih lampu dengan jenis lampu Outdoor.

Meski Lampu outdoor juga dapat dipasang di dalam ruangan maupun di luar ruangan, namun mengingat harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga lampu indoor, maka lebih baik anda menggunakan lampu indoor untuk di dalam ruangan.

2. Jenis lampu
Berbagai jenis lampu yang dapat kita jumpai di pasaran, dan semuanya menawarkan berbagai kelebihannya masing-masing.

Apa saja jenis-jenis lampu penerangan tersebut?, Berikut sedikit penjelasan untuk pedoman anda sebelum memilih lampu yang bagus.

Lampu pijar
tips sebelum membeli lampu terbaik untuk dirumah
Lampu Pijar termasuk jenis lampu yang sudah ada sejak dulu, Bentuknya yang bulat sedikit lonjong dan terbuat dari kaca yang transparan. Lampu pijar biasa disebut juga dengan Bohlam. Jika anda menginginkan lampu dengan harga yang murah, tentu lampu pijar adalah pilihan yang tepat, karena harga lampu pijar termasuk yang paling murah dibanding berbagai jenis lampu lainnya.

Namun Lampu pijar memiliki beberapa kekurangan, yaitu:
  • Cahayanya kurang nyaman jika digunakan untuk menerangi ruangan-ruangan utama di rumah anda.
  • Tidak hemat energi, atau boros listrik.
  • Umur pemakaiannya relatif pendek (sekitar 1000 jam pakai), sehingga anda akan sering mengganti bola lampu ini karena mudah rusak.

Lampu Neon
memilih lampu yang bagus untuk penerangan dirumah
Lampu Neon atau lampu TL (Tube Lamp) atau lampu Fluorescent, Cahaya dari lampu Neon terasa lebih nyaman dan terang dibanding lampu pijar. Lampu TL atau Neon juga termasuk lampu yang hemat energi, sehingga dapat menjadi pilihan yang bijak terutama untuk mengurangi pemakaian listrik. Karena cahaya lampu TL 40 watt masih jauh lebih terang dibanding dengan lampu pijar yang 100 watt.

Umur pemakaian lampu TL juga tergolong lebih lama, bahkan anda dapat menggunakannya sampai 10.000 jam dengan catatan Pilihlah Lampu TL dengan merek yang bagus.

Kekurangan Lampu neon:
  • Lampu TL memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan lampu pijar.
  • Bentuknya yang memanjang sehingga membutuhkan lokasi pemasangan yang lebih luas.
  • Apalagi bagi anda yang ingin memiliki plafon ruangan utama yang terkesan elegan dan mewah, Lampu TL akan mengurangi keindahan ruangan anda.
  • Perbaikan Lampu TL juga tergolong lebih sulit, karena memiliki berbagai komponen yang bisa saja rusak, seperti bola lampu, Ballast, starter.

Lampu Flourescent Hemat energi
tips sebelum membeli lampu terbaik untuk dirumah
Lampu Flourescent atau Lampu hemat energi menjadi pilihan selanjutnya bagi anda yang ingin memilih lampu penerangan yang bagus. Sebenarnya lampu hemat energi ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan lampu Neon, namun bentuknya lebih simple, tabung bulat melengkung membentuk huruf U, dan ada juga berbentuk spiral.

Berbagai kelebihan dari Lampu hemat energi, seperti:
  • Hemat listrik.
  • Cahayanya lebih terang dan nyaman di mata meski dengan daya listrik yang kecil.
  • Bentuknya yang simple, sehingga tidak membutuhkan tempat yang luas dibanding lampu neon.
  • Dapat dijadikan pilihan bagi anda yang ingin memiliki plafon ruangan yang mewah dan elegan.
  • Harganya juga masih lebih murah jika dibanding dengan lampu TL.
  • Memiliki usia teknis pemakaian yang lebih lama, bahkan bisa mencapai 10.000 jam pemakaian.

Lampu LED
memilih lampu yang bagus untuk penerangan dirumah
LED adalah singkatan dari Light-emitting diode, Lampu LED adalah jenis lampu yang terbaru dan lebih canggih dari jenis lampu lainnya, Memiliki Cahaya yang jauh lebih terang, Lampu LED dengan daya 4 watt cahayanya hampir sama dengan Bohlam 25 watt.

Lampu ini sangat Hemat terhadap pemakaian listrik anda, Meski harganya relatif jauh lebih mahal dibanding berbagai jenis lampu lainnya, namun jika kita hitung untuk jangka panjang akan lebih hemat. Lampu LED memiliki umur teknis yang sangat lama, dapat digunakan sampai 15.000 jam, kalau rata-rata pemakaian selama 10 jam/hari maka dapat bertahan selama lebih dari 4 tahun.

3. Harga
tips sebelum membeli lampu terbaik untuk dirumah
Dalam memilih suatu produk, sebelum membelinya pasti kita akan mempertimbangkan masalah Harga. Semua orang pasti menginginkan harga yang murah dengan kualitas bagus, Namun kenyataannya hal ini akan berbanding lurus, harga murah kualitas kurang bagus dan harga mahal kualitas lebih baik.

Sebagai alternatif, anda dapat memilih lampu yang tidak terlalu mahal namun memiliki kualitas menengah. Dan satu hal yang perlu kita ingat bahwa, biaya terbesar yang kita keluarkan untuk lampu penerangan bukanlah biaya saat membelinya, namun yang terbesar adalah biaya listrik untuk lampu tersebut.

Lebih baik membeli lampu dengan harga sedikit lebih mahal, namun pemakaian listrik hemat dan umur lampu lebih lama. daripada harga lampunya murah tapi listriknya boros dan mudah rusak.

4. Merek lampu
memilih lampu yang bagus untuk penerangan dirumah
Berbagai merek Lampu yang ada di pasaran menjadikan kita bingung dalam menentukan pilihan yang terbaik. Namun salah satu Tips untuk memilih lampu yang bagus adalah Pilihlah merek lampu yang memiliki standarisasi SNI. atau anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada teman atau kerabat mengenai merek lampu yang bagus, tentunya merek lampu yang bagus adalah yang jarang mendapat keluhan dari konsumen.

Jangan mudah tergoda dengan berbagai diskon, dan lklan yang berlebihan, logikanya Lampu yang memang bagus tidak perlu melakukan promo yang berlebihan, karena konsumen juga tahu menilainya. Merek lampu yang memiliki garansi bisa menjadi alternatif anda. meski bukan berarti lampu tanpa garansi itu kurang bagus.

5. Watt lampu
memilih lampu yang bagus untuk penerangan dirumah
Memilih lampu yang bagus, termasuk juga menentukan berapa Watt lampu yang harus anda beli. Bagaimana menentukannya?, Untuk menentukan berapa watt lampu yang harus anda beli, terlebih dahulu tentukan dimana lampu ini akan dipasang dan berapa luas ruangan tersebut. Karena masing-masing ruangan memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda.
Rumus menghitung kebutuhan lampu

Tips tambahan,
Jika dalam suatu ruangan dibutuhkan lampu dengan daya 40 Watt, anda dapat memilih lampu 20 watt dipasang sebanyak 2 buah di ruangan tersebut. Keuntungannya, jika salah satu lampu rusak, masih ada satu lampu lagi yang masih menyala, Selain itu jika ruangan tersebut sedang tidak ada orang, cukup nyalakan satu lampu saja. pasti lebih hemat listrik.


Demikianlah sedikit penjelasan tentang bagaimana cara memilih lampu penerangan yang bagus, Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Tips memilih Lampu penerangan yang bagus"