Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan lengkap tentang satuan Daya listrik Watt, KW, HP, PK dan sejarahnya

KW (Kilowatt), HP (Horse Power), PK (Paar den Kracht) dan PS (PferderStaerke)
Pada peralatan listrik yang biasa kita gunakan sehari-hari, kita pasti pernah menjumpai keterangan bahwa suatu alat listrik tersebut memiliki besaran daya dalam satuan Watt.

Seperti contoh, misalnya alat listrik setrika, biasanya menggunakan daya listrik sebesar 300 watt, atau sebuah lampu penerangan yang kita gunakan memiliki berbagai macam besar daya, ada lampu 5 watt, 18 watt, 26 watt dan lainnya.
menghitung satuan daya listrik hp, kw, watt, pk dan sejarahnya
Mengenal Satuan Daya Listrik (Watt, PK, HP, KW)
Dari beberapa contoh peralatan listrik diatas, kita dapat mengetahui seberapa besar daya listrik yang diperlukan atau yang dikonsumsi oleh suatu peralatan listrik, yaitu dengan melihat besaran daya Watt pada peralatan listrik tersebut.

Namun terkadang, pada beberapa peralatan listrik tidak kita temukan besaran daya berapa Watt, bagaimana mengetahui besaran Wattnya?

Seperti halnya pada sebuah pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner), biasanya tidak kita jumpai keterangan berapa besar daya dalam satuan Watt, yang ada pada suatu pendingin ruangan atau AC (air conditioner) adalah besaran tegangan (volt), besaran arus listrik dalam satuan ampere (amp), dan satuan PK.

Sebenarnya jika kita sudah mengetahui tegangan listrik (Volt) dan Arus listrik (Ampere) dari suatu peralatan listrik, kita sudah bisa mengetahui berapa daya listrik atau berapa Watt yang dibutuhkan atau dipakai oleh peralatan listrik tersebut.

Bagaimana caranya?, Caranya adalah dengan menggunakan rumus daya listrik , yaitu:

Rumus daya listrik 1 phase (220 Volt)

P = V x I
  • P adalah Power atau daya listrik dalam satuan Watt
  • V adalah Voltage atau tegangan listrik dalam satuan Volt
  • I adalah Intensitas atau Arus listrik dalam satuan Ampere
Contoh menghitung daya:
Jika pada sebuah pendingin ruangan atau AC (Air conditioner) tertulis data bahwa tegangan listrik yang digunakan adalah 220 Volt, dan Arus listriknya adalah 1,7 Ampere.

maka daya listriknya adalah:

  • P = V x I
  • P = 220 Volt x 1,7 Ampere
  • P = 374 Watt.
Maka didapat bahwa daya listrik yang dibutuhkan untuk AC (Air conditioner) tersebut adalah 374Watt

Penjelasan tentang satuan Watt, KW, HP, PK, PS

Namun jika kita ingin mengenal dan mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan satuan daya PK yang biasa kita dengar untuk menyatakan besaran daya sebuah pendingin ruangan atau AC (Air conditioner), kita bisa mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini.

Pasti kita lebih sering mendengar istilah PK, pada suatu pendingin ruangan atau AC (Air conditioner), AC (air conditioner) dengan besaran ½ PK, 1 PK, 2 PK, dan lainnya.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan PK pada pendingin ruangan atau AC, dan apakah ada hubungannya dengan daya listrik (Watt)?

Pengertian satuan PK
PK adalah singkatan dari bahasa Belanda yaitu Paar den Kracht, yang artinya daya kuda.
Daya kuda jika dalam satuan daya bahasa inggrisnya adalah Horse Power atau HP.
Sedangkan 1 HP (Horse Power) adalah sama dengan 745,7 watt, atau 0,7457 KW.
1 PK = 1HP = 745,7Watt
1 HP (Horse Power) = 745,7 Watt
1 KW (1000 Watt) adalah sama dengan 1,34 HP
Karena 1 PK sama dengan 1 HP, maka 1 PK sama dengan 745,7 watt.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui bahwa satuan PK yang sering kita dengar dan biasa digunakan untuk satuan daya suatu pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner), sebenarnya adalah termasuk salah satu satuan besaran daya listrik, dan dapat kita konversikan kedalam satuan Watt.

Lalu , timbul pertanyaan lagi, Kenapa satu HP (Horse Power) itu sama dengan 745,7 watt?

Sejarah satuan HP (Horse Power)
Satuan daya dengan menggunakan satuan HP (Horse power) biasa digunakan untuk satuan daya pada electro motor listrik, pada mesin-mesin diesel, dan lainnya.

Satuan daya dengan menggunakan tenaga kuda, daya kuda atau Horse Power (HP), berawal dari seorang ilmuwan penemu mesin uap yaitu James Watt.

Dahulu, Seiring dengan produksi Mesin uap yang dikembangkan oleh James Watt, dan untuk lebih mengembangkan pemasaran mesin uapnya, James watt melakukan perbandingan antara tenaga mesin uap yang diproduksinya dengan Tenaga kuda.

Kenapa mesin uap dibandingkan dengan tenaga kuda?
Pada masa itu, masyarakat pada umumnya menggunakan tenaga kuda sebagai alat penggerak, baik untuk kendaraan, mesin-mesin pabrik dan lainnya.

