Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemu Skala suhu Celcius, Fahrenheit, Reamur, Klevin

Siapa Penemu skala suhu Celcius, Fahrenheit, Kelvin dan Reamur, Bagaimana awalnya pengukuran suhu dapat dilakukan, Siapa yang menemukan Skala suhu Derajat Celcius, Siapa yang menemukan Skala suhu Derajat Fahrenheit, Siapa yang menemukan Skala suhu Kelvin, Siapa yang menemukan Skala suhu Derajat Reamur?
Suhu (Temperatur)
Pada zaman dahulu, untuk mengukur suhu atau temperatur suatu benda, orang-orang hanya menggunakan indera peraba, sehingga penilaian akan suhu atau temperatur yang didapat tidak mempunyai standarisasi dan keakuratan.

Oleh karena itulah, akhirnya para ilmuwan berfikir lebih jauh bagaimana caranya untuk mengetahui nilai suhu yang sebenarnya dari suatu benda. Sehingga setiap pengukuran suhu dapat memiliki nilai yang lebih standart. dan dapat dijadikan tolak ukur pengukuran suhu di berbagai tempat.

Suhu yang kita kenal adalah sebagai satuan nilai untuk tingkat panas dan dingin suatu benda

Suhu memiliki beberapa skala satuan yang ditentukan dari beberapa macam percobaan yang telah sejak lama dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan dari beberapa negara di dunia.

siapa penemu satuan skala suhu celcius, fahrenheit, kelvin dan reamur
Skala Suhu

4 Jenis Skala Suhu
Saat ini kita sudah mengenal empat jenis skala satuan suhu, yakni:
  • Celcius
  • Fahrenheit
  • Kelvin
  • Reamur
Masing-masing dari skala satuan suhu ini memiliki perbandingan satu dengan yang lainnya, dan ditemukan oleh para ilmuwan yang berbeda-beda.

Penemu Skala Suhu Celcius, Fahrenheit, Kelvin, Reamur

Ada 4 (empat) nilai satuan skala untuk menentukan nilai suhu atau temperatur suatu benda yang kita ketahui yaitu:

1. Celcius (°C)
Skala suhu derajat Celcius ditemukan oleh Anders Celcius, Celcius adalah satuan skala untuk menentukan nilai suhu yang dipakai di beberapa negara di dunia termasuk di Indonesia.

Celcius berasal dari nama penemunya, seorang Astronom Swedia, yaitu Anders Celcius, Anders Celcius lahir di Uppsala,Swedia pada 27 November 1701 dan meninggal pada 25 April 1744 di Uppsala, Swedia. Anders Celcius dikenal sebagai seorang pengusul Skala Celcius pada tahun 1742.


2. Fahrenheit (°F)
Skala suhu derajat Fahrenheit ditemukan oleh Daniel Gabriel Fahrenheit, Skala Suhu dengan satuan Fahrenheit digunakan secara luas di Eropa.

Fahrenheit diambil dari nama penemunya, seorang fisikawan yaitu Daniel Gabriel Fahrenheit. Daniel Gabriel Fahrenheit lahir pada 24 Mei 1686 di Danzig (Gdansk), Polandia-Lithuania commonwealth.

Skala Fahrenheit mengacu pada 3 (tiga) poin tetap temperatur, yaitu:
  • Suhu terendah 0 °F diukur melalui termometer yang dimasukkan kedalam campuran frigorific, es, air dan garam (Amonium klorida).
  • Titik referensi kedua yakni 32 °F diambil dari pembacaan termometer yang ditempatkan di air ketika es hanya membentuk di permukaan.
  • Titik ketiga yakni 96 ⁰F diambil dari pembacaan termometer yang diletakkan di bawah lengan atau di mulut.

3. Kelvin (K)
Skala suhu Kelvin ditemukan oleh Lord Kelvin, Skala suhu dengan satuan Kelvin diambil dari nama penemunya yaitu Lord Kelvin, seorang fisikawan asal Britania.

Lord Kelvin lahir pada tahun 1824 dengan nama William Thomson di Belfast. Skala suhu untuk Kelvin tidak diikuti dengan lambang ° atau derajat seperti halnya Celcius dan Fahrenheit. Satuan untuk temperatur kelvin hanya disimbolkan dengan lambang K.


4. Reamur  (°R)
Skala suhu Derajat Reamur ditemukan oleh Rene Antoine Ferchault de Reamur, Skala satuan nilai suhu atau temperatur dengan satuan Reamur diambil dari nama penemunya, yaitu seorang ilmuwan Perancis Rene Antoine Ferchault de Reaumur. Rene Antoine Ferchault de Reaumur Lahir pada 28 Februari 1683 di La Rochelle,Perancis.



Berbagai Skala satuan nilai suhu atau temperatur inilah yang kita pakai masing-masing di berbagai negara atau daerah. Dan Alat untuk mengukur nilai suhu suatu benda kita menggunakan alat yang kita sebut Thermometer. Terdapat Berbagai macam dan jenis Thermometer dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Posting Komentar untuk "Penemu Skala suhu Celcius, Fahrenheit, Reamur, Klevin"