Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Elektro motor (Motor Listrik)

Mengenal dua jenis Elektro motor dan penjelasannya, Terdapat berbagai jenis Elektro motor atau yang biasa kita sebut dengan Motor Listrik (Dinamo), sesuai dengan jenis, fungsi dan kegunaannya masing-masing. Salah satu Klasifikasi Motor listrik yang umum kita jumpai adalah 2 Jenis Motor Listrik yakni Motor listrik AC dan Motor listrik DC.

Berbagai peralatan rumah tangga yang menggunakan elektro motor atau motor listrik sebagai penggeraknya, seperti misalnya Mesin cuci, kipas angin, blender, mixer, Mainan dan peralatan lainnya yang menggunakan dinamo (Motor listrik).

Penggunaan Electro motor sebagai alat penggerak banyak digunakan baik untuk keperluan Individu/perseorangan maupun untuk keperluan skala besar pada suatu Perusahaan atau Industri. Elektro motor menjadi penggerak utama yang digunakan dalam berbagai usaha atau industri.

mengenal 2 jenis motor listrik dan penjelasannya
Jenis Motor Listrik
Apa itu Electro motor?
Electro motor merupakan suatu alat penggerak dengan menggunakan sumber energi Listrik yang kemudian diubah menjadi tenaga Gerak/Putar. dengan prinsip kerja induksi elektromagnetik.

Elektro motor biasa disebut juga dengan Motor Listrik atau (biasa disebut dengan istilah Dinamo).

Definisi Motor Listrik: Suatu alat yang mengubah Energi listrik menjadi energi gerak (Putar) dengan prinsip induksi magnetik.

Prinsip kerja Elektro motor listrik

Sistem kerja elektro motor memiliki prinsip electromagnetik. Listrik sebagai sumber energi utama yang dihasilkan dari suatu pembangkit listrik, dialirkan melewati kumparan penghantar yang terdapat pada elektromotor.

Listrik yang dialirkan melewati kumparan, akan menghasilkan induksi magnet di dalam kumparan Stator , induksi magnet yang terjadi pada Stator tersebut, kemudian di induksikan untuk memutar shaft Rotor yang berbahan logam.
2 jenis electromotor

Beberapa Aplikasi atau peralatan yang menggunakan Electro motor :
  • Elektro motor untuk menggerakkan Pompa Air
  • Elektro motor untuk menggerakkan Fan, Blower atau Kipas angin
  • Motor listrik untuk menggerakkan Alat rumah tangga (Hair Dryer, Blender , Mixer)
  • Motor listrik untuk menggerakkan Air Compressor
  • Motor listrik untuk menggerakkan berbagai Mesin-mesin pabrik
  • Motor listrik digunakan sebagai penggerak mainan anak-anak, mobil-mobilan.
  • Dan berbagai keperluan lainnya

Dua jenis elektro motor

Berbagai jenis dan ukuran Elektro motor yang dapat kita jumpai, namun secara dasar Elektro motor atau Motor listrik dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
  • Electro motor DC (arus searah)
  • Electro motor AC (Arus bolak-balik)

Electro motor listrik DC
Electro motor jenis ini menggunakan sumber tenaga listrik dari listrik DC (Direct Current) seperti Baterai, Aki, Adaptor DC.

Biasanya kumparan gulungan yang terdapat pada Motor listrik DC terdiri dari dua kumparan gulungan, yaitu Gulungan atau kumparan terdapat pada stator dan rotor.

Karena Listrik DC tidak memiliki Frekwensi dan Gelombang Phase, untuk menghasilkan perbedaan kutub daya magnetik antara Magnet pada Stator dan Rotor, maka kumparan terdapat pada Stator dan Rotor.

Electro motor Listrik AC
Electro motor jenis ini memakai sumber tenaga listrik AC atau listri arus bolak-balik.

Elektro motor AC adalah yang paling banyak digunakan, sebagai alat penggerak berbagai peralatan.

Sumber energi listrik AC biasa dihasilkan dari berbagai pembangkit listrik seperti listrik yang dihasilkan dari Genset AC (generator) dan Listrik PLN.

Elektro motor AC masih terbagi dua menurut sumber listrik yang digunakan.


Listrik AC terbagi dua , Yakni:

Listrik AC 1 Phase
Electro motor listrik AC 1 Phase biasanya menggunakan kumparan pada stator dan rotor, atau biasa juga menggunakan dua jenis kumparan pada stator yaitu :
  • Kumparan Utama
Kumparan utama dialiri listrik AC 1 phase langsung dari sumber listrik

  • Kumparan Bantu
Kumparan bantu pada Elektro motor listrik AC 1 Phase, dialiri listrik yang dihasilkan dari alat yang disebut Kapasitor.

Kapasitor tersebut yang sumbernya diberi tegangan listrik 1 phase dan dirubah / dinaikkan tegangannya sesaat oleh kapasitor lalu disupplai ke kumparan bantu.

Sifat kumparan bantu hanya membantu memutar Rotor sesaat sampai listrik yang dihasilkan kapasitor kembali normal.

Atau dengan kata lain, Kapasitor yang terdapat pada motor listrik 1 phase, berfungsi untuk menyuplai tegangan listrik dengan besar tegangan yang lebih tinggi sesaat.

Dan berfungsi untuk mengubah Kumparan bantu menjadi magnet yang lebih kuat dibanding Kumparan utama, sehingga terjadi hentakan yang lebih kuat untuk memutar Rotor pertama kali.

Listrik AC 3 Phase
Electro motor 3 phase adalah elektromotor yang digerakkan oleh sumber listrik 3 phase.

Electro motor jenis ini adalah yang paling dominan dipakai di pabrik/perusahaan. Kumparan pada elektro motor 3 Phase biasanya hanya terdapat pada stator.

Hal ini dikarenakan sumber listrik yang memiliki 3 phase yang memiliki perbedaan gelombang satu sama lain.

Namun masih ada juga electro motor 3 phase yang memiliki kumparan pada Stator & Rotor.

Electro motor jenis ini biasanya memiliki sistem start Rotor Resistance, Salah satu sistem starting Elektro motro yang digunakan untuk mengurangi Lonjakan daya listrik saat start awal Elektro motor listrik.


Semoga pengenalan mengenai 2 jenis Electro motor dapat dijadikan sebagai bahan tambahan pengetahuan untuk kita semua.

Posting Komentar untuk "Apa itu Elektro motor (Motor Listrik)"