Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghemat pemakaian listrik dengan cara yang sederhana

Besarnya tagihan listrik yang harus dibayarkan setiap bulannya menjadi suatu masalah yang harus kita atasi, dan segera memikirkan cara untuk menurunkan biaya pengeluaran untuk tagihan listrik ini.

Terdapat beberapa cara untuk menurunkan tagihan listrik setiap bulan yang terus membengkak, setelah kita mengetahui cara menghitung tagihan listrik sebulan, selanjutnya kita bisa melakukan beberapa hal untuk menghemat pemakaian listrik, berikut ini.

5 Cara Sederhana menghemat listrik dirumah agar tagihan listrik tidak membengkak

1. Mencabut steker (Colokan) yang sudah tidak dipakai
cara mudah menghemat tagihan listrik dirumah
Banyak orang yang membiarkan steker selalu menempel pada stop kontak, seperti charger ponsel, televisi, digital parabola, Kipas angin dan berbagai peralatan listrik lainnya. Meskipun berbagai peralatan listrik tersebut sebenarnya sedang tidak atau belum digunakan.

Padahal, Jika peralatan listrik memang sedang tidak digunakan sebaiknya cabut steker alat listrik tersebut dari stop kontak, dan colokkan kembali jika ingin digunakan. Karena meskipun sedang tidak digunakan, alat listrik yang masih tersambung ke stop kontak atau sumber listrik, masih memiliki kemungkinan mengkonsumsi energi dan daya listrik.

Dengan kata lain akan ada biaya listrik yang harus anda bayar, saat alat listrik tersambung ke sumber listrik, meski sedang tidak digunakan. Cara Ini terbukti efektif untuk mengatasi tagihan listrik perbulan yang membengkak.
2. Memilih Alat listrik dengan Daya sesuai kebutuhan
cara mudah menghemat tagihan listrik dirumah
Berbagai macam alat listrik yang kita gunakan, seperti Mesin cuci, pendingin ruangan, lemari es, lampu penerangn dan alat listrik lainnya. Apakah ukuran dayanya sudah sesuai dengan ukuran kebutuhan kita secara efektif dan efisien?

Atau bisa jadi alat-alat listrik yang kita miliki ternyata terlalu besar kapasitasnya atau memiliki ukuran yang berlebihan sehingga hal ini sudah termasuk suatu pemborosan daya listrik.

Sebagai contoh: Mesin cuci yang kita butuhkan sebenarnya cukup dengan ukuran 7 kg, namun kita memakai mesin cuci dengan ukuran 10 kg. Hal ini tentunya akan menyebabkan daya listrik terpakai menjadi lebih besar dan menyebabkan tagihan listrik melonjak.

Bagaimana dengan pendingin ruangan (AC) yang kita miliki?
AC (Air conditioner) adalah salah satu Alat listrik yang menyebabkan tagihan listrik kita melonjak, oleh karena itu sangat penting bagi kita mengetahui bagaimana cara menghitung kebutuhan Air conditioner sesuai dengan ukuran ruangannya. Menentukan daya listrik yang sesuai dengan kebutuhan, adalah cara yang efektif Agar pemakaian listrik menjadi lebih hemat dan efisien.
3. Matikan alat listrik yang tidak perlu
bagaimana caranya agar hemat listrik
Cara ini terbukti sangat efektif untuk mencegah membengkaknya tagihan listrik setiap bulan. Gunakan alat listrik hanya jika diperlukan, matikan lampu-lampu yang tidak perlu, matikan pendingin ruangan jika ruangan kosong, dan lainnya.

Sebisa mungkin gunakan Alat-alat listrik yang sudah dilengkapi dengan sistem deteksi, atau sistem otomatis. Seperti halnya Produk AC yang dapat mendeteksi keberadaan orang di dalam ruangan, jika ruangan tersebut sedang tidak ada penghuninya, maka AC tersebut akan secara otomatis padam. Tentunya cara ini sangat tepat dan efektif untuk menurunkan tagihan listrik.
4. Mengatur jadwal untuk mencuci dan menyetrika pakaian
cara mudah menghemat tagihan listrik dirumah
Sebagai contoh Maksimalkan pemakaian mesin cuci

Jika pakaian yang akan dicuci masih sedikit, jangan langsung menyalakan mesin cuci untuk mencuci pakaian tersebut. Alangkah baiknya membuat jadwal mencuci dengan baik, agar mesin cuci tidak dinyalakan berulang-ulang. Mesin cuci yang menyala berulang-ulang menyebabkan pemakaian listrik meningkat.

Begitu juga halnya dengan setrika, buat jadwal yang tepat untuk menyetrika pakaian, agar pemakaian lebih efektif dan efisien. Cara ini sangat efektif untuk menurunkan tagihan listrik anda.
5. Gunakan Produk Peralatan listrik yang terbaru
Cara yang satu ini mungkin tidak dengan mudah untuk kita lakukan, karena membutuhkan pengeluaran tambahan jika harus mengganti peralatan listrik kita yang lama dengan peralatan listrik yang keluaran terbaru.

Namun cara ini terbukti salah satu cara yang efektif untuk menurunkan tagihan listrik anda setiap bulannya. Anda bisa mulai membuat anggaran untuk mengganti Peralatan listrik anda yang sudah lama dengan yang baru. Kenapa peralatan listrik produk lama harus diganti dengan yang baru?

Peralatan listrik yang sudah bertahun-tahun kita gunakan , umumnya kinerja alat listrik tersebut akan mengalami penurunan efisiensi, dan akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Disamping itu berbagai perkembangan teknologi pada berbagai alat listrik saat ini sudah mengutamakan penghematan daya listrik dibandingkan dengan produk perlatan listrik yang sebelumnya.


Dengan melakukan cara-cara diatas, kita bisa melakukan penghematan biaya yang kita keluarkan untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya. Disamping itu alat-alat listrik yang kita gunakan juga akan semakin awet.

Posting Komentar untuk "Menghemat pemakaian listrik dengan cara yang sederhana"