Agar masyarakat sebagai calon konsumen mau membeli mesin uap yang diproduksi oleh James Watt, maka James Watt melakukan percobaan untuk dapat mengetahui berapa tenaga dari mesin uap yang diproduksinya jika dibandingkan dengan tenaga kuda.

Dengan demikian para masyarakat sebagai calon konsumen dapat menghitung seberapa besar keuntungan yang akan mereka dapatkan, jika tenaga kuda yang biasa mereka gunakan digantikan dengan menggunakan Mesin uap.

James Watt ketika itu menghitung bahwa seekor kuda mampu memutar sebuah alat mesin penggilingan sebanyak 144 kali dalam satu jam atau 2,4 kali dalam satu menit.

Radius dari roda yang berputar adalah 12 kaki, sehingga kuda bergerak sejauh 2.4 x 2pi x 12 kaki dalam satu menit.

James Watt yakin bahwa satu kuda mampu menarik dengan gaya 180 pound, dari data perhitungan ini, didapatkan hasil bahwa:
daya kuda, horse power, HP, KW, PK
Satuan Watt-Tenaga Kuda
Hasil 32.572 kaki-pound / menit dibulatkan menjadi 33.000 kaki-pound / menit.
1 HP (Tenaga Kuda) = 33000 kaki-pound/menit (745,7Watt)
Daya kuda mekanis (mechanical horse power) adalah nilai yang besarnya setara dengan 550 kaki-pound per detik atau 33000 kaki-pound per menit atau setara dengan 745.7 Watt.

Definisi Horse Power, Daya kuda atau tenaga kuda
Horse Power atau daya kuda adalah termasuk salah satu satuan besaran untuk pengukuran daya yang pada umumnya setara dengan 735.5 hingga 745.7 watt.

Dahulu , istilah Horse power atau daya kuda banyak digunakan untuk membandingkan kekuatan antara daya mesin uap dengan daya tarik seekor kuda.

Setelah itu, satuan ini digunakan juga untuk mengukur daya keluaran dari mesin diesel, piston, turbin, motor listrik, dan mesin lainnya.

Berbagai definisi atau arti Horse Power (HP) dilihat dari penggunaannya, antara lain:

Horse Power, daya kuda mekanik
Mechanical Horse Power atau daya kuda mekanik adalah nilai daya yang besarannya sama dengan 550 kaki/detik, atau sama dengan 33.000 kaki-pound/menit.

33.000 kaki-pound / menit sama dengan 745.7 Watt.

Horse Power, daya kuda Metrik
Dalam satuan metrik, satu daya kuda atau satu Horse Power (HP) sama dengan,
75 kgf-m / detik. Nilai ini setara dengan 735,499 Watt.

Daya kuda Boiler atau Boiler Horse Power
Satuan daya kuda boiler dipakai untuk mengukur kemampuan suatu Boiler uap.

Nilai satuan daya kuda boiler sama dengan daya yang dibutuhkan untuk mengubah air menjadi uap sebanyak 34,5 pound air pada suhu 212 derajat Fahrenheit. Nilainya adalah 9809,5 Watt.

Satuan daya kuda atau HP (Horse Power) pada Motor listrik
Satuan daya kuda atau Horse Power (HP) yang biasa digunakan untuk menyatakan besaran daya pada sebuah elektro motor listrik adalah merupakan daya yang dibutuhkan elektromotor tersebut (Daya Output).

Dan nilai satu daya kuda atau Horse Power, 1 HP pada elektro motor sama dengan 746 Watt.

Namun untuk elektromotor listrik yang diproduksi dari benua eropa dengan standar CE (Continental European) menggunakan dua satuan HP (Horse Power).

1 HP pada Elektromotor yang memiliki standar Continental European (CE) biasa juga menggunakan nilai 735 Watt.

PS (PferderStaerke)
Mungkin juga kita pernah mendengar satuan dengan istilah PS, lalu apa yang dimaksud dengan satuan PS, dan berapa besaran nilai dayanya jika diubah ke dalam satuan daya Watt.

Satu lagi satuan daya yang juga sering kita gunakan yaitu PS (PferderStaerke).

PS adalah singkatan dari bahasa Jerman yaitu: PferderStarke

PferderStarke jika diartikan adalah sama juga dengan tenaga kuda, daya kuda, Horse Power (HP).
1 PS = 1 Metrik HP = 735,3Watt
Definisinya sama dengan 1 metrik Horse power (HP), yang nilainya sama dengan 735,3 Watt.

Satuan daya dengan menggunakan istilah PS (PferderStarke) biasa digunakan untuk menentukan kekuatan daya suatu Mobil, Truk, kendaraan, mesin-mesin diesel, dan lainnya


Demikianlah penjelasan mengenai satuan daya listrik dalam satuan Watt, KW (KiloWatt), HP (Horse Power), PK (Paar den Kracht), DK (Daya Kuda), PS (PferderStaerke) yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian kita bisa tahu 1 KW berapa HP, atau 1 HP berapa Watt, 1 PK berapa HP, dan sebaliknya.

Posting Komentar untuk "Penjelasan lengkap tentang satuan Daya listrik Watt, KW, HP, PK dan sejarahnya"